Manfaat Olahraga dalam Pencegahan Penyakit Diabetes agar Tidak Parah

Manfaat olahraga dalam pencegahan penyakit diabetes wajib kita bahas bersama karena memang olahraga menjadi salah satu cara terbaik kita untuk hidup lebih sehat. Sudah menjadi rahasia umum jika olahraga sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, asalkan tetap sesuai porsi dan tidak berlebihan.

Manfaat olahraga dalam pencegahan penyakit diabetes

Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda pilih sesuai kemampuan dan kekuatan untuk menerapkan gaya hidup yang sehat. Banyak manfaat dari olahraga yang bisa Anda dapatkan, termasuk mampu mencegah terjadinya penyakit diabetes. Bagaimana penjelasan lebih lengkapnya? Kita akan menyimak bersama ulasan berikut ini.

Pentingnya untuk Mengendalikan Berat Badan

Belum banyak orang yang paham tentang manfaat olahraga dalam pencegahan penyakit diabetes. Olahraga memang sering disertakan dalam gaya hidup sehat, sembari memperbaiki pola makan sehat. Pola hidup sehat seperti mengendalikan berat badan melalui olahraga ini bisa menjadi pencegahan berbagai macam penyakit, termasuk diabetes.

Memiliki berat badan ideal ternyata bukan saja berguna untuk menunjang penampilan, tapi juga baik untuk kesehatan karena terlalu gemuk ataupun terlalu kurus juga tidak akan baik. Terlalu gemuk bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti obesitas maupun diabetes sehingga Anda harus senantiasa menjaga berat badan ideal.

Mengendalikan berat badan bukanlah perkara mudah karena ada berbagai upaya yang harus dilakukan. Selain berolahraga, ada beberapa faktor yang dapat menunjang berat badan Anda tetap ideal, seperti mengonsumsi makanan sehat (buah-buahan dan sayur-sayuran), aktif bergerak, hingga menghindari kebiasaan buruk (seperti merokok atau mengonsumsi alkohol).

Cara Terbaik Mengendalikan Berat Badan

Cara terbaik untuk mencegah berbagai penyakit serius dan gangguan kondisi kesehatan adalah dengan berolahraga. Itulah mengapa penting dalam memahami manfaat olahraga dalam pencegahan penyakit diabetes. Jangan biarkan badan Anda terlalu lama berdiam diri karena justru dengan aktivitas fisik inilah kita bisa mencegah berbagai penyakit.

Tidak harus memilih olahraga yang berat karena setiap orang memiliki standar kekuatan dan kebugaran yang berbeda-beda. Anda bisa memilih jenis olahraga yang disukai, mulai dari berenang, jogging, bersepeda, jalan santai, skipping, zumba, yoga, pilates dan masih banyak jenis olahraga lain yang bisa dijadikan pilihan.

Bukan hanya jenis olahraga, intensitas dan lamanya olahraga juga perlu diperhatikan agar manfaat yang didapatkan lebih optimal dalam mencegah penyakit diabetes. Bagi Anda yang lebih sering berada di depan komputer atau di meja kantor, mulailah untuk meluangkan waktu berolahraga karena aktivitas fisik ini sangat penting.

Penelitian Mendukung Pentingnya Olahraga untuk Mencegah Diabetes

Sudah banyak penelitian yang menunjang manfaat olahraga dalam pencegahan penyakit diabetes. Suatu penelitian merekomendasikan olahraga dengan beragam durasi, mulai dari 15 menit, 30 menit hingga 1 jam, tergantung dengan kebutuhan. Bahkan, aktivitas fisik 1 menit setiap hari sudah bisa menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2.

Aktivitas fisik dalam rentang waktu yang pendek mampu membantu mengobati diabetes. Pernyataan ini didukung dengan penelitian yang dilakukan oleh Department of Health, University of Bath. Peserta dalam penelitian tersebut melakukan sprint bersepeda 20 kali selama tiga kali seminggu dan aktivitas dilakukan selama enam minggu.

Setelah enam minggu, peserta mengikuti tes dan hasilnya menunjukkan peningkatan fungsi insulin peserta rata-rata 28%. Bahkan, penelitian ini bukanlah penelitian pertama yang menunjukkan manfaat dari olahraga, melainkan sudah ada beberapa penelitian yang menyatakan kegiatan fisik jangka pendek mampu meningkatkan fungsi insulin dan kadar gula darah.

Baca juga: tanda dan gejala diabetes melitus

Faktor Lain yang Berpengaruh Terhadap Pencegahan Diabetes

Selain olahraga secara teratur, tentu kita juga harus memperhatikan faktor lain yang berpengaruh terhadap pencegahan diabetes. Olahraga memang baik untuk mencegah diabetes, tapi juga harus didukung dengan faktor lainnya, mulai menghindari kebiasaan buruk, mengonsumsi makanan sehat, mengurangi kesibukan yang menguras habis waktu dan energi.

Pola hidup sehat dan pola makan yang sehat menjadi kunci agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit atau gangguan kesehatan. Meski Anda sedang sibuk melakukan pekerjaan atau aktivitas lain, tapi jangan sampai Anda melupakan waktu untuk berolahraga karena olahraga tidak butuh waktu lama.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Inilah kalimat yang sering kita dengar dan memang ada baiknya karena setiap dari kita pasti ingin hidup dengan sehat. Oleh karena itu, Anda harus senantiasa menjaga kesehatan, seperti memahami manfaat olahraga dalam pencegahan penyakit diabetes sekaligus melakukan olahraga tersebut.


Selain berolahraga, pola makan yang benar, cegah diabetes, kolesterol, dan jantung dengan dr laser.

error: Content is protected !!