Apa Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh? ini Penjelasannya

Apa fungsi karbohidrat bagi tubuh mungkin menjadi pertanyaan yang sering Anda dengar. Apalagi, sekarang beberapa orang menganggap karbo sebagai sebuah nutrisi yang harus dihindari, terutama bagi mereka yang sedang melakukan diet. Padahal, ada berbagai macam fungsi dari zat gizi ini untuk tubuh dan dibutuhkan sebagai penunjang aktivitas sehari-hari.

Apa fungsi karbohidrat bagi tubuh

Tubuh bukan hanya memerlukan lemak dan protein. Karbo menjadi zat gizi utama di sajian makanan yang sangat diperlukan tubuh. Bahkan, semua pola makan yang sehat memberikan saran memasukkan kombinasi dari ketiganya. Apalagi, nasi menjadi makanan pokok orang Indonesia. Walaupun demikian, sumber karbo bukan hanya harus mengandalkan nasi.

Dari sebuah penelitian, tubuh lebih baik memperoleh 45 hingga 65 persen kalori yang berasal dari karbo, kemudian kurang lebih 35 persen dari lemak dan 20 persen dari protein. Sayangnya, kelebihan karbo juga sering terjadi tanpa kita sadari.

Apa Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh

Fungsi karbo yang pertama ialah sebagai sumber energi yang utama. Energi kita butuhkan untuk bernapas sampai melakukan berbagai macam aktivitas tubuh secara intens seperti berjalan. Karbo bahkan menjadi sebuah nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil. Ketika proses pencernaan berlangsung, karbo akan dipecah menjadi gula.

Setelah diubah menjadi gula, karbo akan diserap pada saluran cerna kemudian masuk di dalam aliran darah. Gula tersebut dikenal dengan nama glukosa. Dengan bantuan insulin, gula nantinya masuk di dalm sel tubuh. Bila glukosa yang dibutuhkan berlebihan, glukosa akan disimpan dalam hati serta otot, jika benar-benar tidak digunakan, glukosa ini akan diubah menjadi lemak.

Kedua, karbo berfungsi sebagai pambatasan asupan kalori. Bila masih bertanya apa fungsi karbohidrat bagi tubuh, jawabannya adalah untuk membatasi kalori. Menurut sebuah bukti ilmiah, kandungan serat tinggi di dalam makanan yang memiliki kandungan karbo kompleks bisa memperpanjang rasa kenyang.

Selain itu, jika dibandingkan dengan lemak, karbo memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit, di dalam 1 gram lemak memiliki 9 kandungan kalori namun di dalam 1 gram karbo memiliki kandungan 4 kalori. Ketiga, karbo sebagai penentu indeks glikemik.

Indeks glikemik merupakan patokan untuk menilai cepat atau tidaknya gula makanan terserap dalam tubuh. Bila indeks glikemiknya tinggi. makanan akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. tetapi jika indeks glikemik yang dimiliki rendah, nantinya tidak akan membuat gula menjadi lekas naik.

Terakhir, dapat menurunkan risiko beberapa penyakit. Berdasarkan penelitian, sumber karbo yang berasal dari biji-bijian diduga dapat menekan risiko penyakit seperti jantung, diabetes, obesitas serta menjaga kondisi kesehatan pencernaan. sumber karbo yang kaya serat ini sangat dibutuhkan tubuh.

Baca juga: akibat gula darah tinggi

Berbagai Sumber Karbohidrat yang Bisa Dipilih

Ada berbagai macam sumber makanan yang masuk ke dalam jenis karbo baik yang cepat diserat oleh tubuh dan lambat diserap oleh tubuh. Setelah mengenal apa fungsi karbohidrat bagi tubuh, Anda juga harus mengenal sumber makanan dari zat gizi ini.

Pertama, jagung. Jagung yang berada dalam bentuk alami sebenarnya kaya kandungan vitamin C, antioksidan, serat serta zeaxanthin. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengolah jagung dengan cara direbus. Agar memperoleh manfaat yang maksimal, hindari mengolah jagung dengan menggunakan pemanis tambahan.

Kedua, kentang. Kentang memiliki kandungan kalium serta vitamin C. Di dalam kentang juga terdapat 4 gram serat bila dikonsumsi bersama dengan kulit. Bukan hanya disajikan dalam bentuk kentang tumbuk, Anda juga dapat mengkonsumsi kentang dengan cara di iris kotak kecil kemudian lumuri zaitun, panggang sampai matang.

Ketiga, kacang merah. Kacang merah merupakan makanan yang tinggi kandungan karbohidrat, vitamin, protein dan mineral. Kandungan karbohidrat dari kacang merah bahkan mencapai 22%, tentu jumlah yang sangat tinggi. Tetapi, hati-hati ketika mengkonsumsi kacang merah yang masih mentah karena berpotensi menyebabkan keracunan.

Keempat, kacang polong. Kacang polong merupakan sumber antioksidan, serat dan antiradang. Kacang polong juga memiliki kandungan coumestrol, sehingga bisa melindungi tubuh kita dari serangan kanker perut. Anda dapat memasukkan kacang polong ke dalam sup atau salad.

Setelah mengetahui berbagai macam makanan di atas memiliki kandungan karbo, Anda dapat menjadikan makanan di atas sebagai pengganti nasi putih. Asupan karbohidrat yang baik bagi tubuh diharapkan dapat mendukung kesehatan. Mengingat apa fungsi karbohidrat bagi tubuh yang sangat penting, sehingga Anda tidak boleh menghindarinya.


Selain jalani pola hidup sehat Anda bisa cegah berbagai penyakit berbahaya dengan dr laser.

error: Content is protected !!
Tim Kami hadir untuk menjawab pertanyaan Anda perihal konsultasi dan pemesanan Jam Tangan Dr Laser.