Gambar Jantung dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Gambar jantung dan fungsinya harus Anda ketahui karena merupakan komponen penting dalam sebuah kehidupan. Apabila Anda memiliki masalah mengenai jantung tentu saja akan mempengaruhi fungsi jantungnya sendiri. Oleh sebab itu, jika merasakan gejala atau nyeri daerah dada segera memeriksakan diri ke dokter apalagi berlangsung lama.

Gambar jantung beserta fungsinya

Gambar jantung seperti halnya jantungnya ayam. Tetapi pada manusia memiliki fungsi yang cukup penting. Jantung atau cardio yaitu merupakan organ yang berfungsi untuk menyuplai oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh tidak akan kekurangan jumlah oksigen, disaat memompa jantung akan berdenyut dan menimbulkan detakkan.

Fungsi jantungnya secara umum adalah organ dalam tubuh kemudian memompa darah yang berisi oksigen dan kembali lagi kejantung seusai dibersihkan oleh paru-paru. Sehingga suplai darah yang berisi oksigen akan bergulir menuju organ-organ lain dalam tubuh. Apabila ada masalah paru-paru maka kinerja jantung juga akan terhambat.

Gambar jantung dan fungsinya tersebut berjalan dengan lancar maka sangat penting untuk manusia mendapatkan oksigen dengan baik. Apabila Anda menghirup oksigen dengan racun juga akan berakibat pada tubuh. Karena racunnya tersebut bisa bercampur dalam darah sehingga mempengaruhi kinerja seluruh organ tubuh.

Struktur Anatomi dari Jantung yang Cukup Kompleks

Gambar jantung dan fungsinya pasti memiliki struktur anatomi. Anatomi milik cardio cukup kompleks sehingga sangat mendukung dalam menjalankan fungsinya. Jantung memiliki otot yang disebut lurik. Otot ini sangat penting dalam atrium kanan dan kiri, kemudian vertikel kiri dan kanan. Fungsinya juga berbeda satu sama lainnya.

Pada dinding vertikel sebelah kiri lebih tebal dibandingkan yang kanan karena pada daerah kiri membutuhkan kekuatan besar untuk memompa darah menuju ke seluruh tubuh. Kemudian untuk atrium kanan maupun kiri disekat oleh septum atrioreum. Sekat tersebut tertutup namun pada embrio masih ada lubang.

Lubang tersebut dinamakan foramen ovale. Sedangkan untuk sekat atrium dan juga ventrikel dinamakan sebagai septum atrioventrikularis. Selain memiliki sekat antara satu sama lain, jantung juga memiliki katup yang dinamakan valvula. Katup tersebut akan membuka dan menutup sesuai secara otomatis. Katup tersebut memiliki fungsi penting.

Gambar jantung dan fungsinya juga anatominya harus Anda ketahui agar bisa menambah wawasan. Apabila cardio memiliki kelainan pada anatominya maka akan berakibat pada fungsi jantungnya. Sehingga orang yang memiliki kelainan tersebut sangat rentan terjadi kematian. Sehingga penting untuk langsung memeriksa diri ke dokter.

Untuk struktur otot lurik ini bercabang-cabang. Kemudian pergerakan secara otomatis tidak dapat diperintah atau diatur oleh otak. Kemudian jantung juga memiliki auorta atau disebut juga pembuluh darah besar. Fungsi dari pembuluh darah ini adalah untuk membawa darah berisi oksigen yang berasal dari ventrikel kiri.

Masalah Kelainan yang ada Pada Jantung

Jantung Juga memiliki masalah Lain yaitu kelainan pada katup. Kelainan ini sangat bahaya apabila tidak segera diatasi oleh dokter. Kelainan tersebut terjadi secara genetic sehingga bisa mengakibatkan kebocoran pada cardio. Kelainan katup sudah ada sejak lahir. Sehingga apabila sudah ada tanda dan gejalanya segera kedokter.

Faktor resiko kelainan ini yaitu pada umur sekitar 40 tahun keatas, penyakit bisa menjadi lebih parah dan berbahaya. Karena sejak lahir belum terlalu terlihat jelas gejalanya maka dapat berlanjut hingga anak dewasa. Usia tua mengakibatkan katub mengalami penebalan dan relative kaku, sehingga sulit untuk dioperasi.

Gejala yang timbul bisa sangat beragam yaitu sesak nafas kemudian juga mengalami kesulitan bernafas. Sehingga hal itu dapat menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan lemas. Gejala berikutnya adalah rasa tidak nyaman pada daerah dada. Apalagi pada suhu rendah maka rasanya akan semakin berat.

Kemudian adanya pembengkakan pada daerah perut dan juga pergelangan kaki. Kemudian berat badan juga bertambah dengan cepat. gejala-gejala tersebut merupakan kelainan katup pada jantung. Jika Anda mengalami gejala tersebut maka segara untuk memeriksakan diri ke dokter. Supaya bisa dilakukan pertolongan secepatnya.

Orang yang memiliki penyakit katup maka fungsi dari jantungnya sendiri tidak akan bisa normal apabila tidak segera ditangani. Dokter akan memberi obat supaya tidak menjadi parah. Lakukan diet sehat dan berolahraga dengan semestinya. Gambar jantung dan fungsinya akan berjalan lancar apabila tidak ada kelainan.


Cegah stroke, kolesterol, dan penyakit jantung dengan dr laser.

error: Content is protected !!