Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih Untuk Kesehatan

Sirih termasuk dalam tanaman obat (fitofarmaka) yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Pada umumnya daun sirih dimanfaatkan bagian daunnya. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit oleh masyarakat rumpun melayu (termasuk Indonesia). Ada banyak manfaat minum air rebusan daun sirih, sehingga daun sirih banyak digunakan dalam metode pengobatan secara tradisional.

Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih

Tanaman sirih termasuk dalam tanaman merambat yang memiliki batang bulat berwarna hijau. Batang sirih memiliki ruas sebagai tempat duduk daun maupun tempat keluarnya akar. Daun sirih memiliki daun yang berbentuk menyerupai hati dengan ujung yang runcing. Daun sirih dapat menghasilkan minyak atsiri yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut merupakan beberapa manfaat minum air rebusan daun sirih bagi kesehatan.

1. Menghilangkan Bau Badan

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan bau badan, selain kurangnya kebersihan dalam merawat tubuh, bau badan juga dapat dipicu dari makanan yang dikonsumsi. Kurangnya penerapan hidup sehat, membuat metabolisme dalam tubuh menjadi tidak normal. Hal ini dapat memicu terbentuknya keringat yang berbau. Kandungan antiseptik yang berada dalam kandungan air rebusan daun sirih dapat menormalkan metabolisme sehingga bau badan dapat diatasi.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air rebusan daun sirih juga dapat menurunkan berat badan. Kandungan yang dimiliki oleh rebusan air sirih mampu melancarkan sistem pencernaan sehingga dapat membantu proses penyerapan nutrisi. ketika proses penyerapan nutrisi berjalan dengan lancar maka endapan lemak dalam tubuh akan berkurang sehingga berat badan akan menurun secara alami.

3. Mengobati Batuk

Dapat mengobati batuk merupakan salah satu manfaat minum air rebusan daun sirih. Daun sirih merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan obat batuk tradisional di Indonesia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, air rebusan dari 4 lembar daun sirih dapat mengobati batuk ketika dikonsumsi secara teratur.

4. Mengobati Asma

Penyakit asma dapat terjadi karena terjadi inflamasi kronis pada saluran pernafasan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Brawijaya menyatakan bahwa air rebusan daun sirih dapat meringankan gejala inflamasi tersebut.

Sirih memiliki banyak jenis, namun daun sirih yang paling ampuh untuk menghilangkan inflamasi pada saluran pernafasan ialah daun sirih merah. Oleh karena itu, manfaat minum air rebusan daun sirih dapat mengobati penyakit asma.

5. Mencegah Kanker Mulut

Tradisi mengunyah daun sirih merupakan tradisi leluhur yang berada di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan hingga kini tradisi yang disebut “Nyirih” ini masih banyak dijumpai. Masyarakat yang menjalankan tradisi ini meyakini bahwa dengan mengunyah daun sirih dengan beberapa rempah lainnya dapat mencegah kerusakan gigi.

Seiring berkembangnya teknologi dibidang kesehatan, kini diketahui bahwa manfaat daun sirih juga dapat mencegah terjadinya kanker mulut. Asam askorbat yang berada dalam air liur akan diproduksi dengan baik ketika kita mengkonsumsi air rebusan daun sirih secara teratur. Asam askorbat inilah yang dapat mencegah karsinogen penyebab terjadinya kanker mulut.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat minum air rebusan daun sirih secara teratur selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit jantung koroner. Air rebusan daun sirih mengandung senyawa aktif hidroksikavikol yang berperan sebagai antioksidan maupun antiinflamasi. Hidroksikavikol dapat menghambat asam arakidonat dan kolagen yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

7. Mengobati Tumor

Manfaat minum air rebusan daun sirih juga dapat mengobati tumor. Sebagai salah satu tanaman fitofarmaka, daun sirih mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika kekebalan tubuh meningkat, maka tubuh akan memproduksi sel darah putih yang cukup untuk menghancurkan sel tumor.

Berdasarkan hal tersebut, banyak manfaat minum air rebusan daun sirih bagi kesehatan. Mulai dari menghilangkan bau badan, menurunkan berat badan secara alami, hingga mengobati berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung hingga kanker.

error: Content is protected !!