Pengertian Dan Manfaat Dari Senam Ritmik Yang Perlu Diketahui

Senam ritmik merupakan salah satu jenis olahraga senam yang paling banyak digemari oleh semua kalangan dari anak-anak, orang dewasa hingga para orang tua baik pria maupun wanita. Terlebih senam ritmik juga diketahui banyak sekali memiliki manfaat bagi kebugaran tubuh.

Senam ritmik

Kebuguran tubuh merupakan salah satu hal yang selalu kita jaga. Karena jika tubuh kita bugar, tentunya kesehatahan pasati akan lebih terjaga. Dan dalam senam ritmik juga terdapat beberapa aspek seperti musik, nyanyian dan juga hitungan.

Pengertian Senam Ritmik

Seperti yang sudah disebutkan tadi, senam ritmik disebut juga dengan senam irama karena seluruh gerakannya juga harus menyesuikan dengan musik yang dipakai untuk mengiringinya. Senam ritmik adalah rangkaian gerak senam yang dilakukan dengan gerakan langkah-langkah dan juga ayunan lenagan dan sikap badan dengan diiringi lantunan musik.

Karena senam ritmik merupakan serangkaian dari gerakan senam yang diiringi dengan musik. Tentunya ritmenya juga harus dengan mengutamakan keindahan, kehalusan, keluwesan dan keharmonisan gerak di samping juga ketepatan gerak terhadap musik pegiring itu sendiri.

Perlu untuk dikethui, jika senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu atu juga tidak menggunakan alat bantu. Adapun alat bantu yang sering digunakan dalam senam ritmik antara lain gada, tongkat, bola, pita dan simpai. Senam ritmik juga bisa dilakukan baik secara perseorangan, berpasangan dan juga secara beregu atau kelompok.

Untuk itu, kita perlu menguasi gerakan pada senam ritmik agar bisa mencapai gerakan yang serasi atau kompat dan memiliki manfaat baik bagi kesehatan jasmani maupun rohani. Hal itu sesuai dengan tujuan senam itu sendiri, yaitu memiliki manfaat untuk membentuk keindahan tubuh, kebugaran dan juga kekuatan.

Dengan melakukan senam ritmik secara rutin dan teratur merupakan sebuah bentuk kesadaran kita dalam upaya menjaga dan memelihara tubuh agar selalu tetap sehat dan bugar.

Setelah kita mengetahui dari pengertian dengan apa yang dimaksud dengan senam ritmik. Tahapan berikutnya kita sebaiknya mempelajari dari manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan senam ritmik secara rutin dan teratur.

Hal ini penting, karena ini menyangkut dengan aspek manfaat yang memang bisa saja kita butuhkan dan bisa kita dapatkan dengan melakukan senam ritmik.

Manfaat Senam Ritmik

Untuk manfaat dari melakukan senam ritmik terutama bagi yang masih muda adalah sebagai berikut ini, yuk langsung diseimak saja ulasan singkatnya.

1. Agar tubuh tetap sehat dan selalu bugar.
2. Bisa untuk memperoleh bentuk badan dan sikap tubuh yang lebih baik.
3. Bisa mejadi aktivitas yang menyenangkan dan sekaligus merupakan kegiatan yang memiliki manfaat.
4. Sebagai salah satu usaha menyalurkan energi yang berlebihan dengan aktivitas yang positif.
5. Mengurangi risiko terkena penyakit saat dewasa, terutama mencegah penyakit jantung dan stroke.

Nah, demikian tadi terkait ulasan dari pengertian dan juga manfatat senam ritmik yang perlu diketahui. Secara singkatnya senam ritmikĀ  merupakan senam dengan gerakan yang mengikuti alunan musik.

Adapun untuk manfaatnya juga secara singkat sudah dijelaskan diatas, meski mungkin masih ada beberapa manfaat dari senam ritmik yang belum tertulis atau disebutkan. Semoga artikel ini memiliki manfaat dan salam olahraga

error: Content is protected !!