7 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Radang Usus

Makanan untuk penderita radang usus – Pola makan yang tidak sehat dapat membuat usus mudah terinfeksi bakteri ataupun virus sehingga terjadi peradangan pada usus. Seringkali penyakit ini dianggap remeh oleh kebanyakan orang karena gejala awal yang diberikan hanya sekedar sakit perut biasa. Namun, jika terus dibiarkan dan tidak ditangani maka akan semakin berbahaya bahkan dapat menjadi penyakit kronis. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu penanganan yang cepat untuk penyakit yang satu ini.

makanan untuk penderita radang usus

Memilih makanan untuk penderita radang usus biasanya tidak boleh sembarangan. Banyak makanan yang perlu dihindari untuk menstabilkan kembali keadaan usus, seperti menghindari makanan pedas,  kafein, alkohol serta makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Dengan menghindari makanan tersebut, setidaknya dapat membantu usus agar peradangan tidak bertambah parah. Berikut merupakan 7 makanan untuk penderita radang usus:

1. Yogurt

Makanan untuk penderita radang usus yang pertama ialah Yogurt. Yogurt merupakan olahan susu yang difermentasi menggunakan bakteri dengan rasa asam serta tekstur yang lembut. Selain sebagai sumber protein yang baik, yogurt juga dapat mengatasi masalah pencernaan seperti radang usus. Yogurt mengandung bakteri probiotik yang dapat mengurangi jumlah bakteri jahat penyebab peradangan pada usus.

2. Kefir

Kefir adalah minuman khas dari daerah Kaukasus yang terbuat dari fermentasi susu dengan butiran kefir. Butiran kefir merupakan hasil simbiosis ragi dengan bakteri. Hasil fermentasi antara butiran kefir dengan susu dapat membentuk suatu bakteri khusus yang dapat digunakan sebagai bakteri probiotik. Kefir dapat dijadikan sebagai makanan untuk penderita radang usus yang memiliki manfaat sama seperti yogurt.

Kefir juga mengandung bakteri probiotik, namun jumlah bakteri probiotik pada kefir lebih banyak dibandingkan yogurt. Bakteri probiotik Lactobacillus kefiri yang berada pada kefir dapat melindungi usus dari infeksi bakteri jahat penyebab radang pada usus. Secara tradisional, kefir dibuat dengan memfermentasi susu dalam kulit domba, sehingga jumlah bakteri yang dibentuk lebih banyak daripada yogurt.

3. Tempe

Selain memiliki protein yang tinggi, tempe juga mengandung prebiotik yang dapat membantu memperbaiki kesehatan organ pencernaan serta dapat mengurangi peradangan pada usus. Fermentasi kedelai oleh bakteri dan ragi menghasilkan asam fitat yang dapat melancarkan pencernaan dan penyerapan nutrisi pada usus. Oleh karena itu, tempe dapat dijadikan makanan untuk penderita radang usus.

4. Asparagus

Makanan untuk penderita radang usus berikutnya adalah asparagus. Sayur yang mengandung banyak vitamin A, C, E dan K ini dapat membantu memperbaiki gangguan pencernaan seperti radang usus maupun sembelit. Selain banyak mengandung beberapa vitamin, asparagus juga mengandung bakteri Lactobacillus yang dapat meningkatkan kesehatan usus. bakteri ini juga termasuk dalam bakteri probiotik yang dapat membunuh bakteri jahat penyebab radang usus.

5. Bawang Putih

Bawang putih merupakan rempah-rempah dasar yang mudah didapatkan. Tentunya bawang putih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, diantaranya ialah menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, bawang putih banyak mengandung serat prebiotik yang merupakan sumber energi bagi bakteri baik dalam usus sehingga dengan mengkonsumsi bawang putih dapat meredakan peradangan pada usus.

6. Telur

Telur memiliki kandungan gizi yang cukup kompleks, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, beberapa vitamin serta mineral. Kandungan protein yang tinggi dalam telur, dapat membantu meredakan peradangan pada usus. Peradangan pada usus dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel dinding usus. Oleh karena itu makanan yang mengandung protein yang tinggi seperti telur dapat membantu proses pembentukan sel-sel baru sehingga peradangan pada usus dapat diatasi.

7. Labu Kuning

Labu kuning merupakan buah yang sangat kaya akan nutrisi, baik Vitamin A, C maupun E. Meskipun kaya akan nutrisi, namun labu kuning memiliki tingkat kalori dan serat yang rendah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita radang usus. Seseorang yang mengalami peradangan pada usus, lebih baik mengkonsumsi sayuran rendah serat sehingga dapat meringankan kinerja usus dalam menyerap sari-sari makanan.

Radang usus disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya ialah serangan virus atau bakteri jahat. Oleh karena itu, dibutuhkan makanan untuk penderita radang usus yang mengandung probiotik dan prebiotik yang rendah serat untuk memperbaiki sel usus yang rusak akibat peradangan.

error: Content is protected !!