Ciri Ciri Janin Sudah Masuk Panggul, Ibu Muda Wajib Tahu

Salah satu pertanda akan melahirkan adalah janin yang sudah masuk panggul. Pada umumnya, janin yang masuk pada panggul terjadi pada minggu ke 24 sampai 36 usia kehamilan atau pada saat memasuki trimester kehamilan. Namun tidak sedikit ibu yang mengalaminya saat hendak melahirkan atau beberapa jam sebelumnya. Janin yang sudah masuk panggul sendiri terdapat ciri cirinya. Adapun ciri ciri janin sudah masuk panggul adalah sebagai berikut:

Ciri Ciri Janin Sudah Masuk Panggul

1. Rasa Nyeri Pada Bagian Panggul

Bagi janin yang sudah masuk panggul, biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada bagian panggul itu sendiri. Selain janin sudah masuk panggul, rasa sakit pun diakibatkan dengan perut yang semakin besar. Selain itu, rasa sakit yang tidak tertahankan pun akan ibu rasakan karena kepala bayi akan mendorong ligamen di bagian panggul. Sehingga rasa sakit pada panggul pun tidak tertahankan.

2. Timbul Wasir

Saat janin sudah masuk panggul, tidak sedikit ibu mengalami wasir pada duburnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab kepala bayi bisa menekan saraf yang terdapat pada bagian panggul dan dubur. Maka dari itu, wasir pun sering timbul pada dubur ibu yang akan melahirkan.

3. Sering Buang Air Kecil

Selain kedua ciri ciri di atas, ciri ciri selanjutnya saat janin sudah masuk panggul adalah ibu akan sering buang air kecil. Hal tersebut dikarenakan kepala bayi bisa menekan kandung kemih saat ia mulai masuk pada area panggul. Maka tidak heran jika ibu akan sering buang air kecil. Jika sudah merasakan ingin buang air kecil, maka ibu pun harus segera mengeluarkannya dan jangan untuk menahan nahannya.

4. Sering Merasa Lapar

Sering merasa lapar menjadi salah satu ciri ciri saat janin mulai masuk pada area panggul. Hal tersebut dikarenakan janin yang sudah masuk area panggul mampu meringankan rasa mulas serta mampu meningkatkan rasa lapar. Maka tidak heran, jika janin sudah masuk panggul, ibu akan sering merasa lapar.

5. Nyeri Pada Bagian Punggung

Ciri ciri janin sudah masuk panggul yang selanjutnya adalah merasa nyeri pada bagian punggung. Posisi janin yang sudah masuk area panggul akan memberikan tekanan tambahan pada otot otot punggung bagian bawah. Hal tersebutlah yang mengakibatkan nyeri pada bagian punggung lebih intensif daripada biasanya.

6. Keluarnya Keputihan

Apabila janin sudah masuk panggul, maka leher rahim pun akan tertekan. Hal tersebut mampu menghilangkan sumbat lendir atau mukus plug yang berada pada bagian atas rahim di masa akhir kehamilan.

Mucus plug sendiri merupakan cairan tebal yang berwarna merah jambu yang seperti jeli. Saat masa kehamilan, mucus plug sendiri akan menutupi daerah rahim untuk mencegah bakteri masuk. Maka dari itu, keputihan pun akan terasa jauh lebih banyak dari biasanya.

7. Napas Akan Jauh Lebih Mudah

Dan ciri ciri janin sudah masuk panggul yang terakhir adalah napas akan jauh lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan tekanan pada diafragma akan sedikit jauh lebih berkurang. Dengan begitu, maka ibu pun akan bernapas jauh lebih mudah.

Itulah ciri ciri janin sudah masuk panggul yang bisa dirasakan oleh ibu. Dengan adanya informasi di atas, maka ibu pun sudah tidak khawatir lagi apabila mengalami hal hal di atas karena menandakan bahwa janin sudah masuk panggul dan merupakan tanda bahwa janin siap untuk keluar. Apabila ibu sudah merasakan ciri ciri di atas, maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkan kelahiran.

error: Content is protected !!