6 Makanan Untuk Meningkatkan Kadar Hb Yang Rendah

Makanan Untuk Meningkatkan Kadar Hb – Hemoglobin dalam tubuh memiliki fungsi untuk membawa oksigen dari paru-paru menuju ke jaringan tubuh. Hemoglobin akan membawa karbondioksida dari jaringan tubuh menuju paru-paru dan yang terpenting adalah menjalani hidup sehat.

Dengan adanya kelangkaan Hb atau hemoglobin akan mengakibatkan anemia untuk itu perlunya makanan untuk meningkatkan Hb atau hemoglobin. Tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besi, vitamin C, asam folat, dan vitamin B12 akan mengakibatkan penurunan hemoglobin.

makanan untuk meningkatkan hb

Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kadar Hb

Gejala yang biasanya timbul karena kadar hemoglobin rendah adalah kelelahan, sesak napas, lesu, sakit kepala, dan kulit menjadi lebih pucat. Ada pengobatan alami untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh yang bisa dicoba dengan bahan yang mudah ditemukan dalam keseharian. Berikut merupakan daftar makanan yang dapat membantu untuk meningkatkan kadar Hb atau hemoglobin :

1. Sayuran

Sayuran kaya akan zat besi yang dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin seperti bayam atau juga daun fenugreek. Daun-daun itu dapat membantu mengalirkan zat besi sehingga dengan teratur mengkonsumsi sayuran setiap hari tubuh akan mencerna jauh lebih baik. Sehingga kadar hemoglobin akan meningkat dan tubuh menjadi lebih sehat.

2. Kacang-kacangan

Hampir semua jenis kacang-kacangan memiliki sumber yang kaya akan zat besi, seperti halnya kedelai, buncis, kacang merah dan kacang hitam. Dengan memasukkan jenis kacang-kacangan kedalam daftar menu harian maka akan meningkatkan kadar zat besi dan hemoglobin menjadi lebih tinggi.

3. Semangka

Buah yang satu ini kerap kali dijumpai dalam keseharian dan ternyata buah semangka memiliki kandungan yang sehat. Semangka memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin C, vitamin B dan kalium. Dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur akan membantu meningkatkan hemoglobin sekaligus juga membantu meningkatkan stamina dan energi.

4. Vitamin C

Vitamin baik untuk tubuh karena dapat membantu menyerap makanan dan zat besi. Apabila kurang vitamin C akan membuat sumber makanan dan zat besi tidak  bisa diserap sempurna. Makanan yang kaya akan vitamin C seperti pepaya, jeruk, stroberi, dan anggur. Buah-buahan tersebut akan sangat baik dikonsumsi untuk membantu menyeimbangkan kadar hemoglobin.

Untuk jenis sayuran yang kaya akan vitamin C adalah brokoli, kubis, tomat, kapsikum dan bayam. Sayuran tersebut memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan, oleh sebab itu disarankan jangan sampai meninggalkan sayuran dan buah-buahan tersebut sebagai makanan harian.

5. Daging Merah

Daging merah memiliki kandungan zat besi dan dapat membantu menyerap zat besi dengan mudah. Kandungan dalam daging lebih mudah diserap dibandingkan dengan jenis makanan yang bersumber dari tanaman. Contoh daging merah diantaranya daging sapi, kambing, hati anak sapi, dan hati ayam. Jenis makanan tersebut merupakan sumber zat besi yang baik bagi tubuh.

6. Makanan Laut

Makanan laut seperti ikan tuna, salmon, kerang, tiram merupakan sumber hemoglobin yang baik. Dengan mengkonsumsi makanan laut setidaknya minimal 3 kali dalam sepekan akan membantu dalam peningkatan kadar hb atau hemoglobin.

Kadar hemoglobin yang termasuk dalam kategori rendah apabila kandungannya kurang dari 13,5 gram g/dL untuk laki-laki dan 12 g/dL untuk perempuan. Setidaknya laki-laki harus memiliki kadar Hb yang mencapai 13,5-17,5 g/dL. Dan kadar Hb normal untuk perempuan adalah 12,5-15,5 g/dL.

Apabila kadar hemoglobin rendah, cobalah untuk mengkonsumsi jenis makanan yang telah dijelaskan di atas. Makanan untuk meningkatkan Hb sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dan menjadi lebih sehat. Dan yang paling penting yaitu jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar dapat penangan yang lebih lanjut mengenai Hb yang rendah.

error: Content is protected !!