Inilah Cara Menaikkan Tensi Darah dengan Cepat

Aliran Peredaran darah sangat penting bagi metabolisme tubuh, karenanya perlu cara menaikkan tensi darah dengan cepat apabila tekanannya terlalu rendah. Hal ini dikarenakan untuk mampu memompa serta mengalirkan darahnya menuju keseluruhan tubuh, memerlukan tekanan cukup agar peredarannya lancar serta tidak mengalami hambatan.

Cara Menaikkan Tensi Darah

Meskipun pada dasarnya orang yang lebih sering bergerak fisik, beraktivitas secara fisik atau berolahraga memiliki tensi lebih rendah, tetapi terlalu rendah juga sangat berbahaya. Penyebabnya bisa bermacam – macam, mulai dari pernah ada riwayat sakit hingga mengonsumsi obat – obatan tertentu atau pola hidup tidak sehat.

Kondisi ini harus segera diatasi, karena akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Mengatasinya bisa melakukan dua cara, pertama adalah menjaga pola konsumsi makanan. Ada makanan – makanan tertentu untuk menaikkan tensi, bisa digunakan sebagai treatment. Kemudian bisa juga membiasakan pola kebiasaan hidup sehat seperti berolahraga atau menyeimbangkan aktivitas.

Bahaya dari Tensi Jika Rendah

Secara umum dalam dunia medis kondisi tersebut dinamakan sebagai hipotensi. Kondisi tersebut bukanlah sebuah kelainan, tetapi adanya sebuah kondisi fisiologis khusus. Gejalanya sangat mudah diamati, contohnya seperti pusing, tubuh sering terasa lemas, bahkan terkadang pingsan. Apabila Anda sering mengalami hal ini, segera cek tensinya untuk memastikan.

Bahayanya cenderung ringan hingga sampai mengancam keselamatan jiwa. Hal ini karena mempengaruhi suplai oksigen serta nutrisi pada seluruh sel serta jaringan di dalam tubuh. Tensi rendah akan berpengaruh pada kemampuannya menyuplai dalam waktu cepat, sehingga ada kemungkinan sel – selnya mengalami kekurangan nutrisi hingga membahayakan jiwa.

Karenanya perlu segera memeriksakan ke dokter apabila mengalami gejala – gejala tersebut. Memang sangat sulit mengidentifikasi adanya permasalahan ini secara mandiri, namun dengan penanganan pertama akan membantu mengurangi risiko – risikonya. Selain itu cara menaikkan tensi darah dengan cepat harus ditunjang oleh pola makan teratur serta mengonsumsi makanan tertentu.

Makanan untuk Meningkatkan Tekanan Darah

Makanan merupakan salah satu langkah pertolongan pertama dalam mengatasi hipotensi, salah satunya adalah air. Kekurangan air atau dehidrasi merupakan salah satu penyebab terjadinya hipotensi, sehingga perlu menjaga konsumsinya. Minimal 2 liter tiap harinya, bahkan bisa lebih apabila ternyata memiliki aktivitas besar atau sedang mengalami diare.

Makanan mengandung garam tinggi seperti ikan, sarden, keju, dan berbagai jenis daging. Namun konsumsinya juga harus dibatasi, mengingat terlalu banyak akan menyebabkan jantung berdebar – debar dan membahayakan kesehatan. Yang terpenting bukan seberapa banyak dikonsumsinya, namun seberapa teratur perawatannya dan konsumsinya. Bisa juga berkonsultasi pada dokter untuk takarannya.

Pernah mengantarkan teman ketika sedang pingsan saat upacara bendera? Apabila pernah, pasti menjumpai bahwa ketika di ruang kesehatan akan diberikan teh hangat. Kandungan dalam teh yang berupa kafein ternyata mampu meningkatkan tensi. Karena itu ini adalah cara menaikkan tensi darah dengan cepat dan dijadikan sebagai pertolongan pertama.

Buah – buahan dan sayuran yang mengandung air tinggi juga bisa dijadikan sebagai alternatif pertolongan pertama. Seperti semangka dengan kandungan sebesar 93% dan bayam sekitar 92%. Kandungan folat serta natrium juga berpengaruh baik pada peningkatan tekanan darahnya. Seperti buat bit, alpukat, pisang, dan brokoli juga bisa menjadi alternatifnya.

Pola Hidup yang Harus Dijaga

Selain bahan makanan, juga harus menjaga pola hidupnya untuk mengoptimalkan penanganan terhadap kondisi hipotensi. Salah satunya adalah berhenti mengonsumsi alkohol. Hal ini dikarenakan kandungan alkoholnya menyebabkan terjadinya dehidrasi pada tubuh. Kondisi tersebut tentunya sangat tidak baik sekali mengingat gejala tensi rendah salah satunya disebabkan oleh dehidrasi.

Olahraga secara teratur juga mampu mengatasi permasalahan ini. Melaluinya dapat memperlancar aliran darah, sehingga tensinya cenderung pada taraf normal. Untuk mengoptimalkannya bisa memilih olahraga yang melatih cardiovaskular. Contohnya seperti lari atau jalan pagi, senam, yoga, dan bersepeda. Pastikan tidak terlalu berat karena akan membebani otot.

Cara menaikkan tensi darah dengan cepat adalah dengan menghindari berada pada posisi sama dalam waktu lama. Contohnya duduk atau berdiri terlalu lama. aliran darahnya cenderung kurang lancar, sehingga akan pusing atau bahkan pingsan. Bagi Anda yang suka berendam pada air hangat, sebaiknya juga menghindari berlama lama.

Aliran darah pada tubuh manusia sangat mempengaruhi proses penyerapan serta pengiriman oksigen serta nutrisi dalam tubuh manusia. Karenanya diperlukan aliran lancar, salah satunya dengan menjaga olahraga dan tensinya. Ketika mengalami hipotensi, harus segera mencari cara menaikkan tensi darah dengan cepat melalui anjuran dokter tentunya.

error: Content is protected !!