Fungsi Bilik Kiri Jantung Bagi Tubuh Seseorang

Fungsi bilik kiri jantung sangat besar bagi tubuh seseorang. Namun, keberadaannya sendiri tidak akan berefek apabila tempat lain tidak diperhatikan. Tubuh manusia sendiri merupakan sesuatu yang sangat kompleks. Keberadaannya satu sama lain saling terkait. Jika satu tempat mengalami kerusakan, tempat lain akan ikut bermasalah.

Fungsi bilik kiri jantung

Ini jelas terlihat dan harus disadari seseorang. Sebagai contoh nyata, seseorang bisa melihat penyakit HIV. Penyakit HIV adalah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seseorang. Jika sudah terkena virus tersebut, seseorang tidak akan memiliki kemampuan untuk mencegah virus lain masuk. Ini jelas menjadi masalah.

Tidak adanya sistem kekebalan tubuh membuat badan seseorang mulai dari jantung, paru-paru dan organ lain berpotensi lebih rentan terkena penyakit. Jika melihat pada studi kasus, kebanyakan penderita HIV meninggal karena beberapa penyakit lain. Oleh sebab itu, menjaga seluruh bagian tubuh sangat penting.

Disini, dapat dikatakan bilik kiri pada jantung juga memiliki peran sangat vital. Jika fungsinya tidak optimal, badan seseorang tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu pemahaman mengenai fungsi bilik kiri jantung sangat diperlukan. Dengan diketahuinya fungsi tersebut, seseorang bisa memiliki kepedulian lebih tinggi.

Keberadaannya Sangat Vital Bagi Tubuh Seseorang

Bilik kiri jantung memiliki fungsi sangat vital bagi tubuh seseorang. Jika dilihat dari fungsi utama, bagian ini dapat disebut sebagai distributor utama darah. Keberadaannya bukan untuk melakukan pengolahan terhadap darah. Namun, bilik kiri akan mendistribusikan darah tersebut ke seluruh bagian tubuh.

Dengan adanya distribusi dari bilik kiri, setiap organ di tubuh seseorang bisa bekerja secara optimal. Bayangkan jika fungsi bilik kiri jantung tidak berfungsi secara optimal. Jika hal ini terjadi, organ-organ di tubuh akan mengalami masalah. Hal tersebut bisa membuat seseorang tidak bisa bergerak sebebas sekarang.

Posisi bilik kiri sendiri tepat di bawah serambi kiri. Namun keduanya tidak menempel. Terdapat katup mitral yang berfungsi sebagai pemisah. Ketebalannya juga berbeda dengan bagian lain. Bilik kiri merupakan bagian paling tebal dibandingkan bagian lain pada jantung. Fungsi bilik kiri sendiri bisa terganggu oleh beberapa hal.

Hal pertama adalah tekanan darah yang terlalu tinggi. Jika ini terjadi, otot-otot yang berada disana akan mengalami pengerasan. Ini tentu berbahaya bagi tubuh. ketika ototnya mengeras, beban kerjanya akan semakin meningkat. Jika terjadi dalam waktu lama, hal ini bisa membuat suplai darah tidak dilakukan secara optimal.

Jantung Sebenarnya Terbagi Menjadi 4 Bagian

Jantung sendiri terbagi menjadi empat bagian. Selain fungsi bilik kiri jantung yang sangat besar, bagian lain juga memiliki fungsinya sendiri. Tentu, keempatnya saling berpaut sehingga satu bagian yang bermasalah dapat menyebabkan jantung tidak bisa bergerak secara optimal. Bagian lain pertama adalah serambi kanan.

Ini adalah penerima darah kotor dari seluruh tubuh. nantinya serambi kanan akan meneruskan bagian kotor tersebut ke bilik kanan. Bilik kanan sendiri adalah bagian selanjutnya dari jantung. Disini, darah kotor dari serambi kanan akan diterima dan diteruskan ke paru-paru untuk mendapatkan oksigen sehingga kembali bersih.

Ketika paru-paru sudah membersihkan darah, paru-paru akan meneruskannya ke bagian selanjutnya. Bagian selanjutnya adalah serambi kiri. Serambi kiri jugalah yang memberikan suplai darah ke bilik kiri. Dari sini, barulah darah bersih tersebut akan dikirim menuju seluruh bagian tubuh. Setelah digunakan tubuh, darah akhirnya akan dikembalikan ke bilik kanan.

Baca juga: sistem peredaran darah jantung

Bilik Kiri Tidak Bisa Bekerja Tanpa Pembuluh Vena

Jika melihat di atas, fungsi bilik kiri jantung memang sangat besar. Namun dapat disimpulkan, fungsinya tidak akan bisa optimal apabila tidak ada pembuluh vena. Pembuluh vena sendiri adalah salah satu bagian pada tubuh seseorang. Pembuluh vena memiliki memiliki fungsi utama untuk memberikan suplai darah bersih ke jantung.

Jantung memiliki otot untuk bisa bergerak optimal. Apabila suplai darah tidak didapat, otot tersebut tidak akan bisa berfungsi. Dengan ini, pompa darah juga tidak akan bisa dilakukan. Oleh sebab itu, pembuluh vena adalah bagian penting pada jantung yang tidak boleh terlewatkan.

Pastikan untuk memahami setiap bagian tubuh dengan baik. Jika pemahaman akan tubuh dirasa kurang, akan lebih baik jika melakukan cek kesehatan secara rutin. Peduli pada diri sendiri merupakan hal yang sangat bermanfaat. Kepedulian tersebut bisa dimulai dari mengetahui fungsi bilik kiri jantung.


Selain jalani pola hidup sehat Anda bisa cegah penyakit jantung dengan dr laser.

error: Content is protected !!