Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah Yang Dapat Dicoba

Mengalami hidung yang tersumbat sudah pasti sangat menjengkelkan, terlebih jika yang tersumbat hanya sebelah saja. Hal tersebut tentu bisa menyulitkan bernapas, dan menghilangkan indera penciuman. Terlebih apabila saat malam hari, tidur pun akan terganggu dengan kondisi tersebut. Namun, tidak usah khawatir lagi, karena hidung yang tersumbat sebelah bisa diatasi dengan cara yang mudah. Adapun cara mengatasi hidung tersumbat sebelah adalah sebagai berikut ini:

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah

1. Banyak Banyak Minum Air Putih

Cara mengatasi hidung tersumbat sebelah yang pertama adalah dengan banyak banyak minum air putih. Air putih sendiri dipercaya ampuh bisa meredakan hidung yang tersumbat. Maka dari itu, apabila terjadi hidung yang tersumbat baik dua duanya maupun sebelah, maka disarankan untuk banyak banyak minum air putih. Selain itu, air putih sendiri mampu membantu mengencerkan lendir serta menjaga tenggorokan agar tidak mudah kering.

2. Menghirup Uap Hangat

Selain banyak banyak minum air putih, untuk meredakan hidung yang tersumbat sebelah bisa juga dengan menghirup uap air hangat. Uap hangat sendiri bisa didapatkan dari air yang sudah dimasak sampai mendidih. Setelah terdapat uap, maka hiruplah secara perlahan, pastikan saat menghirup senantiasa hati hati. Agar air yang mendidih tidak mengenai kulit bagian hidung.

Selain dengan menghirup uap hangat, kamu pun bisa menikmatinya dengan mandi air hangat. Kedua cara tersebut dipercaya ampuh mampu membantu meredakan hidung yang tersumbat. Maka tidak heran jika cara yang satu ini sering kali dilakukan.

3. Membilas Hidung Dengan Air Garam

Tidak banyak yang mengetahui, jika garam bisa meredakan hidung yang tersumbat. Caranya pun cukup mudah, yakni larutkan garam, dan baking soda pada segelas air hangat. Setelah itu masukkan larutan tersebut pada suntikan yang sudah dilepas jarum suntiknya. Kemudian bersandarlah ke pinggir wastafel atau ke pinggir dinding sambil memiringkan kepala lalu masukkan larutan tersebut ke salah satu lubang hidung.

Biarkanlah larutan tersebut keluar mengalir dari lubang hidung lainnya. Caranya ini dipercaya sangat ampuh untuk meredakan hidung yang tersumbat. Lakukan cara tersebut secara rutin satu atau dua kali sehari, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Tidur Dengan Menggunakan Bantal Yang Ekstra

Selain ke tiga cara di atas, cara ampuh meredakan hidung tersumbat adalah tidur dengan menggunakan bantal yang ekstra. Cara yang satu ini cukup ampuh untuk menghilangkan hidung tersumbat baik kedua duanya atau salah satunya. Caranya pun cukup mudah, yakni tidurlah di atas bantal yang ekstra.

Simpanlah dua buah bantal atau lebih, agar posisi kepala bisa terjaga lebih tinggi. Cara yang satu ini cukup ampuh untuk menghilangkan atau meredakan hidung yang tersumbat. Selain itu, pernapasan yang terganggu akibat hidung tersumbat pun bisa terasa jauh lebih lega.

Baca juga: cara mengobati polip hidung

5. Meminum Obat Yang Mampu Meredakan Hidung Tersumbat

Apabila cara terakhir tidak ampuh, maka cara mengatasi hidung tersumbat sebelah yang terakhir adalah dengan meminum obat pereda hidung tersumbat. Obat ini biasanya terjual bebas di pasaran, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Agar hidung tersumbat sebelah pun bisa diatasi dengan obat yang tepat.

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat sebelah yang bisa dilakukan. Dengan melakukan cara cara di atas, maka hidung tersumbat sebelah yang diderita pun bisa diatasi dengan cepat agar bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala.

error: Content is protected !!