Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Yang Harus Dicoba

Gangguan pada mulut yang sering terjadi salah satunya yaitu gusi bengkak. Gangguan ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan menggelembung pada bagian gusi yang memberikan efek tidak nyaman dan sakit. Jika hal tersebut terjadi tak perlu khawatir, ada cara mengobati gusi bengkak secara alami dan aman.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Menjaga kebersihan mulut juga dapat menjadi hal penting yang harus dilakukan. Kebersihan mulut yang terjaga akan menghindarkan dari berbagai gangguan pada mulut seperti sakit gigi ataupun gusi bengkak. Tentunya gusi bengkak ini membuat tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu nafsu makan. Berikut beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengobati gusi bengkak:

1. Berkumur Air Garam

Untuk mengatasi gusi bengkak dapat dicoba dengan berkumur air garam. Berkumur air garam sudah dipercaya sejak dulu untuk mengatasi hal ini. Caranya pun cukup mudah yaitu, siapkan segelas air hangat dan satu sendok garam. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata, kemudian gunakan untuk berkumur setidaknya tiga kali sehari. Dengan rutin melakukan hal ini, maka gusi bengkak pun akan segera kempes.

2. Menggunakan Perasan Lemon

Cara mengobati gusi bengkak secara alami selanjutnya yaitu menggunakan perasan lemon. Penyebab terjadinya gusi bengkak salah satunya yaitu gigi berlubang. Oleh karenanya, kandungan asam dalam lemon dapat membasmi bakteri dan menyeimbangkan kadar Ph dalam mulut. Cara pengobatan ini yaitu campur perasan lemon dengan air hangat untuk berumur.

3. Kompres Dengan Air Es Atau Air Hangat

Cara ini dapat menjadi pilihan sesuai dengan keadaan gusi, apabila gusi bengkak ditandai dengan rasa nyeri dan berdenyut, maka kompreslah menggunakan air hangat. Apabila sebaliknya, gusi hanya bengkak saja tanpa disertai nyeri maka kompreslah dengan air es.

4. Berkumur Dengan Air Daun Jambu Biji

Berkumur menggunakan air daun jambu biji juga dapat menyembuhkan gusi bengkak, karena kandungan antibakteri pada daun jambu biji dapat menjaga kesehatan mulut. Untuk mencoba cara ini cukuplah mudah yaitu rebus daun biji dengan air bersih, kemudian gunakan rebusan air tersebut untuk berkumur dan lakukan tiga kali sehari.

5. Mengoleskan Belimbing Wuluh

Selain daun jambu biji, bombing wuluh juga memiliki kandungan anti bakteri didalamnya. Sehingga dengan kandungan belimbing wuluh tersebut juga dapat menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Dalam hal ini, tumbuk atau parut belimbing wuluh yang belum matang hingga halus dan oleskan pada area gusi yang bengkak.

6. Menempelkan Bawang Merah

Cara mengobati gusi bengkak secara alami selanjutnya yaitu menggunakan bawang merah. Bawang merah memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh kuman, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan gusi bengkak. Caranya yaitu haluskan bawang merah dan campurkan dengan sedikit garam, kemudian oleskan pada gusi yang bengkak.

7. Menempelkan Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih juga dipercaya dapat menyembuhkan gusi bengkak. Sebab, bawang putih juga memiliki kandungan antiseptic alami yang ampuh dalam membunuh kuman. Caranya pun sama dengan penggunaan bawang merah, yaitu haluskan bawang putih dan campurkan dengan sedikit garam, kemudian oleskan pada gusi yang bengkak.

8. Berkumur Air Jahe

Bahan alami lain yang dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak yaitu jahe. Pasalnya jahe memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membunuh kuman dalam mulut. Caranya cukup mudah yaitu tumbuk jahe dan campurkan dengan air, kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur.

9. Mengoleskan Madu Alami

Cara mudah lainnya yaitu dengan mengoleskan madu alami pada pada gusi yang bengkak. Kandungan zat pada madu dapat mengurangi pembengkakan. Oleh karena itu, cukup oleskan saja madu pada gusi bengkak tiga kali sehari hingga keadaan gusi mulai mengempes.

Itulah beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami. Jika pembengkakan gusi tidak kunjung sembuh, lakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada dokter agar memperoleh pengobatan yang lebih optimal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

error: Content is protected !!