5 Manfaat Daun Sirih Untuk Keputihan Yang Luar Biasa

Keputihan menjadi masalah yang sering dialami oleh sebagian besar perempuan. Keputihan yang berlebih biasanya ditandai dengan keadaan gatal-gatal pada organ intim, adanya ruam, dan timbulnya bau menyengat. Jika hal ini terjadi, maka penyebabnya yaitu adanya bakteri ataupun jamur yang berkembang di organ intim. Berikut ini manfaat daun sirih untuk keputihan:

Manfaat Daun Sirih Untuk Keputihan

1. Mengandung Anti Jamur yang Bermanfaat

Eugenol merupakan salah satu senyawa kimia yang ada di dalam daun sirih. Senyawa ini memiliki sifat antijamur. Senyawa kimia ini bisa mencegah adanya jamur Candida albicans. Jamur Candida albicans ini merupakan salah satu penyebab adanya keputihan pada perempuan.

2. Memiliki Kandungan Antibakteri

Selain adanya jamur, keputihan pada perempuan bisa juga disebabkan adanya bakteri di dalamnya. Salah satu bakteri yang dimaksud yaitu Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini bisa dicegah dengan antibakteri. Kandungan daun sirih yang ada antibakterinya, cocok untuk menangkal adanya bakteri ini.

3. Bersifat Anti Inflamasi atau Anti peradangan

Manfaat daun sirih untuk keputihan selanjutnya yaitu daun sirih bersifat anti inflamasi atau anti peradangan. Peradangan merupakan salah satu penyebab keputihan. Untuk membuat rebusan daun sirih pun sangat mudah. Siapkan tiga sampai empat lembar daun sirih. Rebus air daun sirih dan tambahkan dua gelas air. Rebus selama sepuluh sampai lima belas menit. Kemudian rebus daun sirih hingga air rebusan berubah warna dan daun yang direbus menjadi layu.

Setelah rebusan matang, saring daun sirih dan tunggu hingga suhu menjadi normal. Setelah disaring dan suhu menjadi normal, untuk menghilangkan keputihan dengan daun sirih ada beberapa cara. Ada yang dibuat minuman. yaitu dari rebusan daun sirih. Jika ingin dibuat minuman, setelah disaring, rebusan air sirih bisa langsung diminum. Untuk menghadirkan hasil yang optimal, silahkan diminum dua sampai tiga kali sehari sesuai kebutuhan.

Jika kurang suka dengan rasanya, bisa juga ditambahkan lemon yang sudah diperas. Selain untuk diminum, air rebusan sirih ada juga yang dioleskan atau dibasuhkan di area organ intim perempuan saat sedang mengalami keputihan secara langsung. Proses membasuh dilakukan dari depan ke belakang. Tidak boleh terbalik. Biasanya untuk hasil maksimal dilakukan satu atau dua kali dalam seminggu.

4. Adanya senyawa Tanin pada Daun Sirih

Polifenol yaitu kandungan yang secara alami terdapat pada tanaman. Polifenol ini bisa bermanfaat untuk tubuh. Manfaat yang dimiliki yaitu polifenol bisa melindungi tubuh dari radikal bebas.

Polifenol bertugas sebagai antioksidan di dalam tubuh seseorang. Di dalam polifenol terdapat senyawa tanin yang bisa berfungsi sebagai anti jamur. Senyawa tanin ini bisa mengurangi sekresi cairan pada area organ intim perempuan.

Baca juga: bahaya berhubungan saat menstruasi

5. Daun Sirih Memiliki Kandungan Karvakrol

Manfaat daun sirih untuk keputihan selanjutnya yaitu adanya kandungan karvakrol yang dimilikinya. Senyawa ini sangat bermanfaat untuk mengatasi keputihan karena didalamnya terdapat senyawa yang bersifat desinfektan dan bersifat antijamur. Karvakrol bisa digunakan untuk obat antiseptik bagi perempuan yang sering mengalami keputihan. Menggunakan daun sirih untuk keputihan tidak boleh berlebihan.

Cara ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Jika daun sirih diberikan secara berlebihan pada organ intim perempuan, perubahan ph akan terjadi pada organ tersebut. Hal ini menjadikan organ tersebut menjadi kering. Jika terlalu kering bisa menyebabkan adanya jamur dan bakteri yang berkembang baik. Hal ini bisa menjadikan perempuan mengalami keputihan yang sangat berlebih.

Itulah tadi 5 manfaat daun sirih untuk keputihan. Meskipun daun sirih bisa mengurangi keputihan, tetapi lebih baiknya setiap perempuan tetap mencegahnya terlebih dulu. Menjaga kebersihan celana dalam yang digunakan, menjaga pola makan, dan istirahat yang cukup.

error: Content is protected !!