Cara Mengobati Polip Hidung Dengan Daun Sirih Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

Polip hidung adalah jaringan lembut yang tumbuh di bagian dalam hidung akibat alergi dengan ukuran beragam dan tidak menimbulkan rasa sakit. Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, polip hidung tetap akan mengganggu pernapasan penderitanya karena gejalanya seperti pilek namun tidak kunjung sembuh. Cara mengobati polip hidung dengan daun sirih terbilang efektif sehingga penderita polip hidung tidak perlu melakukan operasi.

cara mengobati polip hidung dengan daun sirih

Dalam dunia medis, obat yang seringkali digunakan oleh penderita polip hidung yaitu kortikosteroid yang mampu mengecilkan ukuran polip dan menghilangkan radang. Jika polip terus membesar meskipun telah melakukan serangkaian perawatan, penderita disarankan untuk melakukan operasi agar saluran pernapasan tidak terganggu.

Berikut ini cara mengobati polip hidung secara herbal dengan menggunakan daun sirih yang dapat dilakukan di rumah.

1. Siapkan Bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melakukan pengobatan herbal dengan menggunakan daun sirih yaitu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Cukup siapkan 7 lembar daun sirih, daun cemara 1 tangkupan tangan, dan 1 potong kunyit.

Bahan-bahan tersebut secara alami mengandung komponen bioaktif yang dapat menghilangkan radang di hidung dan mengecilkan ukuran polip tanpa bekas. Dalam pengobatan tradisional, daun sirih dipercaya mampu mengatasi gangguan pernapasan karena di dalamnya mengandung minyak atsiri yang bermanfaat bagi kesehatan.

Daun cemara yang digunakan juga mengandung minyak atsiri yang berguna untuk meredakan penyakit batuk, sinus, hingga bronkitis hanya dengan menghirup aromanya. Sedangkan kunyit mengandung kurkumin dan minyak atsiri yang berperan sebagai antioksidan, antiradang, antikanker, dan antitumor.

2. Bersihkan Bahan

Cuci semua bahan yang digunakan dengan menggunakan air mengalir agar tidak ada lagi kotoran yang menempel pada bahan. Selanjutnya, parut kunyit yang telah dibersihkan dan dikupas kulitnya hingga halus sehingga bisa terekstrak sempurna saat dijadikan rebusan.

Untuk mengatasi polip hidung, rebusan yang dibuat tidaklah dikonsumsi secara langsung namun penderita hanya menghirup aroma panas dari rebusan yang telah dibuat.

3. Rebus Semua Bahan

Cara mengobati polip hidung dengan daun sirih merupakan salah satu pengobatan herbal yang patut dicoba oleh penderita polip. Selain menggunakan daun sirih, pengobatan ini juga dilakukan dengan menggunakan bahan lain seperti daun cemara dan kunyit.

Untuk membuatnya, cukup rebus semua bahan yang telah disiapkan dengan menggunakan 10 gelas air putih hingga air menyusut dan tersisa 8 gelas saja.

4. Tuangkan Rebusan dalam Wadah

Rebusan yang telah selesai dibuat tidaklah dikonsumsi secara langsung melainkan hanya menghirup aroma panas dari rebusan yang telah dibuat. Aroma panas yang dihirup oleh penderita dapat mengatasi radang, mengecilkan ukuran polip, dan memberikan efek relaksasi sehingga pikiran menjadi tenang.

Ada baiknya untuk menuangkan rebusan tersebut ke dalam wadah berukuran sedang agar lebih banyak uap panas yang dapat terhirup.

5. Hirup Aroma Rebusan

Untuk menghirup aroma rebusan, penderita harus menghadapkan wajahnya di atas wadah yang berisi air rebusan lalu menutup kepala bagian belakang dengan handuk. Cara ini dilakukan agar uap panasnya dapat dihirup secara maksimal oleh penderita sehingga perawatan yang dilakukan lebih maksimal.

Lakukan perawatan ini 2 kali sehari agar ukuran polip dalam saluran hidung mengecil dan peradangan dapat dihilangkan.

Demikianlah cara mengobati polip hidung dengan daun sirih yang telah dijadikan rebusan bersama bahan lain agar semakin besar khasiatnya. Polip hidung adalah jaringan lembut yang tumbuh di bagian dalam hidung akibat alergi dengan ukuran beragam dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Jika polip terus membesar meskipun telah melakukan serangkaian perawatan, penderita disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter.

error: Content is protected !!