Jenis Olahraga Untuk Penderita Osteoarthritis Yang Dianjurkan

Osteoarthritis atau OA merupakan penyakit degeneratif pada persendian yang secara umum menyerang orang setengah baya ke orang tua. Penderita OA biasanya sulit untuk bergerak bebas karena menimbulkan nyeri kronik yang dapat menyebabkan disabilitas dan mempengaruhi kualitas hidupnya. Karena belum ada terapi yang dapat menyembuhkan OA, pasien disarankan melakukan olahraga untuk penderita osteoarthritis agar rasa sakit berkurang.

olahraga untuk penderita osteoarthritis

Agar penyakit yang diderita tidak semakin parah, setidaknya penderita OA harus rutin melakukan olahraga ringan 3 kali seminggu selama 30 menit. Olahraga yang melibatkan tulang-tulang sendi dapat meningkatkan kelenturan dan kekuatan sendi serta meredakan nyeri yang dialami penderita OA. Berikut ini beberapa jenis olahraga ringan yang dapat dicoba oleh penderita OA untuk meningkatkan fungsi sendi dan mengurangi rasa nyeri.

1. Jalan Santai

Tidak hanya menyehatkan, jalan santai bisa menjadi olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh penderita OA untuk meningkatkan fungsi persendian. Dengan berjalan, otot kaki bisa menjadi lebih kuat dan rasa nyeri bisa berkurang karena tekanan yang diberikan kepada lutut tidak terlalu besar. Ada baiknya untuk rutin melakukan jalan santai setiap minggunya dengan durasi 20 sampai 60 menit setiap harinya.

2. Bersepeda

Olahraga ini pastinya mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja baik anak muda maupun orang dewasa penderita OA. Saat mengayuh pedal sepeda, semua kelompok otot utama bergerak namun tetap tidak memberikan tekanan berat pada bagian tubuh. Karena termasuk olahraga low impact, penderita OA tidak perlu khawatir akan meningkatnya kadar stress pada lutut yang dapat menyebabkan rasa nyeri setelah melakukannya.

3. Berenang

Berenang merupakan olahraga untuk penderita osteoarthritis yang dapat dilakukan secara rutin karena membuat otot persendian bergerak sehingga mengurangi rasa nyeri. Meskipun saat berenang seluruh otot tubuh ikut bergerak, penderita OA tidak perlu khawatir karena berenang tidak memberikan tekanan yang besar bagi sendi. Selain mengurangi rasa nyeri, berenang juga bisa meningkatkan hormon pereda nyeri dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

4. Yoga

Teknik pernapasan, keseimbangan, peregangan, dan kelenturan yang ada dalam Yoga disinyalir mampu meredakan nyeri sendi penderita OA. Hal ini dikarenakan Yoga merupakan aktivitas body awareness yang berfungsi untuk memperbaiki sistem koordinasi dan keseimbangan tubuh selain berfungsi sebagai relaksasi. Tidak hanya bermanfaat bagi persendian, melakukan Yoga secara rutin juga dapat memberikan manfaat bagi sistem pernapasan khususnya jantung dan paru-paru.

5. Tai Chi

Sama seperti Yoga, Tai Chi merupakan salah satu aktivitas body awareness yang berfungsi untuk memperbaiki sistem koordinasi dan keseimbangan tubuh. Gerakan Tai Chi yang cenderung lambat membuat tekanan yang diberikan kepada daerah persendian cenderung kecil sehingga rasa nyeri bisa berkurang. Agar hasilnya maksimal, lakukan gerakan Tai Chi 2 sampai 3 kali setiap minggunya dengan durasi 20 sampai 30 menit.

6. Pilates

Pilates merupakan aktivitas fisik yang berfokus pada penguatan otot tubuh, teknik pernapasan yang teratur, serta sistem keseimbangan tubuh. Berbeda dengan aerobik, gerakan yang ada pada pilates cenderung lambat dan teratur sehingga penggunaan otot tubuh berperan penting dalam setiap gerakan yang ada. Rutin melakukan pilates dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh sehingga otot dan sendi menjadi lentur dan mengurangi resiko cidera otot.

7. Latihan Penguatan Otot

Salah satu latihan penguatan otot yang dapat dilakukan oleh penderita OA untuk mengurangi nyeri dan memperbaiki kinematika gerak yaitu naik turun tangga. Latihan penguatan otot ini sangat berperan penting untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan fungsional otot tubuh agar bisa bekerja secara optimal. Lakukan latihan penguatan otot 2 sampai 3 kali seminggu agar hasilnya lebih maksimal dan dirasakan oleh tubuh.

Demikianlah beberapa jenis olahraga untuk penderita osteoarthritis yang dapat dicoba sendiri di rumah untuk meningkatkan fungsi sendi dan mengurangi nyeri. Olahraga yang melibatkan tulang-tulang sendi dapat meningkatkan kelenturan dan kekuatan sendi serta meredakan nyeri yang dialami penderita OA. Hindari gerakan-gerakan yang menekan otot dan persendian terlalu besar karena dapat meningkatkan rasa nyeri yang dirasakan.

error: Content is protected !!