Cara Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi Bagi Pria Dan Wanita

Menjaga kesehatan dan kebersihan alat reproduksi penting dilakukan bagi wanita maupun pria. Ada beberapa cara menjaga kebersihan alat reproduksi dan biasanya dilakukan dengan langkah sederhana atau kebiasaan yang menyehatkan sehari-hari. Organ reproduksi sangat berperan penting dalam hubungan seksual, perkembangan sel telur, menstruasi sampai dengan proses persalinan bagi wanita.

Cara Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi

 

Apabila terdapat gangguan pada sistem reproduksi maka akan berdampak yang sangat vital seperti gangguan seksual hingga sulit mendapatkan keturunan. Mengingat betapa pentingnya fungsi dari organ reproduksi maka perlunya dijaga dengan baik. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan alat reproduksi baik untuk wanita maupun pria:

1. Menjaga Organ Intim Dengan Benar

Terkhusus bagi wanita, cara menjaga kebersihan alat reproduksi sangatlah penting karena apabila ada kesalahan dapat menimbulkan penumpukan bakteri dan menimbulkan infeksi. Disarankan untuk tidak mencoba produk kewanitaan yang dijual dipasaran dengan harga terjangkau namun belum mengetahui kualitas dan komposisi yang terkandung didalamnya.

Penggunaan produk seperti sabun yang memiliki kandungan alkohol, pewangi dan digunakan secara berlebihan akan mengakibatkan iritasi dan membunuh bakteri baik. Jangan lupa untuk mengganti pakaian dalam minimal 2 kali dalam sehari. Apabila alat reproduksi iritasi hal yang menakutkan akan terjadi seperti keputihan berlebihan, bahkan infeksi akut pada organ kewanitaan.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat secara teratur dan memiliki gizi seimbang agar tubuh  memiliki nutrisi sehingga dapat menunjang kesehatan alat reproduksi. Beberapa asupan yang baik untuk kesehatan alat reproduksi pria maupun wanita yaitu seperti protein, lemak sehat, zat besi dan zinc. Nutrisi itu dapat diperoleh dari buah-buahan, kacang-kacangan, susu, telur, daging, sayuran dan ikan.

Namun yang perlu dihindari adalah mengkonsumsi makanan cepat saji karena memiliki kandungan lemak jahat dan tinggi akan kolesterol. Mencukupi kebutuhan cairan setidaknya mengkonsumsi 8 gelas air dalam setiap harinya. Apabila menyukai kafein maka perlu dibatasi jangan melebihi 2 cangkir kopi setiap harinya.

3. Kelola Stress

Stress yang berlebihan akan mengganggu kesehatan dan kebersihan alat reproduksi karena akan mengalami depresi,  kecemasan hingga gangguan kesuburan bagi pria dan wanita. Apabila mengalami stres akibat pekerjaan dan permasalahan yang lainnya, coba untuk melakukan relaksasi yang membuat hati bahagia. Seperti halnya, jalan-jalan bersama keluarga atau olahraga yang dapat membantu menghilangkan stres.

4. Melakukan Kegiatan Yang Menyehatkan

Melakukan aktivitas sehari-hari yang sehat akan berpengaruh besar dalam kesehatan reproduksi. Seperti halnya untuk tidak merokok berlebihan khususnya bagi pria dan larangan bagi wanita. Bahaya merokok dapat mengganggu kualitas dan jumlah sel telur dan dapat mengganggu kesehatan rahim bagi wanita.

Menghindari alkohol, meminum alkohol secara berlebihan dan terlalu sering akan mengganggu ovulasi. Menghindari obat-obatan terlarang termasuk juga obat-obatan herbal tanpa adanya anjuran dari dokter. Hindari perilaku seks yang beresiko, hubungan yang tanpa menggunakan alat kontrasepsi dan sering berganti-ganti pasangan akan mengakibatkan penyakit menular seksual.

5. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan agar tetap ideal untuk pria dan wanita merupakan salah satu hal yang penting dilakukan dalam menjaga alat reproduksi. Berat badan yang berlebihan (obesitas) atau bahkan memiliki berat badan yang cukup rendah akan mengganggu ovulasi dan produksi hormon.

Kesuburan seorang pria dan wanita akan terganggu tidak jarang mengalami kesulitan memiliki keturunan karena permasalahan berat badan. Pentingnya menjaga sedini mungkin agar kedepannya tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan keturunan.

Menjaga kebersihan alat reproduksi dapat mencegah penyakit pada area tersebut dan memperbesar peluang untuk memiliki keturunan. Langkah diatas merupakan cara menjaga kebersihan alat reproduksi yang perlu dilakukan mulai dari sekarang. Serta tidak lupa untuk istirahat yang cukup dan memeriksakan diri ke dokter apabila memiliki gejala aneh disekitar organ reproduksi.

error: Content is protected !!