5 Cara Mengobati PCOS Secara Alami

Tidak sedikit wanita yang mengalami PCOS yang biasanya terjadi pada saat perempuan berusia subur. Sindrom ovarium polikistik (PCOS) merupakan kendala kesuburan yang rentan terjadi pada perempuan berumur produktif. Indikasi khas PCOS merupakan haid yang tidak teratur, meningkatnya kandungan hormon laki- laki (androgen), serta kemunculan banyak kista pada ovarium. Lalu bagaimana cara mengobati PCOS secara alami?

Cara Mengobati PCOS Secara Alami

Tenang saja karena artikel ini akan membahas cara mengobati PCOS secara alami yang bisa diterapkan sendiri. Jika penasaran, maka simak artikel ini sampai selesai supaya bisa dipraktekan sendiri. Langsung simak saja pembahasan lengkapnya disini.

1. Perhatikan Gaya Hidup

Dokter biasanya hendak menganjurkan untuk mengganti kebiasaan sehari-harinya dalam upaya penyembuhan dini PCOS. Pergantian tersebut umumnya hendak difokuskan pada pola makan yang lebih sehat supaya berat badan tetap terjaga. Penderita PCOS diajarkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berlemak serta gula yang berlebihan.

Disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan berserat, sebab makanan ini dapat meningkatkan kandungan gula. Tidak hanya mengganti pola makan, berolahraga pula sangat diperlukan untuk mengendalikan kandungan gula darah serta insulin dalam badan.

2. Gunakan Perlengkapan Kontrasepsi

Pemakaian perlengkapan kontrasepsi merupakan tata cara penyembuhan yang sangat universal untuk perempuan penderita PCOS yang tidak mau berbadan dua. Penderita PCOS dapat memilih perlengkapan kontrasepsi berbentuk kapsul KB, cincin Miss V, suntikan, ataupun IUD( KB spiral). Obat hormonal bisa juga dikonsumsi untuk menanggulangi PCOS. Salah satunya hormon progestin buat melancarkan siklus haid serta merendahkan resiko kanker rahim.

Bila perlengkapan kontrasepsi serta obat hormonal belum bisa menghentikan perkembangan rambut paling tidak habis 6 bulan pemakaian, dokter bisa jadi hendak meresepkan spironolactone. Obat ini bertujuan untuk merendahkan kandungan hormon androgen dalam badan. Tetapi, spironolactone tidak boleh dikonsumsi oleh bunda hamil ataupun perempuan yang lagi merencanakan kehamilan sebab bisa menimbulkan cacat lahir.

3. Mengkonsumsi Obat Metformin

Metformin yang biasa digunakan bagaikan obat diabet dapat diresepkan buat PCOS. Obat ini secara khusus bekerja untuk kurangi resistensi insulin serta permasalahan kesuburan akibat PCOS. Metformin bekerja lewat 3 metode, ialah menekan penciptaan glukosa dalam hati, kurangi penyerapan karbohidrat yang dikonsumsi, dan tingkatkan sensitivitas hati, otot, lemak, serta sel-sel terhadap insulin yang terbentuk oleh badan.

Mengkonsumsi metformin pula menolong tingkatkan ovulasi, mengendalikan siklus haid, kurangi indikasi hirsutisme( semacam jerawat serta perkembangan rambut berlebih), untuk menurunkan berat badan(bila diikuti diet sehat serta berolahraga), dan kurangi risiko diabetes gestasional yang rentan dirasakan perempuan penderita PCOS. Dosis rata- rata metformin buat perempuan penderita PCOS merupakan 1500-2000 mg (miligram) per hari. Tetapi, untuk jumlah tepatnya pasti butuh didiskusikan lebih lanjut dengan dokter.

4. Pakai Obat Penghilang Rambut

Cara mengobati PCOS secara alami selanjutnya adalah dengan obat penghilang rambut. Obat penghilang rambut atau depilatory yang bisa berupa krim, gel, ataupun lotion. Obat ini bekerja memecah struktur protein rambut hingga rontok dari kulit. Penderita PCOS bisa mempraktekan elektrolisis (prosedur kecantikan buat menghilangkan rambut dari akarnya memakai arus listrik) serta pengobatan laser.

5. Mengkonsumsi Obat Kesuburan

Untuk perempuan penderita PCOS yang mau berbadan dua, dokter bisa jadi meresepkan obat spesial buat merangsang ovulasi semacam clomiphene serta letrozole. Bila penyembuhan ini gagal, dokter bisa merekomendasikan suntikan hormon atau gonadotropin buat perempuan PCOS yang berencana berbadan dua.

Nah itu dia cara mengobati PCOS secara alami yang bisa dicoba. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk para penderita PCOS. Terima kasih.

error: Content is protected !!