Manfaat Daun Sirsak Untuk Darah Tinggi Yang Wajib Untuk Diketahui

Hipertensi atau darah tinggi merupakan keadaan tekanan darah yang meningkat secara abnormal dimana tekanan darah sistolik/diastoliknya melebihi 140/90 mmHg. Untuk meringankan gejalanya, penderita hipertensi dapat melakukan pengobatan secara non-farmakologis dengan penggunaan bahan herbal seperti daun sirsak. Hal ini dikarenakan manfaat daun sirsak untuk darah tinggi yaitu menurunkan tekanan darah karena kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

manfaat daun sirsak untuk darah tinggi

Selain antioksidan, daun sirsak juga mengandung senyawa mono tetrahydrofuran acetogenin, vitamin, kalsium, fosfor, tanin, dan fitosterol yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Karena senyawa yang terkandung di dalamnya, tidak mengherankan apabila daun sirsak digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut ini beberapa manfaat daun sirsak yang dapat digunakan sebagai pengobatan non-farmakologis oleh penderita hipertensi.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Senyawa acetogenin, antioksidan, ion kalium, flavonoid, dan vitamin C yang terkandung dalam daun sirsak secara alami mampu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan senyawa tersebut memiliki aktivitas sitotoksik yang dapat membunuh racun dan menangkal radikal bebas sehingga tekanan darah menurun. Dengan rutin mengkonsumsi rebusan daun sirsak setiap harinya, tekanan darah penderita hipertensi akan kembali normal (120/80 mmHg).

2. Menyebabkan Pelebaran Pembuluh Darah

Selain faktor genetik dan lingkungan, hipertensi juga bisa disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah mengalami kenaikan. Salah satu hal yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yaitu konsumsi kopi berlebih yang membuat darah menjadi pekat akibat peningkatan kadar kolesterol. Kandungan antioksidan dan ion kalium di dalam daun sirsak dapat membuat pembuluh darah melebar sehingga tekanan darah kembali normal.

3. Meningkatkan Pengeluaran Natrium

Manfaat daun sirsak untuk darah tinggi yaitu meningkatkan pengeluaran natrium dalam tubuh sehingga tekanan darah tidak lagi mengalami peningkatan. Jika tubuh kelebihan kadar natrium, kerja jantung akan meningkat dan pembuluh darah ikut tertekan karena menerima limpahan darah kental dalam jumlah besar. Meningkatnya pengeluaran natrium dalam tubuh setelah mengkonsumsi rebusan daun sirsak disebabkan oleh ion kalium yang terkandung di dalamnya.

4. Menangkal Radikal Bebas

Radiasi, asap rokok dan asap kendaraan merupakan contoh sumber radikal bebas yang bisa memicu berbagai penyakit seperti halnya darah tinggi. Jika konsentrasi antioksidan dalam tubuh lebih sedikit dibandingkan radikal bebas yang ada, lipid dan protein sel akan mengalami kerusakan. Mengkonsumsi rebusan 5 sampai 7 lembar daun sirsak kering setiap harinya dapat menangkal radikal bebas dan menurunkan tekanan darah.

5. Meningkatkan Kecepatan Filtrasi Glomerulus

Bagian ginjal yang berfungsi untuk membuang cairan serta elektrolit  yang berlebih di dalam tubuh melalui urin yaitu glomerulus. Kandungan flavonoid yang terdapat dalam daun sirsak diduga bisa mempengaruhi kecepatan filtrasi glomerulus sehingga proses urinasi (pengeluaran urin ke luar tubuh) mengalami peningkatan. Tentu saja meningkatnya proses urinasi ini sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi karena bisa menormalkan tekanan darah.

6. Menyebabkan Relaksasi Jantung

Hipertensi dapat menyebabkan penyakit jantung koroner karena otot-otot jantung mengalami penebalan dan kekakuan yang membuatnya kesulitan memompa darah. Ketika penderita hipertensi mengkonsumsi rebusan daun sirsak, jantung akan mengalami relaksasi dan frekuensi denyut jantung menjadi lambat sehingga kekakuan dapat diatasi. Kandungan ion kalium yang ada di dalam daun sirsak terbukti bisa menyebabkan relaksasi otot jantung sehingga tekanan darah menurun.

Itulah beberapa manfaat daun sirsak untuk darah tinggi yang wajib diketahui karena dapat digunakan sebagai pengobatan non-farmakologis. Daun sirsak mengandung senyawa mono tetrahydrofuran acetogenin, antioksidan, vitamin, kalsium, fosfor, tanin, dan fitosterol yang berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Ketika digunakan sebagai obat herbal, ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi daun sirsak melebihi dosis minimal yang telah dianjurkan.


Ingin mencegah penyakit darah tinggi sekaligus mencegah penyakit berbahaya lainnya gunakan: jam terapi dr laser.

error: Content is protected !!