Olahraga Untuk Menghilangkan Benjolan Di Payudara Yang Dapat Dilakukan Dimana Saja

Munculnya benjolan akibat jaringan yang tumbuh di payudara dengan berisi cairan ataupun teraba padat tentu saja bisa membuat wanita khawatir. Benjolan tersebut bisa saja muncul karena infeksi, trauma, atau tumor jinak yang tidak berbahaya sehingga benjolan di payudara tidak selalu menandakan kanker payudara. Untuk mengatasinya, ada beberapa olahraga untuk menghilangkan benjolan di payudara yang dapat dengan mudah dilakukan.

Olahraga Untuk Menghilangkan Benjolan Di Payudara

Olahraga merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang dianjurkan untuk dilakukan secara rutin karena dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Jika dilakukan dengan benar, olahraga terbukti ampuh untuk meningkatkan fungsi tubuh, mengontrol berat badan, dan meminimalisir penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke. Berikut ini beberapa olahraga yang mudah dilakukan untuk menghilangkan benjolan di payudara dengan mudah.

1. Jogging

Olahraga ringan dan sederhana yang dapat dilakukan setiap hari untuk menghilangkan benjolan di payudara yaitu jogging. Jogging merupakan olahraga yang dilakukan dengan berlari santai dengan kecepatan sedang atau lambat sehingga bermanfaat untuk membakar kalori dan melancarkan peredaran darah. Lakukan jogging secara rutin setiap minggunya dengan durasi 1 sampai 2,5 jam agar efek yang dirasakan lebih maksimal.

2. Bersepeda

Tidak hanya untuk membangun otot dan mempertahankan keseimbangan tubuh, bersepeda juga dapat melancarkan peredaran darah dan mengurangi pembengkakan pada payudara. Dikatakan pula bahwa rutin bersepeda dapat meminimalisir risiko penyakit kanker dan mencegah penyakit jantung serta darah tinggi. Agar bermanfaat bagi kesehatan, lakukan olahraga ini secara rutin pada pagi atau sore hari dengan durasi 1 sampai 2 jam setiap minggunya.

3. Berenang

Berenang merupakan olahraga untuk menghilangkan benjolan di payudara yang murah, mudah, dan menyenangkan untuk dilakukan terlebih ketika bersama teman. Tidak hanya untuk menghilangkan stress, olahraga ini juga bisa meningkatkan kekuatan otot dan menyehatkan jantung serta paru-paru. Namun, olahraga ini harus dihindari dan tidak boleh dilakukan oleh penderita kanker payudara yang baru saja menjalani operasi karena dapat menyebabkan infeksi.

4. Latihan Kekuatan

Tidak hanya untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, latihan kekuatan seperti push up dan pull up ternyata dapat menghilangkan benjolan di payudara. Selain push up dan pull up, latihan kekuatan untuk menghilangkan benjolan di payudara yaitu olahraga angkat beban yang beratnya telah disesuaikan. Untuk meminimalisir adanya cedera, latihan kekuatan harus dilakukan secara bertahap dengan durasi yang sewajarnya.

5. Yoga

Yoga merupakan aktivitas olah tubuh dan pikiran yang dapat meningkatkan kualitas mental dan fisik orang yang rutin melakukannya. Olah tubuh ini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang sering dikeluhkan seperti darah tinggi, penyakit jantung, hingga benjolan di payudara. Ketika benjolan yang tumbuh disertai rasa nyeri, gerakan yang ada dalam yoga dapat mentolerir rasa sakit yang ditimbulkan.

6. Pilates

Pilates merupakan Yoga versi modern yang fokus pada kelenturan dan fleksibilitas seluruh bagian tubuh sehingga dapat menjaga postur tubuh. Dengan melibatkan teknik pernapasan yang teratur serta keseimbangan tubuh, pilates wajib untuk dicoba terlebih gerakannya bisa membantu mendetoks tubuh. Jika ingin merasakan manfaatnya secara nyata dan maksimal, lakukan pilates secara rutin setiap minggunya hingga benjolan yang tumbuh di payudara hilang.

7. Tai Chi

Sama seperti Yoga dan Pilates, Tai Chi merupakan aktivitas olah tubuh dengan gerakan yang lembut dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Tidak hanya dapat dilakukan oleh lansia, Tai Chi juga dapat dilakukan oleh penderita kanker payudara karena gerakannya tidak memerlukan banyak gerakan fisik. Manfaat yang dapat dirasakan dengan rutin melakukan Tai Chi yaitu menghilangkan stress dan memperkuat otot tubuh.

Itulah  beberapa olahraga untuk menghilangkan benjolan di payudara yang dapat dengan mudah dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Olahraga merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang dianjurkan untuk dilakukan secara rutin karena dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Agar hasilnya maksimal, sesuaikan jenis dan durasi olahraga yang dilakukan sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi stress yang muncul.

error: Content is protected !!