Jantung Disebut Organ Karena Apa? Beginilah Penjelasannya

Jantung disebut organ karena memiliki fungsi bagi manusia. Jantung itu sendiri merupakan komponen penting bagi berlangsungnya hidup. Fungsi dari jantung sendiri adalah untuk memompa darah berisi oksigen dan mengedarkannya keseluruh tubuh. Hal tersebut berbahaya apabila sudah tidak berfungsi, maka kemungkinan besar bisa menyebabkan kematian.

Jantung disebut organ karena

Walaupun begitu komponen lainnya juga sama-sama pentingnya. Sehingga satu organ dengan organ lainnya. Sehingga apabila salah satunya tidak berfungsi maka akan menyebabkan masalah lain. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk terus hidup sehat dan tidak melakukan hal-hal yang dapat mempengaruhi kesehatan. Melakukan olahraga secara teratur.

Untuk bisa menambah dan melatih kekuatan jantung tentunya dengan berolahraga secara teratur. Olahraga yang sembarangan dan terlalu berat belum tentu bagus apabila tidak dilakukan secara teratur bisa menyebabkan masalah lain. Jantung merupakan komponen penting dalam menyuplai oksigen ke seluruh tubuh, sehingga tubuh tidak kekurangan oksigen.

Oksigen yang mampu menyebar ke seluruh tubuh akan berakibat tubuh lebih segar dan tidak mudah mengantuk. Oksigen juga bisa didapatkan dari minuman seperti air putih. Jantung disebut organ karena memiliki fungsi dalam menyuplai oksigen dan juga membawa darah kotor dari seluruh tubuh kembali ke jantungnya.

Tips untuk Merawat Kesehatan Jantung

Tidak dipungkiri bahwa saat ini sangat sering melihat makanan-makanan cepat saji. Sehingga beberapa orang belum memikirkan akibat dari kebanyakan makan makanan tersebut. Padahal perilaku tidak sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantungnya. Apalagi jika Anda tidak dibarengi dengan berolahraga sehingga oksigen dalam tubuh sedikit.

Jantung disebut organ karena fungsinya sangat penting bagi tubuh. Apabila tidak dijaga dengan baik maka masalah kesehatan lain bisa muncul. Seperti mudah terkena palpitasi, sesak nafas atau masalah lain. Sehingga jangan terlalu mengambaikan masalah jantung. Bahkan dengan hidup tidak teratur kurang istirahat juga sangat berbahaya.

Kardiovaskuler merupakan istilah lain dari sistem kerja jantung. Orang yang sering berolahraga dan makan makanan bergizi akan memiliki sistem kardiovaskuler baik. Sehingga sistem organ juga tetap lancar tidak ada kendala. Apabila kardiovaskuler buruk maka dampaknya bisa keseluruh tubuh dan menganggu kinerja organ lainnya.

Kemudian jangan pernah merokok. Sudah tersedia dalam bungkus bahwa merokok sangat berbahaya, bukan hanya berdampak pada paru-paru tetapi juga berdampak pada jantungnya sendiri. Apabila paru-paru rusak maka darah juga akan kekurangan oksigen sehingga menyebabkan sistem kardiovaskuler buruk. Bahkan dapat menyebabkan kematian pada penggunanya sendiri.

Minum air putih dan hindari begadang. Jantung disebut organ karena memang fungsinya dalam mengedarkan oksigen keseluruh tubuh. Akan tetapi, bukan hanya melalui udara, oksigen bisa terdapat dalam air putih. Kemudian manfaat menghindari begadang adalah agar saat malam hari fungsi jantungnya lebih santai karena tubuh beristirahat.

Baca juga: cara kerja otot jantung

Beberapa Penyakit Kardiovaskuler yang Dapat Terjadi

Kemudian untuk penyakit kardiovaskuler sangat beragam dan sering terjadi khususnya yang sudah berumur 30 tahun keatas. Di umur tersebut sangat rentan terjadi masalah kesehatan terutama kardiovaskuler. Namun, bukan berarti semua orang bisa terkena penyakit tersebut. Asalkan saat muda sering berolahraga maka tidak akan mengalaminya.

Penyakit-penyakit tersebut antara lain:

  1. Serangan Jantung

Untuk penyakit pertama ini mungkin sangat banyak yang mengalaminya. Padahal gejalanya terkadang tidak terlihat sehingga sering tidak terdeteksi apabila tidak melakukan pemeriksaan ke dokter. Karena gejalanya tidak terlalu terlihat secara signifikan. Sehingga sangat sulit dibedakan dengan penyakit biasanya yaitu nyeri hebat daerah dada.

  1. Aritmia

Kemudian aritmia, penyakit aritmia pada sistem kardiovaskuler juga sering terjadi. Penyakit ini berkaitan dengan ritme atau irama jantung yang dapat berubah ubah. Sehingga iramanya tersebut tidak bisa teratur. Oleh sebab itu, jantung akhirnya tidak dapat memaksimalkan memompa jantung ke seluruh tubuh.

  1. Jantung coroner

Kemudian penyakit jantung coroner. Masalah jantungnya ini disebabkan karena adanya penyempitan pada pembuluh darah arteri. Kebanyakan dikarenakan kolesterol tinggi dan akhirnya menjadi masalah penyakit jantung coroner yang sangat berbahaya.

Dengan demikian, Anda harus bisa menjaga kesehatan jantungnya dengan baik agar tidak menjadi masalah penyakit serius. Lakukan olahraga minimal 2x dalam seminggu dan harus tetap menjaga pola makan dan istirahat. Jantung disebut organ karena fungsinya untuk menyuplai oksigen yang dibawa oleh darah ke seluruh tubuh.


Selain jalani pola hidup sehat Anda bisa cegah penyakit jantung dengan dr laser.

error: Content is protected !!