Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Yang Dapat Dicoba

Pada saat kehamilan, perut seorang ibu akan bertambah besar seiring dengan perkembangan janin yang ada di rahimnya. Saat janin mulai berkembang dan bertambah besar, maka otot perut ibu hamil akan mengalami peregangan dan mengalami elastisitas secara alami. Hal inilah yang menyebabkan kondisi perut wanita yang telah melahirkan akan besar dan mengendur. Berikut merupakan tips mengecilkan perut setelah melahirkan:

Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

1. Olahraga ringan

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang pertama ialah melakukan olahraga ringan. Olahraga merupakan aktivitas wajib yang dilakukan ketika menginginkan tubuh yang sehat dan kuat.

Ada banyak macam olahraga yang dapat dilakukan, namun olahraga yang boleh dilakukan untuk wanita usai melahirkan ialah jenis olahraga yang ringan. Hal ini dilakukan agar tidak membahayakan bekas luka usai melahirkan.

Yoga merupakan jenis olahraga ringan yang dapat memperbaiki kesehatan fisik maupun mental. Gerakan yoga yang terinspirasi dari meditasi ini dapat meningkatkan kestabilan mental dan menghilangkan stres. Selain itu, yoga juga dapat dijadikan sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan, asal dilakukan secara teratur.

2. Refreshing

Setelah melahirkan, seorang wanita tentu akan bosan jika terus berdiam diri di rumah. Melakukan hal-hal yang menyenangkan dan menenangkan pikiran dapat membantu kesehatan mental maupun fisik.

Selain itu, melakukan refreshing sekedar jalan-jalan disekitar rumah dapat membantu mengembalikan kesehatan dan mood bagi seorang wanita. Melakukan jalan-jalan kecil selama 30 menit dengan rutin tiap harinya dapat juga dijadikan cara mengecilkan perut setelah melahirkan.

3. Menghindari makanan berlemak

Makanan yang mengandung lemak tinggi bagi wanita yang baru saja melahirkan tidaklah baik. Disamping tidak baik bagi kesehatan, mengkonsumsi makanan berlemak bagi wanita usai persalinan dapat membuat tubuh menjadi gemuk dan perut membuncit. Hal ini tentu menjadi masalah bagi wanita.

Banyaknya kandungan lemak yang dikonsumsi, maka semakin besar pula kemungkinan tersimpannya lemak dalam otot perut. Hal inilah yang mengakibatkan perut wanita usai persalinan menjadi melar. Oleh karena itu, dengan menghindari makanan berlemak maka akan membuat perut kembali mengecil usai persalinan.

4. Banyak mengkonsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah dan sayur juga mengandung banyak serat yang dapat membuat seseorang menjadi kenyang lebih lama. Banyak wanita usai melahirkan melakukan diet ketat agar menstabilkan berat badannya kembali serta untuk mengecilkan perut usai melahirkan. Hal ini tidak boleh dilakukan karena dapat membahayakan diri sendiri dan bayi yang sedang disusui.

Usai melahirkan, wanita banyak kehilangan vitamin, darah dan cairan dalam tubuh sehingga mengharuskan banyak mengkonsumsi makanan yang sehat. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur, selain untuk mengembalikan keseimbangan nutrisi dalam tubuh, juga dapat dijadikan sebagai tips mengecilkan perut setelah melahirkan.

5. Menyusui

Ketika menyusui, maka akan terjadi kontraksi pada otot rahim. Hal ini sama seperti melakukan olahraga. Ketika seorang wanita sedang menyusui, diperlukan energi untuk mengeluarkan ASI. Energi tersebut dapat dihasilkan melalui pembakaran kalori dalam tubuh. Dengan hal ini menyusui juga merupakan salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan, karena dengan menyusui seorang wanita akan menghabiskan 500 kalori per harinya.

6. Banyak mengkonsumsi Air Putih

Air merupakan elemen penting dalam kehidupan. Sekitar 60-70% unsur pembentuk pada tubuh manusia ialah air. Dengan kata lain organ manusia dapat bekerja dengan baik karena kebutuhan air terpenuhi. Oleh karena itu, banyak mengkonsumsi air putih sangat baik untuk tubuh.

Tidak hanya berfungsi untuk kesehatan, mengkonsumsi air putih juga dapat dijadikan sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Hal ini dikarenakan air putih dapat membantu proses pembakaran lemak. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi air putih, dapat mengecilkan kembali perut usai melahirkan.

Berdasarkan penjelasan diatas, terdapat enam tips mengecilkan perut setelah melahirkan. Diantaranya yaitu melakukan olahraga ringan, refreshing, menghindari makanan berlemak, mengkonsumsi buah dan sayur, menyusui dan banyak mengkonsumsi air.

error: Content is protected !!