Nasi Putih Berapa Kalori agar Tidak Gemuk

Salah satu pertanyaan yang sering muncul di pikiran kita, nasi putih berapa kalori yang terkandung di dalamnya? Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia, bahkan ada istilah “belum makan jika tidak ada nasi”. Hampir seluruh masyarakat di Indonesia hingga Asia mengonsumsi nasi.

Nasi Putih Berapa Kalori

Nasi menjadi makanan pokok yang nantinya akan ditemani oleh sayur atau lauk pauk sesuai selera. Dalam hal ini, kita mengenal ada beberapa jenis nasi, seperti nasi merah, nasi ketan, nasi tiwul, nasi jagung hingga nasi putih yang sering kita konsumsi sehari-hari.

Nasi putih merupakan nasi yang sering kita makan setiap hari dan ternyata kandungan gizi setiap jenis nasi berbeda-beda. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet pasti tidak asing dengan nasi merah karena memang kandungan kalorinya lebih sedikit sehingga cocok untuk program diet untuk mengurangi karbohidrat.

Lantas, bagaimana dengan nasi putih berapa kalori yang terkandung di dalamnya? Dalam artikel ini, kita akan membahas berapa kalori yang terkandung dalam nasi putih, cara menakar nasi tanpa timbangan hingga sumber karbohidrat lain selain nasi sehingga bisa dijadikan alternatif agar kebutuhan karbohidrat tubuh tetap terpenuhi.

Kandungan Kalori dalam Nasi Putih

Jika Anda sedang menjalankan program diet, penting untuk mengetahui apa saja yang dikonsumsi dan menghitung keperluan tubuh agar tidak berlebihan, begitu juga dengan nasi yang dimakan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui kandungan kalori di dalam nasi jadi nantinya bisa didapatkan takaran yang pas.

Pada umumnya, nasi putih sebanyak 100 gram mengandung 175 kalori. Setiap orang membutuhkan jumlah kalori yang berbeda-beda, tergantung dengan jenis kelamin, aktivitas, berat badan dan lain sebagainya sehingga Anda harus tahu nasi putih berapa kalori yang terkandung di dalamnya agar bisa menakar nasi dengan tepat.

Jumlah kalori dalam nasi ini nantinya akan ditambahkan dengan makanan lain yang Anda konsumsi, mulai dari sayuran, lauk pauk, susu, dan lain sebagainya. Tidak mungkin jika dalam sehari, Anda hanya mengonsumsi nasi putih saja karena tubuh juga membutuhkan sumber nutrisi yang lainnya.

Cara Menakar Nasi Tanpa Timbangan

Setelah mengetahui nasi putih berapa kalori yang terkandung di dalamnya, kemudian Anda juga harus tahu bagaimana cara menakar nasi putih tanpa menggunakan timbangan. Bagi orang yang diet, penting untuk menakar semua makanan yang dikonsumsi agar kita bisa memperhitungkan nutrisi yang masuk di dalam tubuh.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki timbangan untuk menakar makanan tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ternyata Anda bisa menakar nasi tanpa menggunakan timbangan. 100 gram nasi setara dengan satu centong jadi Anda bisa menggunakan centong dengan ukuran yang sama agar perhitungan lebih mudah.

Jika Anda membutuhkan 350 kalori dari nasi, maka Anda harus mengonsumsi dua centong nasi karena setiap centong nasi memiliki berat 100 gram. Cara ini tidak hanya bisa dilakukan pada nasi putih berapa kalori di dalamnya, tapi juga bisa Anda gunakan untuk menakar jenis makanan lain.

Sumber Karbohidrat Selain Nasi Putih

Nasi putih memang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tapi, tahukah Anda jika masih banyak makanan lainnya yang menjadi sumber karbohidrat. Jadi, bisa dijadikan alternatif saat Anda merasa bosan karena terlalu sering mengonsumsi nasi setiap hari.

Sumber karbohidrat lain yang bisa dipilih antara lain mie kering, bihun, roti putih, kentang, singkong, talas dan lain sebagainya. Anda bisa mengkreasikan berbagai makanan tersebut hingga memenuhi kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, begitu juga dengan kebutuhan nutrisi lainnya, seperti serat, vitamin, mineral dan lainnya.

Jika Anda ingin mengganti nasi sebagai sumber kalori, maka Anda harus mencari alternatif lainnya dengan kandungan kalori yang sama besarnya agar kebutuhan tubuh tetap terpenuhi. Misalnya, 100 gram nasi setara dengan 3 iris roti putih, 1 gelas mi kering kemasan dan setara 1/2 gelas bihun.

Jadi, bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh, pastikan untuk mengetahui setiap kandungan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi agar bisa memperhitungkan dengan baik. Nasi putih menjadi sumber karbohidrat yang biasa dikonsumsi jadi Anda harus tahu nasi putih berapa kalori yang terkandung.


Cegah diabetes, kolesterol, dan jantung dengan dr laser.

error: Content is protected !!