Minum Air Putih Sehari Berapa Liter? ini Jawabannya

Mungkin pertanyaan minum air putih sehari berapa liter pernah terbesit di benak Anda. Pada dasarnya, 50% bagian dari tubuh yang kita miliki adalah air. Sehingga, kita perlu mengkonsumsi air putih dengan jumlah cukup. Mengingat, dengan terpenuhinya kebutuhan air, organ tubuh dapat bekerja dengan baik.

minum air putih sehari berapa liter

Semua sistem yang ada di dalam tubuh kita memerlukan air untuk menunjang kerjanya. Contohnya cairan dibutuhkan untuk membawa nutrisi ke sel dalam tubuh, selain itu air juga diperlukan agar bisa membuang racun dari organ vital tubuh. Bahkan air juga membuat telinga, hidung dan tenggorokan menjadi lembab.

Dengan lembabnya organ tersebut, organ tersebut bisa bekerja dengan sangat baik. tidak cukup sampai di sana, air juga memberikan manfaat sebagai pencegah sembelit dan batu ginjal. Bila tubuh kekurangan air, bisa dipastikan sel tubuh akan sulit melakukan kerjanya, bahkan Anda dapat mengalami dehidrasi.

Kekurangan cairan tubuh bisa membuat Anda mudah lelah dan menguras energi. Bahkan, kekurangan cairan sesudah olahraga akan menganggu konsentrasi, suasana hati dan bisa menyebabkan sakit kepala. Namun, setelah sampai di sini, mungkin Anda bertanya mengenai jumlah pasti kebutuhan air putih tubuh kita.

Minum Air Putih Sehari Berapa Liter

Untuk kebutuhan air putih dalam sehari, setiap orang bisa memiliki kebutuhan air putih yang berbeda-beda, meskipun Anda sering mendengar keharusan minum air putih 8 gelas sehari. Memang, pada umumnya, minum air putih kurang lebih 2 liter sehari atau 8 gelas bisa mencukupi kebutuhan air.

Karena mudahnya mengingat pesan tersebut, pesan tersebut secara terus menerus disampaikan. Tetapi, diri sendirilah yang paling bisa menilai jumlah air yang diperlukan untuk tubuh. Apalagi kebutuhan air sangat bervariasi. Perhitungan yang paling tepat adalah minum air ketika merasa haus sehingga kebutuhan tubuh bisa terpenuhi dengan baik.

Apalagi, haus adalah isyarat tubuh yang mengatakan bila Anda memerlukan air. Sehingga Anda harus mengenali isyarat haus ini. bisa jadi, kebutuhan air putih Anda kurang dari 2 liter atau bahkan lebih. Anda tidak perlu memaksakan tubuh untuk mencukupi slogan 2 liter. Asalkan mengikuti tanda yang diberikan tubuh, pertanyaan minum air putih sehari berapa liter sangat mudah dijawab.

Anda juga tidak perlu menahan diri ketika merasa haus, karena sudah mengkonsumsi air sebanyak 2 liter. Untuk melihat cukup atau tidaknya air yang kita konsumsi, Anda bisa melihat apakah urin sudah berwarna bening. Jika urine berwarna gelap, lebih baik konsumsi lebih banyak cairan lagi.

Jadwal Minum Air Putih dalam Sehari

Jika sudah mendapatkan jawaban minum air putih sehari berapa liter, hal lainnya adalah jadwal mengkonsumsi air putih. Anda dapat mengkonsumsi air putih sesudah bangun tidur. Ketika tidur, tubuh tidak memperoleh asupan cairan kurang lebih 7 hingga 8 jam. Tentu saja saat bangun, kita akan merasa haus.

Haus ini adalah indikasi tubuh kekurangan cairan. Sehingga, Anda harus mengisi persediaan air tubuh, dengan cara minum 2 gelas air putih. Bukan hanya itu, mengkonsumsi air putih saat bangun tidur juga membantu membuang racun tubuh.

Waktu kedua adalah sebelum mandi. Kesegaran air putih dipadukan dengan kehangatan air saat mandi bisa mencairkan kandungan natrium tubuh sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Inilah alasan mengapa sebelum mandi, banyak yang mengkonsumsi air putih.

Ketiga, sebelum makan. Minum air putih sebelum makan baik makan pagi, siang serta malam sangat dianjurkan. Namun, Anda harus minum air putih 30 menit sebelum makanan masuk, selain itu jaga porsinya dengan baik karena kebanyakan mengkonsumsi air putih sebelum makan bisa menganggu berjalannya proses pencernaan.

Terakhir, ketika merasa lelah. Dasar kinerja tubuh yang kita miliki sangat bergantung pada air seperti otak serta organ penting lain. kekurangan air akan menyebabkan konsentrasi tubuh menghilang, darah tinggi, depresi dan lainnya. Sehingga, ketika Anda merasa lelah atau kelelahan, lebih baik minum air putih.

Ada berbagai macam faktor yang bisa mempengaruhi kebutuhan air seperti aktivitas. Bila Anda merupakan orang yang melakukan aktivitas dengan sangat banyak seperti olahraga, Anda memerlukan air minum lebih banyak, selain itu lingkungan juga berpengaruh, sehingga minum air putih sehari berapa liter bergantung dari kebutuhan Anda sendiri.


Selain jalani pola hidup sehat Anda bisa cegah penyakit berbahaya dengan jam terapi dr laser.

error: Content is protected !!