Makanan Yang Dihindari Penderita Kolesterol Karena Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Kolesterol merupakan suatu zat lemak yang memiliki peranan penting dalam tubuh manusia salah satunya yaitu menjalankan fungsi saraf dan otak. Meskipun memiliki peranan penting di dalam tubuh, namun tetap saja jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi dapat membahayakan kesehatan. Bagi penderita kolesterol, ada beberapa jenis makanan yang dihindari penderita kolesterol agar kadar kolesterol total dalam darah tidak meningkat.

Makanan Yang Dihindari Penderita Kolesterol

Makanan yang dapat memicu peningkatan kolesterol total dalam darah yaitu makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti telur dan mentega. Oleh sebab itu, penting bagi penderita kolesterol bijak dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsinya agar tidak terjadi penumpukan kolesterol di dalam tubuh. Berikut ini beberapa jenis makanan yang harus dihindari dan dibatasi konsumsinya oleh penderita kolesterol:

1. Jeroan

Bagi penderita kolesterol, jeroan seperti otak, hati, babat, usus, dan paru merupakan makanan yang harus dihindari karena didalamnya mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Misalnya saja jeroan kambing mengandung 610 mg kolesterol per 100 gram makanan yang tentu saja bisa sangat berbahaya bagi penderita kolesterol. Tingginya kandungan kolesterol yang ada dalam jeroan bisa memicu terjadinya penyakit arteri koroner.

2. Telur

Telur ayam dan telur burung puyuh merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol karena mengandung 500-3640 mg kolesterol per 100 gram makanan. Bahkan kuning telur ayamnya saja mengandung 2000 mg kolesterol per 100 gram dengan kandungan lemak total sebesar 27 gram. Oleh sebab itu, penderita kolesterol harus menghindari telur sebagai sumber protein dan menggantinya dengan tahu atau tempe.

3. Makanan Laut

Cumi-cumi, udang, kerang, kepiting, dan belut merupakan makanan laut yang mengandung kolesterol cukup tinggi berkisar 150-1170 mg per 100 gram makanan. Karena dapat meningkatkan kolesterol dalam darah, makanan laut tersebut menjadi makanan yang dihindari penderita kolesterol. Setelah mengkonsumsi makanan dengan tinggi kolesterol, penderita biasanya mengalami sakit kepala, vertigo, sendi terasa sakit, dan kaki yang terkadang membengkak.

4. Daging

Selain jeroan dan makanan laut, penderita kolesterol juga harus menghindari daging sapi, daging kambing, dan daging babi berlemak. Meskipun kadar kolesterol yang terkandung di dalam daging tersebut tidak lebih tinggi dari jeroan, namun tetap saja penderita kolesterol tetap harus berhati-hati. Karena kandungan kolesterol daging berkisar 100-130 mg per 100 gram, penderita kolesterol boleh mengkonsumsinya sekali-kali.

5. Mentega

Perlu diketahui bahwa kolesterol tidak hanya berasal dari lemak hewani namun juga bisa berasal dari lemak nabati seperti mentega. Mentega mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi dan kandungan kolesterol di dalamnya mencapai 300 mg per 100 gram makanan. Lemak jenuh bisa menaikkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga risiko terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2 meningkat.

6. Susu

Susu sapi dan susu kambing merupakan minuman yang mengandung lemak jenuh berkisar 5 gram dan kolesterol sebesar 24 mg. Tingginya kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam susu menyebabkan minuman ini harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi. Pilihlah susu yang aman dikonsumsi seperti susu kedelai, susu almond, atau susu sapi non fat agar kolesterol dalam darah tidak melonjak.

Baca juga: tanda tanda kolesterol tinggi

7. Gorengan

Makanan yang digoreng merupakan makanan yang wajib dan harus dihindari karena secara cepat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Biasanya makanan yang digoreng baik itu dengan minyak atau margarin mengandung lemak jenuh yang secara tidak langsung dapat membahayakan kesehatan. Mengingat bahayanya makanan yang digoreng menyebabkan penderita kolesterol disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang direbus atau dikukus agar lebih sehat.

Demikianlah informasi mengenai makanan yang dihindari penderita kolesterol agar kadar kolesterol dalam darah tidak meningkat drastis. Makanan yang dapat memicu peningkatan kolesterol total dalam darah yaitu makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti telur dan mentega. Bijaklah dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi agar kolesterol dalam darah tidak meningkat dan meminimalisir terjadinya penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.


Selain jalani pola hidup sehat Anda bisa cegah penyakit diabetes dan kolesterol dengan dr laser.

error: Content is protected !!
Tim Kami hadir untuk menjawab pertanyaan Anda perihal konsultasi dan pemesanan Jam Tangan Dr Laser.