Ciri-Ciri Pembuluh Darah Arteri serta Fungsinya Pada Tubuh

Dalam jenis pembuluh darah, banyak orang yang tidak mengenali ciri-ciri pembuluh darah arteri seperti apa. Padahal ilmu mengenai hal tersebut sudah didapatkan sejak di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bahkan beberapa sekolah ada yang sudah mempelajari mengenai pembuluh darah tersebut sejak bangku Sekolah Dasar (SD).

ciri-ciri pembuluh darah arteri

Pembuluh nadi atau pembuluh darah arteri adalah bagian dari organ tubuh yang memiliki peran penting. Ada beberapa jenis pembuluh darah pada tubuh manusia. Setiap jenis pembuluh darah ini juga memiliki perannya masing-masing serta ciri khas tertentu yang membedakan satu dengan lainnya.

Ada dua jenis pembuluh darah yaitu pembuluh darah arteri dan pembuluh darah vena. Pembuluh darah arteri sangat membantu jantung saat mengantarkan darah ke seluruh tubuh dengan sangat baik. Dengan sedikit penjelasan ini mungkin Anda mulai mengenali ciri-ciri pembuluh darah arteri.

Namun untuk lebih lengkapnya Anda bisa mendapatkan penjelasan di bawah ini serta peran penting apa yang dipegang oleh pembuluh darah arteri ini. Ilmu ini bisa dijadikan sebagai dasar untuk mengenal organ pada tubuh Anda karena hal tersebut sebenarnya adalah penting bagi setiap individu meskipun tidak terlalu dalam mengetahuinya.

Mengenal Ciri-Ciri Pembuluh Darah Arteri

Penjelasan mengenai fungsi dari pembuluh nadi di atas membantu Anda mengenali bagaimana ciri-ciri pembuluh darah arteri yang akan dijelaskan seperti berikut ini.

  1. Ciri pertama dari arteri adalah dindingnya yang terdiri dari tiga lapis. Dimana lapisan tersebut memiliki cirinya masing-masing yaitu lapisan terluar berbentuk sel otot elastis, untuk sel otot polos merupakan bentuk dari lapisan tengah, dan terakhir pada bagian lapisan terdalam akan dibentuk oleh selapis sel yang berdinding tipis.
  2. Karena pembuluh darah sangat berarti maka ia dijaga dan dilindungi oleh dinding tebal, kuat dan juga elastis seperti penjelasan di atas.
  3. Selanjutnya ciri-ciri pembuluh darah arteri yang satu ini merupakan inti dari penjelasan fungsi di atas yaitu membawa darah bersih dari jantung ke seluruh bagian tubuh.
  4. Letak pembuluh darah arteri yaitu pada bagian dalam tubuh sehingga tidak bisa dilihat dengan kasat mata atau mata telanjang.
  5. Karena sifatnya yang membawa darah, maka ketika terjadi luka pada pembuluh darah arteri akan keluar darah cair dan memancar. Biasanya jika luka tersebut dibagian yang cukup rawan dapat membuat seseorang kehabisan banyak darah sehingga Anda bisa mengalami masalah lainnya jika tidak segera ditangani.
  6. Pembuluh darah arteri memiliki satu katup yang memiliki posisi letak di dekat jantung. Katup ini yaitu katup awal pembuluh.

Baca juga: urutan peredaran darah

Fungsi dari Pembuluh Darah Arteri

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa fungsi utama dari pembuluh darah adalah membantu kerja jantung memompakan darah. Namun ada fungsi yang lebih spesifik dari pembuluh darah arteri seperti dibawah ini.

  1. Pembuluh darah arteri atau pembuluh nadi memiliki fungsi untuk mengalirkan darah pada tubuh. Darah yang dialirkan yaitu dari jantung ke seluruh tubuh. Inilah fungsi penting dan utama dari pembuluh darah arteri tersebut. Darah yang disalurkan disebut juga dengan darah bersih karena mengandung oksigen tinggi dan semua diangkut kecuali di bagian paru-paru.
  2. Pembuluh darah arteri juga berfungsi menjadi pengantar dari nutrisi serta oksigen ke seluruh sel dalam tubuh manusia yang dibutuhkan dan bekerja setiap harinya.
  3. Tubuh membutuhkan organ yang dapat menjaga keseimbangan dari pergerakan setiap kandungan baik seperti protein, kimia, dan juga unsur dari sistem kekebalan tubuh dan sel.
  4. Fungsi keempat yaitu menjadi pengangkut zat buangan pada tubuh seperti karbon dioksida dan lainnya.

Dengan mengetahui beragam fungsi dari pembuluh darah arteri ini, Anda semakin tahu bahwa sangat penting menjaga kesehatan setiap organ dalam tubuh. Karena jika salah satu organ tidak dapat berkerja dengan baik maka dapat merusak sistem kerja dari organ lainnya yang saling berhubungan satu dengan lain.

Saking rawannya pembuluh darah arteri ini disarankan untuk sangat dijaga dengan baik. Meski berada di dalam tubuh dan tidak bisa dilihat kasat mata namun letaknya cukup dekat dengan kulit sehingga dapat memancarkan darah jika terluka sedikit saja. Ilmu mengenai fungsi dan ciri-ciri pembuluh darah arteri ini membantu Anda menjaga tubuh Anda.


Selain jalani pola hidup sehat Anda bisa membantu melancarkan peredaran darah dengan jam terapi dr laser.

error: Content is protected !!