Urutan Peredaran Darah yang Benar Adalah Berikut

Manusia harus mengerti bagaimana urutan peredaran darah yang benar adalah menyangkut dua proses. Secara garis besar ialah mengenai proses darah dialirkan keseluruh tubuh dan proses darah kembali lagi ke jantung. Yang menjadi titik awal peredaran darah ialah jantung manusia.

Urutan Peredaran Darah yang Benar Adalah

Inilah mengapa ketika manusia kurang menjaga kesehatan jantungnya lebih banyak masalah yang akan datang menghampiri. Perlu diketahui bahwa fungsi darah dalam tubuh yang sangat vital, maka peredarannya juga harus dijaga dengan baik dan kalau bisa memang ditingkatkan. Artinya memang bahwa semakin lancar peredaran darah yang dimiliki seseorang, maka semakin fit tubuhnya.

Darah yang berguna untuk mengangkut semua zat gizi dan keperluan makanan seluruh organ manusia, ketika dialirkan dari jantung kembalinya akan membawa sisa dari organ dan ini biasanya disebut darah kotor. Ini kemudian nanti di jantung dibersihkan, dan darah yang sudah mengangkut keperluan tubuh selanjutnya akan disalurkan setelah terkandung oksigen dari paru-paru juga.

Tubuh normal manusia mempunyai hingga 5 liter darah mengalir menurut urutan peredaran darah yang benar adalah terus mengalami sirkulasi dalam darah. Bukan sekedar membawa zat-zat dalam tubuh, darah juga berfungsi dalam hal lain seperti menjaga suhu hingga menjaga keadaan asam-cair pada semua sel di tubuh kita.

Peredaran Darah yang Terjadi dalam Tubuh

Secara umum, urutan peredaran darah yang benar adalah terbagi atas 2 penyusun utamanya yaitu plasma darah dan sel-sel darah. Keadaan masing-masing penyusun ini akan mempengaruhi bagaimana darah melakukan transportasi juga di dalam tubuh. Inilah mengapa darah sangat dinilai penting bagi keadaan tubuh.

Untuk sistem sirkulasinya dalam tubuh, darah mengalir dengan dua bagian yakni peredaran darah kecil dan juga peredaran darah besar. Darah akan bergerak ke setiap organ di tubuh melalui saluran pembuluh darah kemudian ke arteri dan yang paling kecil disebut vena. Di mana pembuluh darah arteri punya dua jenis berupa Aorta dan Arteri Pulmonalis.

Urutan peredaran darah yang benar adalah dibedakan lagi dengan fungsinya masing-masing, di mana aorta mengalirkan darah dari jantung (bilik kiri) ke seluruh tubuh dan arteri pulmonalis untuk mengalirkan darah yang kaya CO2 dari jantung ke paru-paru.

Untuk pembuluh darah vena ada dua jenis juga berupa vena pulmonalis yang mengalirkan darah dari paru-paru menuju jantung (serambi kiri). Yang kedua ialah vena tubuh yang membawa darah dari tubuh bagian atas dan bagian bawah menuju ke jantung.

Urutan Sirkulasi yang Benar dan Meningkatkan Sirkulasinya

Untuk urutan peredaran darah yang benar adalah di dalam tubuh manusia dibagi dalam dua bagian yakni sirkulasi darah besar dan sirkulasi darah kecil. Peredaran darah besar berlangsung dari jantung menuju ke seluruh tubuh dan perjalanan darah kembali lagi menuju ke jantung.

Lebih jelasnya ialah darah disalurkan dimulai dari jantung (bilik kiri) menuju aorta kemudian pembuluh nadi pembuluh kapiler. Darah ini selanjutnya masuk ke pembuluh balik atas dan pembuluh balik bawah dan terakhir akan kembali ke jantung (serambi kanan).

Pada urutan peredaran darah yang benar adalah pada darah kecil, sirkulasi darahnya terjadi melalui jantung menuju ke paru-paru serta sirkulasinya kembali ke jantung. Lebih jelasnya ialah darah dialirkan mulai dari jantung (bilik kanan) menuju ke pembuluh nadi paru-paru. Setelah masuk ke paru-paru dilanjutkan ke pembuluh balik paru-paru dan kembali ke jantung (serambi kiri).

Lancar tidaknya aliran ini sangat besar pengaruhnya dari pola hidup masing-masing orang. Darah yang pembentuknya ialah plasma darah yakni berupa cairan, ada beberapa faktor yang bisa mengurangi alirannya dalam tubuh kita.

Anda jika ingin memperlancar aliran darah ialah yang paling penting menjaga pola hidup yang sehat. Mulai dari rutin olahraga, menjaga pola makan hingga pola tidur teratur. Minum air putih yang banyak harus Anda lakukan agar darah tidak terlalu cair sehingga peredarannya juga lancar.

Menghindari rokok, alcohol, dan tingkat stress yang berlebihan juga akan membantu menjaga aliran dalam darah lebih lancar. Di samping air putih untuk meningkatkan urutan peredaran darah yang benar adalah menambah teh hijau dalam minuman harian yang kaya antioksidan.


Selain jalani pola hidup sehat Anda bisa membantu melancarkan peredaran darah dengan jam terapi dr laser.

error: Content is protected !!