6 Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang Dengan Simpel

Bau mulut tentu akan mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri saat sedang berbincang-bincang dengan orang lain. Bisa dari berbagai hal yang jadi pemicu timbulnya bau mulut. Salah satu faktor yang cukup sering jadi pemicunya adalah gigi yang berlubang dan tidak terpelihara. Meski hanya lubang kecil pada gigi sudah bisa menimbulkan bau mulut. Lalu bagaimana cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang?

Cara Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Bau mulut akibat gigi berlubang bisa terjadi karena lubang-lubang pada gigi tersebut jadi sarang untuk sisa-sisa makanan. Terlebih Jika tidak sering dibersihkan, Sisa-sisa makanan hendak menumpuk serta jadi tempat nyaman untuk kuman. Kuman hendak mengolah sisa makanan tersebut dan tidak lama akan terjadi proses pembusukan yang berbau kurang sedap.

1. Tambal Gigi Ataupun Cabut Gigi

Menambal ataupun mencabut gigi ialah metode utama yang sangat disarankan untuk bisa melenyapkan bau mulut karena gigi berlubang. Tidak hanya melenyapkan pemicu utama di mulut, metode ini bisa untuk melindungi gigi supaya tidak hancur lebih parah. Apabila lubangnya masih kecil, sebaiknya cepat-cepat untuk ditambal. Tetapi, apabila dokter gigi berkata tidak bisa penambalan maka opsi terakhir yang bisa dilakukan adalah mencabutnya.

2. Teratur Sikat Gigi

Sikat gigi sehabis makan merupakan metode termudah untuk bisa menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang. Dengan teratur menyikat gigi minimal 2 kali satu hari sehabis makan serta saat sebelum tidur bisa melindungi kebersihan gigi serta mulut. Metode semacam ini lebih dianjurkan oleh dokter gigi dibandingkan menyikat gigi dikala mandi.

Cara ini menghindari diri agar tidak terdapat sisa makanan yang bersarang pada gigi. Apabila jarak makan dengan sikat gigi cukup lama, maka cara ini percuma saja. Proses pembusukan telah terjadi di mulut, dan bakteri dalam mulut akan membuat mulut menjadi bau.

3. Flossing

Floss ataupun benang gigi ialah perlengkapan berupa benang yang digunakan buat mensterilkan sela-sela gigi. Kemampuannya menggapai bagian gigi yang tidak bisa dijangkau oleh gosok gigi membuat perlengkapan ini sangat jitu untuk menghindari terjadinya plak yang menimbulkan gigi berlubang. Walaupun metode ini tidak langsung menolong dalam mengatasi bau mulut akibat gigi berlubang, tetapi penggunaannya sangat berguna untuk melindungi kebersihan serta kesehatan gigi serta gusi.

4. Pakai Obat Kumur Anti Bakteri

Tidak hanya teratur menggosok gigi serta memakai benang gigi, berkumur dengan obat kumur juga jadi metode yang cukup efektif untuk menghindari gigi berlubang dan kurangi bau mulut. Untuk menjauhi serta menyembuhkan gigi berlubang, umumnya digunakan tipe obat kumur yang memiliki kandungan antibakteri. Tetapi pastikan memakai obat kumur yang pas untuk keadaan mulut. Sebaiknya juga konsultasikan dengan dokter gigi.

5. Pastikan Tidak Terdapat Sisa Makanan Yang Nyangkut di Gigi

Setelah makan ialah waktu yang sangat pas buat mensterilkan gigi. Tidak hanya bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip, menggosok gigi ataupun mensterilkan lidah bisa membuat mulut kembali bersih serta fresh. Dengan membersihkan gigi bersih sehabis makan resiko gigi berlubang bisa ditekan serta pastinya pula bau tidak sedap pada mulutnya pun akan hilang.

Baca juga: cara bersihkan karang gigi

6. Perhatikan Makanan Yang Dikonsumsi

Cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang terakhir adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Makanan hendak sangat mempengaruhi pada kesehatan gigi serta mulut. Oleh karena itu, yakinkan hanya konsumsi santapan yang ramah pada gigi serta mulut ataupun jauhi santapan yang bisa mengganggu gigi. Contoh makanan tersebut diantaranya seperti bawang putih, manisan buah kering, permen serta minuman dengan kandungan gula serta asam bisa mempengaruhi kesehatan gigi.

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk yang sedang mengalami bau mulut. Silahkan dicoba!

error: Content is protected !!