Manfaat Mengkonsumsi Minyak Zaitun Yang Jarang Diketahui

Minyak zaitun merupakan minyak yang diambil dari lemak buah zaitun dan salah satu jenis minyak yang memiliki kaya akan manfaat. Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan. Manfaat mengkonsumsi minyak zaitun umumnya digunakan sebagai penambah cita rasa dalam makanan.

Manfaat mengkonsumsi minyak zaitun

Selain itu juga minyak zaitun sering kali digunakan sebagai bahan campuran dari berbagai produk seperti sabun, kosmetik dan minyak urut. Kendati demikian minyak zaitun dapat bermanfaat apabila dikonsumsi. Berikut ini merupakan manfaat minum minyak zaitun untuk kesehatan:

1. Mengatasi Resiko Penyakit Jantung

Minyak pada umumnya dapat menyebabkan kolesterol dan kolesterol menjadi salah satu pemicu penyakit serangan jantung. Namun berbeda dengan minyak zaitun yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tidak berbahaya. Sebaliknya asam lemak tak jenuh yang terkandung didalam minyak zaitun justru memiliki fungsi membuka arteri dan melumasinya.

Dengan memiliki fungsi tersebut maka aliran darah ke area jantung akan menjadi lancar dan dapat menangkal terjadinya resiko penyakit jantung. Penyakit jantung menjadi penyakit yang mematikan bagi seorang manusia sehingga tidak ada salahnya untuk menjaganya sedini mungkin.

2. Melawan Kolesterol

Kolesterol jahat atau dalam dunia medis disebut dengan Low-density lipoprotein memiliki banyak sekali dampak negatif bagi tubuh. Kolesterol jahat menjadi pemicu penyakit serangan jantung namun dengan mengkonsumsi minyak zaitun hal tersebut dapat dihindari. Minum minyak zaitun sekitar satu sendok makan dalam setiap harinya dipercaya mampu melawan adanya kolesterol jahat.

3. Mencegah Penyakit Stroke

Manfaat mengkonsumsi minyak zaitun juga dapat membantu mencegah penyakit stroke. Apabila minum minyak zaitun secara rutin akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Stroke biasanya terjadi karena kadar kolesterol yang terlalu tinggi sehingga perlunya mengatasi sejak dini. Jika jumlah kadar kolesterol jahat dalam tubuh sedikit maka aliran darah menuju otak akan lancar.

4. Mendetoks Hati (Liver)

Hati atau liver merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh karena memiliki fungsi untuk membuang dan menetralisir racun didalam tubuh. Oleh sebab itu, hati atau liver penting untuk dijaga agar organ yang lainnya tidak bermasalah. Minum minyak zaitun sekitar 2 sendok makan dalam setiap harinya dapat membantu mendetoksifikasi racun-racun yang berbahaya di dalam hati,

5. Menjaga Fungsi Otak

Minum minyak zaitun dalam setiap harinya akan membuat aliran darah dan oksigen ke otak akan menjadi lebih lancar. Minyak zaitun juga dapat menangkal radikal bebas dan otak akan mendapatkan asupan darah serta oksigen. Otak yang mendapatkan asupan oksigen akan berfungsi dengan baik dan terhindar dari penyakit-penyakit lainnya seperti alzheimer, hingga mengurangi depresi.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan seperti diare, sembelit akan mengganggu keseharian. Minum obat-obatan khusus akan membantu mengurangi rasa sakit akibat gangguan pencernaan. Namun siapa sangka bahwa dengan minum minyak zaitun juga akan membantu mengatasi gangguan pencernaan.

7. Membantu Memerangi Penyakit Kanker

Minyak zaitun memiliki zat yang sifatnya anti-kanker. Hal ini berdasarkan fakta bahwa minyak zaitun memiliki kandungan senyawa kimia dan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas. Manfaat minyak zaitun sebagai anti-kanker telah dibuktikan di negara mediterania dimana menjadi negara yang paling banyak mengkonsumsi minyak zaitun.

Masih banyak manfaat minyak zaitun yang lainnya selain dari manfaat diatas. Manfaat mengkonsumsi minyak zaitun akan sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Cukup dengan mengkonsumsinya dengan cara dicampur dengan air hangat minyak zaitun siap untuk dikonsumsi. Ada pula cara yang lain yaitu dengan cara menggunakannya sebagai minyak untuk memasak.

error: Content is protected !!