Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Tenggorokan Dengan Mudah

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan salah satu jenis gangguan pencernaan yang menyebabkan penderitanya merasakan sensasi panas di dada sampai ke tenggorokan. Penyebab utama gangguan pencernaan ini yaitu otot di ujung kerongkongan yang tidak menutup dengan sempurna sehingga asam lambung naik ke tenggorokan. Karena membuat penderitanya tidak nyaman, cara mengatasi asam lambung naik ke tenggorokan tentu sangat diperlukan.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Ke Tenggorokan

Biasanya kondisi ini terjadi setelah penderita GERD mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu naiknya asam lambung seperti coklat dan soda. Gejala yang biasanya menyertai penyakit ini diantaranya mulut terasa asam, makanan terasa naik dan mengganjal kerongkongan, mual, muntah, serta perut kembung. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi asam lambung naik ke tenggorokan.

1. Perhatikan Porsi Makan

Untuk mengatasi dan mencegah kenaikan asam lambung ke tenggorokan, penderita harus memperhatikan porsi makannya karena makan dalam porsi besar dapat memicu terjadinya refluks. Refluks adalah peristiwa naiknya asam lambung ke kerongkongan karena lambung memproduksi jumlah asam dalam jumlah yang besar. Ada baiknya makan sesering mungkin dalam porsi kecil dibandingkan makan dalam porsi besar pada satu waktu.

2. Hindari Camilan di Antara Waktu Makan

Meskipun sudah makan dalam porsi kecil, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi camilan di antara waktu makan karena lambung dapat kesulitan untuk mencernanya. Ketika menerima makanan terlalu banyak, lambung memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan tersebut sehingga produksi asam dalam lambung ikut meningkat. Jika kebiasaan ini tidak dihentikan, penderita bisa mengalami heartburn yang akan terasa semakin parah.

3. Jangan Minum Air Terlalu Banyak Saat Makan

Kebiasaan minum air putih atau minuman lainnya terlalu banyak saat makan bisa memicu naiknya asam lambung karena asam lambung menjadi lebih cair. Cairnya asam lambung berpengaruh terhadap waktu cerna makanan, dimana semakin cair asam lambungnya maka semakin lama makanan yang dikonsumsi dapat tercerna. Oleh karena itu, cara mengatasi asam lambung naik ke tenggorokan yaitu dengan tidak minum air terlalu banyak sangat makan.

4. Makan Secara Teratur

Salah satu penyebab seseorang bisa menderita penyakit asam lambung yaitu pola makan yang tidak teratur setiap harinya. Agar asam lambung tidak mengalami, ada baiknya untuk mengatur pola makan dan tidak melewati jam makan yang telah ditetapkan. Selain itu, hindari makan 2 atau tiga jam sebelum tidur atau langsung berbaring setelah makan. Hal ini dapat memicu asam lambung naik ke tenggorokan.

5. Tidur Dengan Posisi Dada dan Kepala yang Lebih Tinggi

Ketika penderita sudah mulai merasakan nyeri dan rasa terbakar di tenggorokan, berbaringlah dengan meninggikan kepala dan dada. Penderita juga disarankan untuk berbaring di sisi kiri karena menurut beberapa analisis studi, gerakan ini bisa membantu meredakan asam lambung. Cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam untuk mengurangi resiko naiknya asam lambung karena cara ini dapat menguatkan otot di bawah tenggorokan.

6. Konsumsi Obat

Konsumsi obat merupakan cara yang paling efektif karena kandungan yang ada di dalamnya bisa mengatasi asam lambung secara cepat. Ada berbagai jenis obat yang dianjurkan seperti antasida, H-2 receptor blockers, dan Proton pump inhibitors (PPIs) yang mudah dijumpai di apotek. Jika setelah 2 minggu penderita tidak menunjukkan perubahan, ada baiknya untuk segera periksakan diri ke dokter.

Demikianlah beberapa cara mengatasi asam lambung naik ke tenggorokan yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Penyebab utama gangguan pencernaan ini yaitu otot di ujung kerongkongan yang tidak menutup dengan sempurna. Jangan lupa, perhatikan pola makan dan waktu makan sehingga gejala yang membuat penderita tidak nyaman dapat berkurang.

error: Content is protected !!