Tips Agar Cepat Melahirkan Sebelum HPL Yang Mudah Dan Ampuh

HPL atau kependekan dari Hari Perkiraan Lahir adalah tanggal prediksi kapan bayi akan lahir ke dunia ini. Biasanya tanggal ini sangat ditunggu-tunggu oleh ibu untuk bertemu dengan buah hatinya. Sayangnya hanya 2-5% bayi yang lahir tepat dengan tanggal HPLnya. Lalu bagaimana tips agar cepat melahirkan sebelum HPL? Simak penjelasan berikut ini:

tips agar cepat melahirkan sebelum hpl

1. Aktif Bergerak

Ibu yang sedang hamil sebaiknya banyak bergerak meskipun dengan santai. Ketika sudah mendekati HPL maka aktiflah bergerak. Tidak perlu melakukan kegiatan yang berat cukup dengan jalan-jalan santai, menyapu rumah atau mengepel. Semua kegiatan ini membuat tubuh bergerak dan banyak sekali disarankan oleh dokter sebagai tips agar cepat melahirkan sebelum HPL.

2. Senam Hamil

Senam hamil bisa jadi alternatif dalam membuat bayi lahir sebelum HPL. Ketika melakukan senam hamil maka mampu merangsang posisi bayi agar lebih dekat dengan jalan lahir, selain itu dengan senam hamil bisa melemaskan otot jalan lahir dan lebih mempermudah ibu ketika kontraksi ketika akan melahirkan. Ingat untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum senam. Jangan sampai ibu mengalami cedera karena kurangnya peregangan.

3. Berhubungan Intim

Ketika hamil muda banyak dokter yang menyarankan untuk tidak melakukan hubungan intim dengan pasangan terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan sperma dapat menyebabkan kontraksi. Namun bagi ibu yang sedang menunggu kelahiran bayi atau ibu yang sedang hamil tua maka sangat disarankan untuk berhubungan intim dengan pasangan. Berhubungan intim juga sangat bermanfaat bagi ibu yang menantikan kehadiran buah hati, karena setelah berhubungan intim mampu membuat ibu lebih rileks dan tidak gelisah atau stress.

4. Melakukan Pijat Relaksasi

Bisa bagi ibu hamil yang menunggu persalinan bisa dilakukan sebelum HPL. Syaratnya dengan memilih terapis yang sudah berpengalaman di bidangnya, hal ini dilakukan agar tidak ada teknik pijatan yang salah dilakukan. Dengan pijatan mampu membuat tubuh lebih rileks dan membantu menenangkan pikiran. Untuk hasil yang maksimal pilihlah untuk menggunakan minyak esensial dengan bau yang menyegarkan, tentunya ini membuat ibu lebih rileks.

5. Mengkonsumsi Kurma

Tahukan jika kurma mampu membantu mempercepat proses persalinan? Hasil studi menyatakan bahwa dalam buah kurma memiliki banyak manfaat terutama bagi ibu hamil tua, misalnya seperti mempercepat proses bukaan, meningkatkan proporsional selaput ketuban, mengurangi kebutuhan induksi prostin dan mampu merangsang proses persalinan normal.

Banyak sekali manfaat kurma untuk ibu hamil tua, maka disarankan ibu hamil yang menunggu HPL sudah mengkonsumsi kurma 4 minggu sebelum HPL.

6. Stimulasi Puting Payudara

Tips agar cepat melahirkan sebelum HPL selanjutnya adalah dengan merangsang puting payudara. Hal ini bisa meningkatkan hormon oksitosin ibu sehingga memperlancar proses persalinan. Cara merangsang puting payudara cukup mudah yaitu dengan memijatnya dengan jari sekitar 5 menit, kemudian berhenti dan dilanjutkan kembali sekitar 10 menit. Berhentilah untuk memijat ketika kontraksi datang dan pijatlah dengan lembut sehingga tidak menimbulkan payudara tegang ketika melakukannya.

Baca juga: cara agar cepat hamil setelah KB suntik

7. Birthing Ball

Birthing Ball sangat terkenal, tidak heran bila bola letur ini menjadi salah satu tips agar cepat melahirkan sebelum HPL. Ibu bisa melakukan gerakan-gerakan sederhana yang dipandu oleh instruktur atau melihat video tutorial di youtube.

Kegunaan dari birthing ball adalah membuah tubuh ibu menjadi rileks dan siap menghadapi persalinan. Selain itu birthing ball mampu mengarahkan bayi agar semakin mendekati jalan lahir sehingga segera lahir sebelum HPL. Untuk mendapatkan birthing ball bisa didapatkan di toko online, persewaan atau di grup grup barang bekas layak pakai atau preloved.

Itulah tadi 7 tips yang dapat dilakukan agar cepat melahirkan sebelum HPL. Lakukanlah tips-tips tersebut agar proses melahirkan dapat berjalan dengan lancar. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk para ibu yang akan menghadapi masa melahirkan.

error: Content is protected !!