Gejala Awal Penyakit Lupus Yang Patut Diwaspadai

Penyakit lupus merupakan penyakit autoimun yang disebabkan akibat tubuh memproduksi antibodi yang berlebihan sehingga menyerang jaringan tubuh dari berbagai organ. Apabila organ tersebut mengalami kerusakan biasanya akan mengalami berbagai keluhan. Salah satu gejala awal penyakit lupus yaitu apabila seseorang mengalami demam yang cukup lama tanpa adanya penyebab yang jelas.

Gejala Awal Penyakit Lupus

Sebagian besar penyakit lupus terjadi pada anak yang memasuki masa pubertas atau sekitar usia 9-15 tahun. Penyakit lupus biasanya terjadi karena adanya beberapa faktor utama seperti genetik, hormon, lingkungan serta obat-obatan. Namun setiap penderita yang mengalami penyakit lupus memiliki gejala yang berbeda. Berikut merupakan gejala awal yang mungkin terjadi :

1. Rambut Rontok

Apabila anak mengalami gejala seperti rambut rontok lebih dari 100 helai dalam sehari maka patut untuk dicurigai. Para orang tua harap untuk waspada karena kemungkinan adanya penyakit lupus pada anak tersebut. Mengetahui gejala awal akan lebih memudahkan dalam melakukan pengobatan penyakit lupus.

2. Sesak Napas dan Nyeri Dada

Penyakit lupus bisa menyerang organ paru-paru dan juga jantung sehingga seseorang yang mengalami penyakit ini biasanya mengeluhkan nyeri dada. Tidak jarang penderita penyakit lupus juga memiliki gejala awal sesak napas.

3. Bengkak Pada Kelopak Mata

Gejala lain yang bisa ditimbulkan akibat penyakit lupus yaitu bengkak yang berada di kelopak mata dan tungkai bawah. Gejala ini biasanya juga disertai dengan buang air kecil secara berlebihan. Apabila seseorang mengalami gejala seperti itu, para orang tua untuk dapat mewaspadai karena bisa terjadi kelainan ginjal akibat penyakit lupus.

4. Nyeri Pada Persendian

Apabila anak memiliki gejala nyeri sendi dan mengalami bengkak di persendian, para orang tua patut curiga. Biasanya nyeri yang timbul berada di sekitar siku dan lutut, nyeri yang ditimbulkan terasa menyengat dan terjadi selama berhari-hari.

5. Demam Berkepanjangan

Para penderita penyakit lupus memiliki keluhan seperti demam ringan yang hilang namun timbul kembali dan gejala tersebut berlangsung lama. Biasanya gejala demam ini berlangsung selama berminggu-minggu bahkan hingga berbulan-bulan dan tidak diketahui penyebabnya.

Pada sebagian orang demam dianggap sepele karena mungkin hanya penyakit biasa. Gejala demam ringan akan menjadi gejala serius seperti peradangan, infeksi dan gejala yang lebih lanjut.

6. Lebih Mudah Letih

Anak yang biasanya memiliki karakter aktif dan cakap dalam berinteraksi namun tiba-tiba menjadi tidak aktif atau malas dalam beraktivitas. Kemungkinan itu merupakan gejala bahwa anak tersebut mengalami atau memiliki penyakit lupus.

Ada beberapa tingkat kelelahan pada penderita penyakit lupus seperti tidur siang hingga sore hari biasanya dapat membantu sebagian orang. Namun  tidur terlalu lama di siang hari juga dapat menyebabkan insomnia sepanjang malam. Apabila mengalami kelelahan yang sangat melemahkan alangkah baiknya untuk patut di curigai dan segera berkonsultasi kepada dokter.

7. Ruam atau Bercak Pada Kulit

Ruam yang menjadi gejala penyakit lupus ditandai seperti sayap kupu-kupu. Bercak ruam muncul disekitar wajah dan sering disebut dengan sebutan butterfly rash (bercak nalar). Tanda penyakit lupus yang lainnya yaitu ruam yang berbentuk bulat-bulat yang terjadi disekitar leher, batang tubuh, tungkai dan lengan.

Ketujuh tanda diatas merupakan sebagian gejala awal penyakit lupus apabila gejala tersebut tidak kunjung mereda. Alangkah lebih baik untuk segera berkonsultasi kepada dokter karena penyakit lupus apabila tidak ditangani lebih lanjut akan berdampak serius. Selain itu, akan mengganggu aktivitas sehari-hari serta mengalami perubahan karakter secara tiba-tiba.

error: Content is protected !!