Persamaan Antara Otot Polos dan Otot Jantung

Persamaan antara otot polos dan otot jantung tidak banyak diketahui. Ini sebenarnya merupakan fenomena wajar di Indonesia. Itu karena, pemahaman mengenai otot sendiri tidak banyak diketahui. Di tubuh manusia sendiri, masih ada otot jenis lain. Namanya sering disebut dengan lurik.

persamaan antara otot polos dan otot jantung

Otot lurik ini adalah jenis yang bisa dikontrol oleh manusia. Letaknya biasa terdapat di area yang bisa digerakkan secara langsung. Contohnya seperti tumit dan lutut. Nantinya otot lurik memiliki fungsi untuk menggerakkan bagian tersebut. Namun di kesempatan kali ini, yang akan dibahas bukan jenis lurik.

Namun pembahasan akan mengarah ke jenis polos dan jantung. Sebenarnya dibanding persamaan, keduanya memiliki sangat banyak perbedaan. Perbedaan paling mencolok terlihat dari lokasi. Satunya berada di jantung sedang satunya lagi berada di pembuluh darah dan usus. Perbedaan juga terlihat dari kecepatan responsnya.

Kecepatan respons yang terdapat di jantung jauh lebih lambat dibanding yang terdapat di usus. Namun jika diteliti secara lebih jauh, keduanya juga memiliki kesamaan. Memang di kondisi sekarang, kesamaan tersebut tidak terlalu populer. Namun di kesempatan kali ini, mari membahas lebih lanjut mengenai persamaan antara otot polos dan otot jantung.

Persamaannya Dapat Dilihat dari Nukleusnya

Persamaan pertama dapat dilihat dari nukleus. Nukleus sendiri pasti tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Nukleus adalah nama lain dari inti sel. Tentu sebuah otot juga memiliki sel. Dengan sel tersebut, transfer data dengan otak bisa dilakukan. Informasi dari otak tersebutlah alasan utama mengapa seluruh bagian dalam tubuh bisa bergerak.

Dengan peran nukleus sebagai inti sel, tentu keberadaannya sangat penting. Nukleus inilah yang memiliki peran mengatur seluruh sel tersebut. selalu ingat bahwa satu sel akan berpaut dengan sel lain. Ketika sebuah sel menerima informasi dari otak, sel tersebut akan memberikan informasi ke sel lain atau mengubahnya menjadi aksi tertentu.

Nantinya, seluruh proses tersebut akan diatur oleh nukleus ini. Ketika berbicara tentang persamaan antara otot polos dan otot jantung, nukleus keduanya sangat mirip. Pertama, nukleus tersebut hanya berjumlah satu. Beberapa sel lain memang memiliki nukleus lebih dari satu. Namun pada persamaan ini, jumlah keduanya sama.

Lalu persamaan selanjutnya dapat dilihat dari letak nukleus tersebut. pada otot jantung dan polos, nukleus sama-sama berada di tengah. Hal ini menjadi unik karena beberapa sel lain memiliki posisi nukleus yang lebih unik. Bahkan, beberapa ada yang posisi nukleusnya jauh di bagian samping.

Cara Kerja Keduanya Juga Sama

Persamaan antara otot polos dan otot jantung juga dapat dilihat dari cara kerja. Di awal telah dijelaskan, otot lurik perlu digerakkan secara manual. Manusia memiliki kontrol penuh terhadap pergerakannya. Apabila sedang lemas dan tidak ingin menggerakkannya, hal ini bisa terjadi.

Namun jika sedang bersemangat dan ingin menjadi hyper aktif, pilihan tersebut juga bisa dilakukan. namun kedua hal tersebut tidak bisa dilakukan ketika berbicara tentang otot polos dan jantung. Keduanya sama-sama tidak bisa digerakkan secara sadar. Ini menjadi persamaan yang sangat jelas.

Sekarang coba rasakan saja keberadaannya di dalam tubuh. Pasti Anda tidak pernah menggerakkan detak jantung dan pergeseran makanan di usus secara manual. Ini menjadi kesamaan yang juga memberikan banyak kemudahan. Hidup akan terasa lebih sulit apabila bagian tersebut perlu digerakkan sendiri.

Baca juga: cara kerja otot jantung

Persamaan Terakhir Dapat Dilihat dari Tingginya Manfaat

Persamaan antara otot polos dan otot jantung terakhir dapat dilihat dari segi manfaat. Keduanya sama-sama memiliki manfaat dalam jumlah besar. Sekarang coba lihat keduanya secara lebih mendalam. Ketika seseorang tidur, bekerja, atau bersantai ria, kedua otot tersebut terus bekerja dengan sendirinya. Ini jelas bukanlah suatu pekerjaan mudah.

Pergerakan keduanya sangat konsisten. Terlebih lagi untuk otot jantung. Ketika pergerakannya tidak normal, aliran darah ke seluruh tubuh tidak akan optimal. Ini jelas menjadi masalah dan dapat menyebabkan berbagai macam gangguan. Namun hingga sekarang, sangat jarang orang mengalaminya. Itu membuktikan bahwa manfaat keduanya sama-sama tinggi.

Memahami tubuh sendiri merupakan hal penting untuk dipelajari. Ketika pemahaman tentang tubuh sendiri telah dipegang dengan baik, seseorang akan lebih peduli terhadap dirinya. Oleh sebab itu, memahami penjelasan mengenai persamaan antara otot polos dan otot jantung bisa menjadi awal untuk hal tersebut.


Selain jalani pola hidup sehat Anda bisa cegah penyakit jantung dengan alat kesehatan dr laser.

error: Content is protected !!