Cara Menghilangkan Varises Secara Alami Dan Aman

Varises merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada pembuluh darah dan biasanya terjadi di area betis. Gangguan ini berupa urat yang terlihat menonjol jelas di area betis dan berwarna biru tua. Selain dapat mengganggu penampilan varises juga membawa dampak tidak baik bagi kesehatan, oleh karena itu berikut cara menghilangkan varises secara alami.

Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Penderita varises biasanya dialami oleh sebagian besar wanita dibandingkan pria. Selain itu penyebab terjadinya varises juga dapat dikarenakan oleh pertambahan usia, obesitas, dan tubuh yang dituntut untuk berdiri dalam jangka waktu yang lama. Gejala varises pun sangat beragam seperti keadaan kaki yang terasa pegal dan berdenyut ataupun kram pada malam hari.

1. Olahraga teratur

Selain memberikan pola hidup sehat, olahraga teratur juga dapat memperlancar sirkulasi darah didalam tubuh.Tentu hal ini sangat berguna untuk penderita varises, karena membantu mendorong darah yang terkumpul di area varises. Salah satu faktor penyebab varises juga dapat diatasi dengan berolahraga seperti tekanan darah tinggi.

Beberapa jenis olahraga yang dapat dicoba seperti berjalan kaki, bersepeda, renang, yoga dan lain-lain. Jika olahraga ini dilakukan secara rutin, maka sirkulasi darah pun akan semakin lancar dan mempercepat terhadap penyembuhan varises.

2. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Potasium

Cara menghilangkan varises secara alami selanjutnya adalah banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium. Makanan dengan kandungan potasium yang tinggi dapat membantu mengurangi retensi air dan hal ini sangat bermanfaat untuk penyembuhan varises. Beberapa makanan tinggi potasium diantaranya yaitu kacang-kacangan, kentang, ikan seperti salmon dan tuna serta sayuran hijau.

3. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Selain makanan dengan kandungan potasium tinggi, mengkonsumsi makanan berserat juga dapat membantu dalam mengobati varises. Pasalnya makanan berserat dapat mencegah sembelit dan memperlancar BAB, tentu hal ini akan bermanfaat bagi penderita varises. Beberapa makanan dengan serat tinggi seperti kacang-kacangan, sayur, buah dan biji-bijian.

4. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Flavonoid

Makanan lain yang dapat menjadi pilihan yaitu makanan dengan kandungan flavonoid. Kandungan flavonoid pada makanan dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga darah akan lancar dan tidak menggenang di pembuluh darah.

Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung flavonoid ini dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, dimana hal ini sangat bermanfaat bagi penderita varises. Makanan dengan kandungan flavonoid tinggi yang dapat dipilih yaitu bawang putih, biji cokelat, paprika, bayam, brokoli, jeruk, anggur dll.

5. Hindari Pakaian Ketat

Selain mengkonsumsi makanan dengan kandungan tertentu, cara menghilangkan varises secara alami yang dapat dicoba yaitu dengan menghindari pakaian terlalu ketat. Bagi penderita varises dianjurkan untuk mengenakan pakaian longgar, karena pakaian ketat dapat membatasi sirkulasi darah yang dapat memperlambat penyembuhan varises.

6. Atur Posisi Kaki Ketika Tubuh Diam

Membuat kebiasaan baik tentu penting, seperti mengatur posisi kaki pada saat tubuh beristirahat. Pada saat tubuh beristirahat penderita varises dianjurkan untuk mengangkat kaki setinggi jantung atau lebih, karena hal ini akan sangat membantu mengurangi tekanan darah pada kaki. Posisi ini dapat dilakukan dengan badan terlentang di lantai dengan kaki yang disandarkan pada dinding.

7. Pijat Lembut

Pemijatan ini dapat dilakukan dengan berhati-hati dan lembut, karena hal ini dapat membantu aliran darah tetap terjaga. Namun untuk pemijatan ini harus benar-benar dilakukan secara hati-hati dan tidak menekan langsung pada pembuluh darah varises. Karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan darah tersebut.

Itulah beberapa cara menghilangkan varises secara alami dan aman. Varises berkaitan erat dengan pembuluh darah, oleh karena itu membuat badan terus bergerak akan dapat mengurangi resiko ini. Apabila cara alami untuk mengobati varises tidak bekerja, ada baiknya jika mendatangi dokter agar memperoleh pengobatan yang optimal. Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!