Penanganan Pertama Vertigo Yang Penting Untuk Diketahui

Vertigo merupakan keadaan dimana seseorang mengalami pusing dan berputar secara tiba-tiba. Vertigo bukan suatu penyakit namun gejala atau sindrom yang biasanya terjadi akibat gangguan pada sistem saraf pusat atau sistem vestibular. Sebelum menjelaskan mengenai penanganan pertama vertigo perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis vertigo. Jenis vertigo yang paling umum terjadi disebut vertigo posisi paroksismal jinak (BPPV).

Penanganan Pertama Vertigo

Jenis lainnya seperti neuritis vestibular, cedera kepala, cedera leher, stroke dan penyakit meniere merupakan sebuah kondisi yang bisa menyebabkan vertigo. Apabila merasakan vertigo secara mendadak, ada beberapa cara untuk meredakannya dan bisa dilakukan secara mandiri di rumah, antara lain :

1. Berdiam Diri

Pertolongan pertama ketika mengalami vertigo adalah dengan cara berdiam diri atau menenangkan diri dengan cara berbaring diam di suatu ruangan yang tenang. Keadaan tersebut dipercaya dapat membantu meringankan gejala vertigo terutama apabila disertai dengan perasaan mual. Konsumsi banyak air putih apabila terasa haus dan hindari lampu yang sangat terang.

2. Mengatur Posisi Tubuh

Langkah kedua yang dapat dilakukan setelah berdiam diri adalah mengatur posisi tubuh, hidari menengadahkan leher atau membungkuk. Apabila masih ingin berbaring maka tidurlah dengan cara kepala sedikit diangkat dan bisa dengan cara menambahkan bantal. Kondisi tersebut dilakukan untuk merilekskan badan agar lebih tenang dan sistem saraf tidak tegang.

3. Merilekskan Tubuh

Vertigo biasanya muncul ketika bangun awal di pagi hari. Penanganan pertama vertigo yang bisa dilakukan yaitu dengan cara duduk secara rileks agar kondisi tubuh lebih tenang. Respon dari anggota tubuh yang tegang akan membuat keseimbangan dalam tubuh mengalami gangguan jadi diperlukan merilekskan tubuh agar vertigo lebih mudah hilang.

4. Mengelola Stress

Menghindari kecemasan yang berlebihan dan stress berkepanjangan karena dapat  memperburuk terjadinya serangan vertigo. Oleh karena itu, perlunya mengelola stres agar tidak terjadi dan menghindari penyebab terjadinya stres. Apabila terjadi keadaan mengejutkan dan tidak terduga maka harus dilakukan adalah berfikir positif dan menenangkan diri untuk menghindari serangan vertigo.

5. Epley Maneuver

Epley Maneuver merupakan salah satu strategi yang bisa dilakukan apabila terkena serangan vertigo. cara ini dipercaya sangat efektif  untuk meredakan vertigo, berikut merupakan langkah yang harus dilakukan apabila vertigo muncul disebelah kanan. Apabila vertigo belum juga mereda maka lakukanlah gerakan ini secara berulang hingga kondisi tubuh benar-benar seimbang.

Mulailah dengan cara duduk ditempat tidur lalu putar kepala 45 derajat ke kanan dan berbaringlah serta jaga agar kepala tetap dalam posisi. Tempatkan bantal tepat berada di bahu dengan posisi kepala dalam keadaan bersandar tahan sekitar 30 detik. Kemudian putar kepala 90 derajat ke kiri lalu tunggu sekitar 30 detik lagi. Kemudian putar posisi tubuh 90 derajat ke kiri tahan 30 detik dan cobalah duduk menghadap ke kiri.

6. Semont-Toupet Maneuver

Gerakan ini hampir sama dengan gerakan Epley Maneuver namun membutuhkan fleksibilitas leher lebih sedikit. Langkahnya adalah duduk berada di tepi tempat tidur putarlah kepala 45 derajat ke kanan. Kemudian berbaring di sisi kiri selama 30 detik sambil melihat ke bawah lalu kembali duduk secara perlahan. Lakukan langkah ini tiga kali dalam sehari sampai vertigo bener-bener menghilang.

Diatas merupakan penanganan pertama vertigo yang dapat dilakukan di rumah dengan sederhana. Perlunya mewaspadai apabila vertigo muncul terlalu sering dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apabila vertigo belum juga kunjung sembuh maka disarankan untuk menghubungi dokter dengan segera untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.


Selain melakukan pola hidup sehat pencegahan vertigo bisa dilakukan degan menggunakan intransal terapi kit dan jam terapi dr laser

error: Content is protected !!