Cara Mengobati Kutu Air Di Tangan Secara Alami

Kutu Air di tangan jelas bukan merupakan hal yang menyenangkan. Pasalnya kutu air di tangan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman yang luar biasa. Rasa tidak nyaman itu biasanya akibat gatal yang timbul pada area yang terkena kutu air. Itulah sebabnya banyak sekali orang mencari tahu cara mengobati kutu air di tangan yang mujarab.

cara mengobati kutu air di tangan

Sebetulnya banyak yang dapat dilakukan untuk mengobati kutu air di tangan, tetapi akan lebih baik jika menggunakan cara alami seperti berikut ini:

1. Menggunakan Bawang Putih

Jika memutuskan untuk menggunakan bawang putih untuk mengobati kutu air, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menumbuknya. Tumbuk sekitar 4 hingga 5 siung bawang putih saja hingga hancur, kemudian secara perlahan gosok pada bagian yang ingin diobati. Cara kedua bisa dengan merendam kaki maupun tangan yang ada kutu airnya ke dalam air hangat berisi bawang putih.

2. Menggunakan Garam

Cara mengobati kutu air di tangan maupun kaki berikutnya dengan garam adalah dengan berendam di dalam air berisi larutan garam. Tentu bagian yang direndam adalah bagian yang terserang kutu air saja, baik itu tangan maupun kaki.

3. Menggunakan Minyak Oregano

Senyawa antiseptik yang dikatakan terkandung di dalam minyak oregano merupakan faktor utama yang menjadikannya salah satu obat kutu air. Penggunaan minyak ini dapat dipadukan dengan dua cara di atas maupun cara mengobati kutu air lainnya. Tetapi sebelum menggunakannya disarankan untuk konsultasi pada dokter kulit terlebih dahulu untuk menghindari efek samping akibat kemungkinan alergi terhadapnya.

4. Menggunakan Baking Soda

Bukan hanya garam saja bahan dapur yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati kutu air, karena ternyata baking soda pun dapat melakukannya. Baking soda dipercaya dapat melawan infeksi jamur yang merupakan dalang utama terjadinya peradangan pada kulit saat terserang kutu air. Cara menggunakannya mudah, yakni cukup campurkan sebanyak setengah cangkir baking soda dengan air, lalu rendam bagian yang terserang kutu air.

5. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Serupa dengan bahan alami untuk mengobati kutu air sebelumnya, minyak yang satu ini mengandung antiseptik, anti jamur dan anti bakteri. Sehingga wajar jika dapat digunakan sebagai salah satu cara mengobati kutu air di tangan maupun kaki paling diandalkan. Cukup teteskan sedikit minyak pohon teh ini pada kulit yang terserang kutu air, lalu biarkan saja tanpa perlu membilasnya.

6. Menggunakan Cuka Apel

Selain digunakan sebagai obat jerawat, ternyata cuka apel juga bermanfaat untuk kutu air. Caranya adalah dengan merendam bagian yang terkena kutu air dengan larutan air bercampur cuka apel. Fungsi dari cuka apel sendiri untuk merontokkan kuman-kuman penyebab kutu air itu sendiri.

7. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau memang kaya sekali akan manfaat, bahkan untuk masalah kulit luar sekalipun. Terbukti dengan bagaimana ampuhnya teh hijau digunakan sebagai obat kutu air di tangan. Caranya sama seperti ketika menggunakan cuka apel, yakni cukup merendam kaki pada larutan air yang telah bercampur teh hijau .

8. Plain Yoghurt

Selain enak dan bagus untuk pencernaan manusia, ternyata yoghurt juga memiliki manfaat yang tidak terduga. Pasalnya yoghurt dapat dengan baik menjadi obat kutu air baik itu kutu air di tangan maupun di tempat lainnya.

Dengan begitu banyaknya cara mengobati kutu air di tangan seperti di atas, tentu tidak perlu lagi menggunakan kimia. Karena selain lebih aman, tentunya lebih mudah juga ditemukan di lingkungan sekitar.

error: Content is protected !!