Sistem Peredaran Darah Jantung Ternyata Mudah Dimengerti

Tidak semua orang memahami sistem peredaran darah jantung. Padahal keberadaannya sangat vital di tubuh seseorang. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Oksigen akan membuat kinerja bagian tubuh bisa optimal. Ketika proses distribusinya tidak dilakukan dengan baik, kinerja tubuh akan bermasalah.

sistem peredaran darah jantung

Inilah alasan utama mengapa seseorang yang kekurangan darah perlu dilakukan donor secepatnya. Pada darah sendiri bukan hanya oksigen yang disebarkan. Masih banyak hal baik lain yang juga tidak kalah penting. Berbagai nutrisi juga terdapat di dalamnya. Nutrisi ini jelas membuat diri seseorang bisa mengalami pertumbuhan.

Selain itu penyaluran hormon juga terjadi melalui sistem peredarannya. Keberadaannya juga mengontrol suhu tubuh. Suhunya sendiri memiliki bawaan hangat. Dengan itu, keberadaannya sangat penting untuk membantu tubuh menyesuaikan diri di cuaca dingin. Jangan lupa juga bahwa keberadaannya membantu menyembuhkan luka.

Dalam bahasa lebih ilmiah, sistem peredaran darah jantung sendiri sering disebut sistem kardiovaskular. Namun, kardiovaskular tidak hanya berbicara tentang jantung. Keberadaannya tidak bisa lepas dari bagian-bagian lain yang perannya juga sama penting. Tetapi dapat dikatakan bahwa jantung adalah bagian utamanya.

Jantung adalah Bagian Paling Penting dalam Sistem Kardiovaskular

Jantung merupakan bagian utama dari sistem kardiovaskular. Posisinya sendiri berada di rongga dada. Seseorang akan bisa merasakannya ketika menyentuh rongga dada sebelah kanan. Biasanya pada wanita, posisinya tepat berada di bawah payu dara sebelah kiri. Jika melihat ke dalam, lokasinya sendiri berada di dekat paru-paru.

Paru-paru memiliki dua bagian dan jantung berada di antara kedua bagian tersebut. Salah satu keunikan dari organ ini terletak pada posisinya. Posisi tersebut tidak tegak melainkan miring. Karena posisinya miring, bagian ujungnya atau sering disebut apex menjadi mengarah ke bawah. Di dalamnya sendiri terdapat dua lapisan.

Lapisan pertama sering disebut sebagai lapisan dalam. Lapisan dalam sendiri sering disebut perikardium viseral. Lalu lapisan selanjutnya adalah lapisan luar. Nama lainnya adalah perikardium parietal. Pada kedua lapisan inilah terdapat cairan pelumas. Cairan pelumas ini sangat penting dalam sistem peredaran darah jantung.

Dengan adanya cairan tersebut, gesekan ketika memompa darah tidak akan menjadi masalah. Ini membuat proses memompa tersebut bisa terjadi dalam waktu lama tanpa mengalami masalah. Namun untuk mekanismenya, sistem kardiovaskular sendiri memiliki tiga jenis. Ketiga jenis ini saling menopang satu sama lain.

Mekanisme Peredarannya Ternyata Cukup Rumit

Jenis pertama bernama sirkulasi sistemik. Ini merupakan jenis sistem peredaran darah jantung dengan cakupan seluruh bagian tubuh. proses ini dimulai ketika darah bersih siap diedarkan. Posisinya sendiri awalnya berada di serambi kiri jantung. Dari sana, posisinya akan diteruskan ke bagian balik.

Barulah dari sana keberadaannya akan diteruskan menuju seluruh bagian tubuh. jenis sirkulasi selanjutnya bernama sirkulasi palnomal. Sirkulasi ini berguna untuk menggerakkannya menuju paru-paru. Pergerakannya sendiri dimulai dari serambi kanan. Dari sana, pergerakannya diteruskan menuju bilik kanan. Dari posisi tersebut, barulah pergerakan ke paru-paru akan dilakukan.

Jenis terakhir adalah sirkulasi koroner. Sirkulasi koroner sendiri adalah peredaran internal. Intinya, ini akan memberikan nutrisi dan oksigen ke jantung itu sendiri. Tentu, organ ini sama dengan organ lain. Ketika nutrisi dan oksigen tidak diberikan, prosesnya tidak akan bisa berjalan normal. Bahkan inilah alasan utama terjadinya serangan jantung.

Baca juga: cara kerja otot jantung

Pembuluh Adalah Pembantu Utama Jantung

Sistem peredaran darah jantung membutuhkan organ lain untuk bisa optimal. Organ yang dimaksud adalah pembuluh arteri dan vena. Keduanya memiliki peran sangat besar. Oleh sebab itu, keberadaannya tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Pembuluh arteri memiliki fungsi melakukan pengedaran ke seluruh bagian tubuh.

Untuk vena sendiri memiliki fungsi utama dalam sirkulasi palnomal dan koroner. Keberadaannya adalah untuk menyalurkan darah ke paru-paru dan kembali ke jantung. Vena sendiri memiliki dua tipe. Pertama ada tipe vena cava yang membawa darah kotor dan kedua ada vena pulmonalis yang membawa darah bersih.

Memahami tubuh perlu dilakukan dengan baik. apabila seseorang tidak memahaminya, kepedulian pada diri sendiri pasti sangat kurang. Ini jelas berbahaya karena merawat tubuh perlu dibarengi dengan kepedulian tinggi. Mempelajari sistem peredaran darah jantung sendiri bisa menjadi awal dari semua pembelajaran tersebut.


Selain jalani pola hidup sehat Anda bisa cegah penyakit jantung dengan dr laser.

error: Content is protected !!