6 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami yang Perlu Dicoba

Bruntusan merupakan masalah kulit di wajah yang sering dialami oleh banyak orang. Bruntusan ini menyebabkan area wajah menjadi bintik-bintik berwarna merah. Hal ini bisa menimbulkan rasa gatal dan perih. Untuk meredakan bruntusan tidak terlalu sulit. Berikut ini 6 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami:

cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami

1. Menggunakan Apel Cuka yang Berguna Untuk Mengurangi Peradangan.

Salah satu penyebab bruntusan muncul di wajah karena tidak membersihkan wajah dari make up dengan sempurna. Jika menggunakan make up, jangan lupa untuk membersihkannya. Cara ini bisa dimulai dengan menggunakan cleansing oil ataupun sabun cuci muka. Wajah yang bruntusan bisa diolesi dengan cuka apel.

Apel cuka bisa membantu menghilangkan bruntusan karena di dalamnya terdapat asam asetat. Asam asetat bisa mengurangi peradangan ataupun infeksi yang terjadi pada kulit. Cara menggunakannya yaitu, pertama basahi kapas dengan apel cuka. Lalu oleskan pada area wajah yang bruntusan. Olesi sebanyak tiga kali dalam sehari. Lakukan berulang hingga bruntusan hilang.

2. Menggunakan Putih Telur Sebagai Masker Wajah

Cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami yaitu menggunakan putih telur sebagai masker. Putih telur bisa membantu mengurangi komedo hingga bruntusan. Selain itu juga bisa membersihkan dan mengencangkan kulit. Cara menggunakannya yaitu pertama-tama, pisahkan antara kuning dan putih telur.

Kocok sebentar sampai ada busanya. Setelah itu oleskan pada seluruh wajah terutama pada bagian wajah bruntusan. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu basuh wajah dengan air hingga benar-benar bersih.

3.  Gunakan Lemon dengan Kandungan Vitamin C untuk Mengurangi Bruntusan

Lemon terkenal dengan kandungannya yang kaya vitamin C, antiseptik, dan antiinflamasi. Tidak salah jika lemon bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bruntusan. Tetapi lemon juga memiliki kandungan asam sehingga kurang cocok untuk tipe kulit sensitif.

Cara menggunakannya yaitu untuk siapkan buah lemon. Kombinasikan antara buah lemon dan juga putih telur. Oleskan pada bagian bruntusan. Biarkan 20 menit hingga mulai mengering. Bilas wajah dengan air bersih.

4. Gunakan Minyak Zaitun untuk Meredakan Bruntus

Cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini bisa digunakan untuk mengurangi bruntusan.

Caranya yaitu campurkan minyak zaitun dengan madu dengan takaran secukupnya. Oleskan pada bagian wajah yang sedang bruntusan. Biarkan beberapa saat lalu basuh dengan air bersih. Lakukan kegiatan ini secara berulang 2 kali secara. Perlahan, bruntusan bisa hilang dan kelembaban kulit wajah bisa terjaga.

5. Pakai Madu Secara Rutin untuk Hasil Maksimal

Madu merupakan bahan alami yang dikenal memiliki manfaat cukup banyak. Tentunya tak terkecuali manfaat untuk bisa mengurangi bruntusan di wajah. Hal itu disebabkan madu memiliki kandungan antibakteri dan antioksidan di dalamnya. Penggunaan madu untuk wajah bisa digunakan tanpa campuran lain.

Caranya yaitu cuci wajah. Setelah itu oleskan madu pada wajah hingga rata. Biarkan beberapa menit. Basuh wajah dengan air bersih hingga wajah tidak merasa lengket. Madu juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain seperti lemon ataupun yogurt.

Caranya sama yaitu cuci dahulu wajah. Campurkan madu dengan lemon atau yogurt. Oleskan di bagian wajah yang bruntusan. Bisa juga dioleskan ke seluruh bagian wajah seperti menggunakan masker. Biarkan selama 20 menit. Basuh hingga bersih. Lakukan secara berulang untuk hasil yang lebih optimal.

6. Menggunakan Lidah Buaya (Aloe Vera) yang Bersifat Menenangkan.

Lidah buaya (Aloe Vera) menjadi bahan yang bisa mengurangi bruntusan karena memiliki efek menenangkan. Hal ini bisa memberi rasa dingin pada kulit. Hal ini bisa meredakan rasa gatal dan iritasi yang bisa disebabkan oleh bruntusan.

Lidah buaya mengandung vitamin E yang digunakan sebagai antioksidan. Cara penggunaannya yaitu ambil gel yang terkandung di dalam lidah buaya. Oleskan pada wajah secara merata. Tunggu 10-15 menit. Basuh dengan air hingga bersih.

Itulah tadi 6 cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami. Menghilangkan bruntusan menggunakan cara alami terbilang lebih aman. Selain lebih aman, tentunya juga lebih murah dan lebih mudah. Pilih bahan alami yang disuka dengan kandungan yang dimiliki. Lakukan secara rutin dan tunggu hasilnya. Selamat Mencoba.

error: Content is protected !!