Cara Mengobati Cantengan Yang Sudah Bengkak, Sangat Ampuh Dan Wajib Dicoba

Kondisi kuku yang cantengan sudah pasti membuat tidak nyaman, terlebih rasa sakitnya yang bisa mengakibatkan aktivitas sehari hari menjadi terganggu. Cantengan sendiri terjadi karena kuku tumbuh ke dalam atau masuk ke bagian dalam daging, sehingga rasa sakit pun akan tidak tertahankan. Namun, tidak usah khawatir lagi, karena cantengan sendiri bisa diobati. Berikut ini adalah cara mengobati cantengan yang sudah bengkak yang bisa dilakukan.

Cara Mengobati Cantengan Yang Sudah Bengkak

1. Merendam Kuku Pada Air Hangat Yang Sudah Dicampur Dengan Sabun

Cara mengobati cantengan yang sudah bengkak yang pertama adalah dengan merendam kuku pada air hangat yang sudah dicampur dengan sabun. Penggunaan campuran sabun sendiri bertujuan agar bakteri bisa hilang serta jari yang mengalami infeksi senantiasa bersih.

Lakukanlah proses tersebut 3 sampai 4 kali sehari agar kondisi cantengan yang membengkak bisa cepat membaik. Selain itu, bisa menambahkan sedikit garam pada air untuk menambah rasa nyaman saat proses berendam. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin, maka cantengan yang sudah membengkak pun akan segera sembuh.

2. Merendam Dengan Cuka Apel

Selain dengan merendam menggunakan campuran air, sabun, dan garam, cara untuk mengobati cantengan yang bengkak selanjutnya adalah merendam dengan cuka apel. Bagi sebagian orang, cuka apel sebagai perawatan wajah barangkali bukan sebuah rahasia umum lagi. Namun tidak banyak yang mengetahui, jika cuka apel bisa mengobati cantengan yang sudah membengkak.

Caranya pun cukup mudah, siapkan air hangat setelah itu campurkan cuka apel. Kemudian rendam kaki yang cantengan selama 20 sampai 30 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih. Cuka apel sendiri mempunyai kandungan antiseptik, anti radang, serta anti nyeri. Maka tidak heran jika cuka apel sendiri dipercaya ampuh mampu mengobati cantengan yang sudah membengkak.

3. Menggunakan Gulungan Kapas Kecil Yang Sudah Dicelupkan Pada Antiseptik

Selain ke dua cara di atas, cara selanjutnya adalah dengan menggunakan gulungan kapas yang sudah dicelupkan pada antiseptik. Biasanya cara tersebut dilakukan oleh dokter untuk mengobati cantengan, dimana gulungan kapas yang sudah dicelupkan pada antiseptik diselipkan di antara kuku dan kulit.

Hal tersebut dilakukan agar memberikan jarak antara kuku serta kulit yang terinfeksi. Caranya pun cukup mudah, cukup rendam kapas kecil pada cairan antiseptik, setelah itu selipkan di antara kuku dan kulit. Kamu pun bisa menyelingi dengan merendamkan kaki pada air hangat yang dicampur dengan garam untuk mengurangi rasa sakit. Cara yang satu ini pun bisa mempermudah memotong kuku yang sudah tumbuh masuk ke kulit.

4. Membalurkan Tea Tree Oil

Kuku yang tumbuh ke dalam atau cantengan biasanya akan tebal dan keras. Sehingga akan terasa sulit untuk dipotong dan bisa menimbulkan rasa nyut nyutan yang parah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka tea tree oil bisa membantu meredakan nyeri tersebut. Caranya pun cukup mudah, yakni cukup balurkan tea tree oil pada bagian kuku yang bermasalah.

5. Hindari Pemakaian Sepatu

Cara mengobati cantengan yang sudah bengkak yang terakhir adalah hindari pemakaian sepatu. Hal tersebut dikarenakan akan membuat cantengan yang sudah bengkak akan lebih parah. Maka dari itu, hindarilah pemakaian sepatu jika kondisi cantengan benar benar sudah membengkak.

Itulah cara mengobati cantengan yang sudah bengkak yang bisa dilakukan. Dengan melakukan cara cara tersebut, maka cantengan yang sudah bengkak pun akan cepat teratasi. Bahkan bisa sembuh dengan waktu yang cukup singkat.

error: Content is protected !!