Makanan Yang Dihindari Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Tidak Meningkat

Diabetes merupakan suatu keadaan yang terjadi ketika tubuh tidak dapat mengendalikan jumlah glukosa di dalam aliran darah akibat penurunan sekresi insulin. Seseorang dengan kadar glukosa yang tinggi harus bisa menjaga pola makannya dengan harapan tidak ada peningkatan kadar glukosa dalam darah. Oleh sebab itu, makanan yang dihindari penderita diabetes merupakan makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi.

Makanan Yang Dihindari Penderita Diabetes

Indeks glikemik yaitu sistem penggolongan makanan yang digunakan sebagai indikator cepat atau tidaknya karbohidrat diproses oleh tubuh. Semakin tinggi indeks glikemiknya maka semakin cepat pula karbohidrat yang terkandung di dalamnya diproses oleh tubuh dan dapat menyebabkan kadar gula meningkat.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang tinggi.

1. Nasi Putih

Nasi putih merupakan makanan pokok yang harus dihindari oleh penderita diabetes karena memiliki nilai indeks glikemik sebesar 72 per 150 gramnya. Hal ini menyebabkan tubuh dapat dengan cepat memproses karbohidrat yang terkandung di dalamnya sehingga memicu terjadinya lonjakan kadar gula darah.

Agar lebih aman bagi tubuh, sebaiknya penderita diabetes mengkonsumsi nasi merah atau nasi basmati sebagai pengganti nasi putih.

2. Roti

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi roti sangatlah berbahaya untuk kesehatan karena dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Terigu yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan roti termasuk ke dalam karbohidrat sederhana yang dapat dengan cepat diproses oleh tubuh.

Tingginya indeks glikemik yang terkandung dalam roti dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan resistensi insulin.

3. Kentang Goreng

Karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, kentang yang digoreng terbukti dapat meningkatkan kadar gula darah serta resistensi insulin. Karbohidrat yang dikombinasikan dengan minyak yang mengandung lemak trans  dinilai dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah.

Untuk menghilangkan efek negatifnya bagi tubuh, disarankan bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi kentang yang dikukus.

4. Sereal Manis

Makanan yang dihindari penderita diabetes selanjutnya yaitu sereal manis karena kandungan karbohidratnya yang tinggi dapat memicu lonjakan kadar gula darah. Sereal manis juga mengandung gula yang secara sengaja ditambahkan untuk mengawetkan dan meningkatkan cita rasanya agar disukai konsumen.

Bagi penderita diabetes, makanan yang ditambahkan gula baik alami atau buatan bisa berbahaya bagi kesehatan karena dapat meningkatkan kandungan glukosa tubuh.

5. Buah Kering

Tidak hanya sereal manis, buah kering juga bisa berbahaya bagi kesehatan penderita diabetes karena kandungan gula di dalamnya dapat meningkatkan kadar glukosa tubuh. Untuk mengawetkan dan menambah citaranya, biasanya ditambahkan gula dalam kadar tertentu sehingga rasa manisnya bisa meningkat.

Penderita diabetes dianjurkan untuk menghindari buah kering sebagai cemilan dan menggantinya dengan buah segar seperti pepaya, apel, dan pir.

6. Yoghurt Rasa

Penelitian menyebutkan bahwa rutin mengkonsumsi yoghurt bisa membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 karena mampu menyerap gula yang dihasilkan oleh makanan. Meskipun demikian, tidak semua yoghurt aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena justru bisa menaikkan kadar gula dalam darah.

Hindari yoghurt rasa karena biasanya minuman fermentasi ini dibuat dengan menggunakan susu tanpa lemak dengan penambahan karbohidrat dan gula.

Baca juga: tanda dan gejala diabetes melitus

7. Makanan Dalam Kemasan

Jika ingin camilan, kebanyakan orang biasanya membeli makanan dalam kemasan karena mudah dijumpai dan harganya terjangkau. Namun, makanan kemasan seperti biskuit mengandung tepung halus yang dapat dengan cepat diproses oleh tubuh dan membuat gula dalam darah melonjak secara drastis.

Daripada mengkonsumsi makanan dalam kemasan yang mengandung tinggi karbohidrat, ada baiknya untuk mengkonsumsi kacang atau sayuran rendah karbohidrat.

Demikianlah informasi mengenai makanan yang dihindari penderita diabetes agar kadar gula di dalam darah tidak melonjak secara drastis. Diabetes merupakan suatu keadaan yang terjadi ketika tubuh tidak dapat mengendalikan jumlah glukosa di dalam aliran darah akibat penurunan sekresi insulin. Untuk menghindari lonjakan kadar gula dalam darah, aturlah pola makan dan hindari makanan dengan nilai indeks glikemik yang tinggi.


Selain jalani pola hidup sehat, olahraga teratur, Anda bisa cegah penyakit diabetes dengan terapi dr laser.

error: Content is protected !!