6 Cara Mengobati Usus Buntu Tanpa Operasi

Usus buntu adalah organ yang berbentuk seperti kantong kecil serta tipis yang ukurannya kurang lebih 5 sampai 10 sentimeter. Penyakit usus buntu atau bisa disebut dalam kedokteran apendiks ini yaitu suatu keadaan yang menimbulkan peradangan pada usus buntu. Saat seorang menderita usus buntu, maka orang tersebut akan merasakan perih pada perut kanan bagian dasar. Lalu bagaimana cara mengobati usus buntu tanpa operasi?

cara mengobati usus buntu tanpa operasi

Indikasi yang timbul yaitu rasa perih pada perut. Rasa perih yang dialami berawal dari pusar, kemudian bergerak ke bagian kanan dasar perut. Perih yang dialami akan terus menjadi parah kala seorang menarik nafas dalam, batuk, bersin, serta dikala bergerak. Perih ini bisa timbul secara seketika, apalagi kala sedang tidur. Langsung simak saja pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. Konsumsi Antibiotik

Antibiotik dapat digunakan secara efisien untuk menanggulangi kurang lebih 63 persen permasalahan radang usus buntu ringan tanpa membutuhkan pembedahan. Namun, untuk permasalahan yang berat sampai menimbulkan pecahnya usus buntu, wajib ditangani dengan jalan pembedahan.

2. Konsumsi Jahe

Cara mengobati usus buntu tanpa operasi selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi jahe. Kenapa jahe bisa meredakan radang usus buntu? Hal ini disebabkan karena jahe kaya akan anti-inflamasi natural yang bisa menolong kurangi peradangan serta perih perut. Jahe pula efisien buat meredakan indikasi radang usus buntu, misalnya muntah serta mual.

3. Konsumsi Bawang Putih

Sama halnya dengan jahe, bawang putih pula mempunyai isi anti inflamasi yang bisa menolong kurangi peradangan serta perih perut. Terlebih bawang putih sangat mudah ditemui karena merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan oleh banyak orang.

4. Konsumsi Makanan Kaya Akan Serat

Wasir bisa berpengaruh pada radang usus buntu. Jadi, santapan yang kaya dengan serat sangat dianjurkan. Tidak hanya itu suatu riset yang diterbitkan oleh International Journal of Food Science and Nutrition pada 2000, konsumsi serat yang rendah bisa merangsang terbentuknya usus buntu. Kalian dapat memakan santapan yang memiliki serat yang banyak, misal mentimun, kacang, tomat, brokoli, kacang polong, ataupun wortel.

Bila sudah konsumsi bahan- bahan di atas serta keadaan berangsur membaik, usus buntu pula bisa kambuh sewaktu-waktu. Nah, saat inilah penderita usus buntu dianjurkan untuk berdiskusi dengan dokter ahli.

5. Konsumsi Ginseng

Ginseng telah lama dipercaya bagaikan obat tradisional yang bisa mengobati bermacam penyakit termasuk usus buntu. Hal ini disebabkan terdapatnya anti-inflamasi didalam ginseng yang dapat meredakan sakit peradangan usus buntu. Metode pembuatan racikan ginseng untuk mengobati usus buntu sangatlah mudah.

Gabungkan irisan ginseng yang tipis kurang lebih 6- 8 iris dengan 3 cawan air. Masak sepanjang 15 menit. Sesudah mendidih diamkan sampai hangat setelah itu saring. Konsumsi racikan ginseng ini 2-3x satu hari secara teratur.

6. Konsumsi Buah Jarak

Buah satu ini nyatanya bisa mengobati radang usus buntu. khasiatnya ialah buat menolong permasalahan penyumbatan pada usus buntu sehingga kurangi peradangan. Buah jarak dikategorikan tumbuhan obat herbal usus buntu yang gampang ditemui. Sebab penderita usus buntu bisa mendapatkannya dengan gampang di pekarangan rumah.

Cara meraciknya adalah dengan membuat biji jarak jadi minyak serta menuangkan 2 sdm minyak jarak diatas perut setelah itu letakkan kain besar diatasnya. Diamkan selama beberapa saat. Jalani penyembuhan ini 3x seminggu dalam beberapa bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Nah itu dia cara mengobati usus buntu tanpa operasi yang dicoba oleh para penderita usus buntu ringan. Namun alangkah baiknya memang dikonsultasikan ke dokter supaya mendapatkan saran yang lebih tepat. Terima kasih.

error: Content is protected !!