Ragam Makanan Untuk Memperbanyak ASI Yang Ampuh

Ibu menyusui kerap kali mengalami kekhawatiran apakah nantinya ASI lancar atau justru mengalami kesulitan. Ada beberapa jenis makanan untuk memperbanyak ASI yang dapat dijumpai sehari-hari. Bagi seorang bunda pasti sudah mengetahui bahwa ASI yang kental dan berkualitas akan memiliki banyak sekali manfaat bagi buah hati.

Makanan Untuk Memperbanyak ASI

Makanan untuk memperbanyak air susu ibu biasa disebut dengan makanan laktogenik atau ASI booster. Makanan laktogenik merupakan makanan yang mengandung galaktagog yakni senyawa dalam tanaman yang mampu merangsang dan meningkatkan produksi ASI. Berikut ini merupakan 5 jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui agar mampu menambah produksi ASI.

1. Gandum dan Oat

Gandum dan Oat memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga membuat ibu menyusui merasa kenyang lebih lama. Oat dan gandum dapat dikonsumsi menjadi bubur agar ibu menyusui lebih mudah dalam mencerna makanan.

Oat memiliki kaya akan kandungan zat besi yang memiliki manfaat pencegahan anemia. Ibu menyusui kerap kali mengalami penurunan pasokan ASI akibat anemia, hal tersebut biasanya terjadi kepada ibu baru.  Selain bubur oat juga dapat mencoba makanan lain seperti makanan dengan bahan dasar gandum seperti kue kering atau roti gandum.

2. Sayuran Hijau

Sayuran sangat penting bagi ibu menyusui karena sayuran memiliki sumber galaktagog khususnya sayuran hijau. Contoh sayuran yang dimaksud adalah seperti brokoli, bayam, daun katuk, dan daun jinten. Ibu menyusui sangat dianjurkan untuk makan sayuran hijau minimal 1-2 porsi dalam setiap harinya.

Sayuran hijau juga memiliki kandungan senyawa fitoestrogen atau mirip dengan hormon estrogen. Senyawa fitoestrogen baik dalam upaya mendukung produksi ASI agar lebih banyak dan berkualitas. Sayuran selain baik untuk pencernaan juga bernutrisi bagi buah hati.

3. Kacang-kacangan

Seperti halnya kacang merah atau jenis kacang-kacangan yang lain sangat baik untuk memperbanyak kandungan ASI. Jenis kacang-kacangan lain yang baik yaitu kacang kenari dan kacang almond, jenis makanan ini sangat baik untuk menambah ASI. Selain mengandung serat, kacang-kacangan juga mengandung protein, kalsium dan zat besi yang berguna untuk menambah ASI.

4. Biji-bijian

Biji-bijian memiliki khasiat yang baik dan sebagai makanan untuk memperbanyak ASI. Seperti wijen, biji rami, biji adas dan biji chia, biji-bijian jenis ini mengandung senyawa fitoestrogen yang berguna meningkatkan produksi dan kualitas ASI.

Biji-bijian memiliki kandungan Vitamin C khususnya biji adas, biji adas memberikan efek penyegaran mulut dan baik untuk pencernaan. Ahli medis juga berpendapat bahwa biji ada dapat membantu kolik pada bayi. Banyak ibu yang telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi biji adas dapat membantu memperbanyak ASI.

5. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini diyakini memiliki khasiat yang baik untuk ibu menyusui. Sebuah penelitian menunjukan bahwa apabila ibu menyusui mengkonsumsi bawang putih maka bayi akan menyusu lebih lama. Bawang putih maupun bawang merah atau juga bawang bombay akan membuat rasa ASI lebih enak.

Semakin bayi menyusu lebih lama dan lebih sering maka akan meningkatkan produksi ASI. Namun ada pula yang mengatakan bahwa mengkonsumsi bawang putih akan menyebabkan bayi mengalami kolik. Namun, hal demikian belum didukung dengan adanya penelitian atau bukti kuat dan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Makanan diatas merupakan makanan untuk memperbanyak ASI dan dapat dikonsumsi sehari-hari. Perlu diketahui bahwa produksi ASI juga dipengaruhi oleh kondisi fisik dan kondisi psikologis dari ibu menyusui. Oleh sebab itu, hanya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat memperbanyak ASI saja tidak cukup harus didampingi dengan kondisi yang sehat.

error: Content is protected !!