Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah Berjerawat Yang Luar Biasa

Cuka apel merupakan salah satu hal yang cukup mudah ditemukan, karena memang cuka apel banyak dijual di warung maupun supermarket. Namun, tampaknya belum banyak orang yang tau tentang beberapa manfaat cuka apel untuk wajah berjerawat. Padahal, cuka apel memiliki manfaat yang tidak sedikit bagi wajah yang berjerawat terutama bagi wajah berjerawat yang membandel. Salah satu yang paling menonjol adalah kemampuannya untuk mengecilkan pori-pori.

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah Berjerawat

Tentu bukan rahasia lagi jika pori-pori yang besar merupakan salah satu sebab wajah menjadi lebih mudah berjerawat. Apalagi jika pori-pori besar itu kerap dibawa beraktivitas di luar ruang dengan intensitas yang cukup tinggi. Karena hal tersebut dapat membuat berbagai polusi, kotoran maupun radikal bebas lainnya masuk ke dalam pori. Dari sekian banyak manfaat atau khasiat yang dimiliki cuka apel, berikut ini merupakan beberapa manfaatnya untuk wajah berjerawat :

1. Mengecilkan Pori

Pori-pori yang besar dan lebar dikatakan menjadi salah satu faktor utama mudahnya wajah dihinggapi jerawat. Hal tersebut karena kotoran cenderung lebih mudah masuk pada pori-pori kulit yang besar dan lebar. Dengan mengecilnya pori maka akan mengecil pula jalan masuk untuk kotoran.

2. Menghilangkan Minyak Berlebih

Dengan mengecilnya pori sebetulnya sekaligus juga mengurangi produksi minyak oleh kulit. Sehingga secara tidak langsung membuat minyak wajah yang berlebih menjadi hilang. Tetapi di samping itu, cuka apel pun membuat kulit menjadi lebih kering sehingga pas digunakan pada jenis kulit berminyak. Karena dengan efek mengeringkan itu maka minyak menjadi tidak banyak

3. Menghilangkan Racun

Wajah yang berjerawat sebetulnya merupakan tanda awal bahwa kulit wajah mengandung racun akibat polusi dan radikal bebas. Dengan cuka apel yang memiliki kemampuan membersihkan, maka sudah pasti racun-racun yang menempel pun akan turut hilang.

4. Menyeimbangkan pH kulit

Cuka apel dikatakan memiliki kandungan pH yang amat mirip dengan pH pada lapisan kulit wajah. Penggunaannya dikatakan mampu menjadi penyeimbang pH kulit yang kurang seimbang. Hal ini pula yang menjadikan cuka apel cukup aman digunakan. Tetapi meskipun aman, untuk mendapat manfaat cuka apel untuk wajah berjerawat penggunaannya tetap dibatasi.

5. Meregenerasi Kulit

Jerawat yang telah hilang sering kali meninggalkan bekas, sehingga cukup mengganggu penampilan karena dianggap tidak sedap dipandang. Dengan kemampuan cuka apel untuk membantu regenerasi kulit lebih cepat maka bekas jerawat dapat samar bahkan hilang sepenuhnya.

6. Memudarkan Bintik Penuaan

Kulit mati tentu salah satu masalah kulit yang kerap kali ditemukan terutama di wajah. Biasanya kulit mati ini akan menjadi bintik-bintik yang tak sedap dipandang. Dengan rutin menggunakan cuka apel sesuai anjuran, maka bintik tanda penuaan dapat minimal tersamarkan.

7. Mencegah Kerutan

Seiring bertambahnya usia, tentu saja munculnya kerutan hampir tidak dapat dihindari. Tetapi dengan kandungan yang ada pada cuka apel ternyata dapat memperlambat munculnya kerutan-kerutan wajah. Dengan demikian, memiliki wajah yang tampak lebih mudah bukan lagi suatu khayalan belaka.

8. Mengencangkan Wajah

Kencangnya kulit wajah juga ternyata dapat diperoleh berkat penggunaan yang teratur dari cuka apel. Hal ini disebabkan kandungan cuka apel yang kaya akan manfaat untuk kulit, sehingga secara tidak langsung juga dapat mengencangkan kulit.

Itulah beberapa manfaat cuka apel untuk wajah berjerawat. Dengan beragamnya manfaat cuka apel di atas, tentu akan membuat anda tertarik untuk segera menggunakannya. Namun harap diingat bahwa penggunaan yang berlebihan sangat tidak disarankan, pasalnya justru dapat merusak kulit wajah. Penggunaan yang tepat hanya berkisar 3 hingga 5 kali saja dalam satu minggu.

error: Content is protected !!