6 Cara Bersihkan Karang Gigi Secara Alami Dan Mudah

Karang gigi atau bisa disebut juga dengan kalkulus gigi atau plak yang sudah mengeras pada gigi. Tidak cuma berakibat kurang baik pada kesehatan mulut saja, karang gigi juga bisa membuat seorang jadi tidak percaya diri. Alasannya karang gigi bisa menimbulkan bau mulut gigi yang nampak kuning. Hendak jadi permasalahan bila saat berdialog dengan orang lain seorang wajib menutup mulut ataupun membuat orang lain merasa tidak nyaman sebab bau mulut. Lalu bagaimana cara bersihkan karang gigi secara alami?

cara bersihkan karang gigi secara alami

Apa yang menimbulkan terjadinya karang gigi? Dari bermacam sumber, pemicu timbulnya karang gigi ialah adanya sisa-sisa dari makanan yang tertinggal lama serta tidak lekas dibersihkan. Lama-kelamaan sisa makanan yang tidak lekas dibersihkan ini hendak menumpuk serta menimbulkan karang gigi. Air liur yang memiliki mineral malahan hendak menolong sisa santapan tadi membeku serta karang gigi yang tercipta juga jadi keras ataupun sedimentasi. Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Kulit Jeruk

Kulit jeruk dapat jadi salah satu alternatif buat membantu untuk menghilangkan karang gigi tanpa wajib ke dokter. Metode melenyapkan karang gigi dengan kulit jeruk adalah dengan mempersiapkan satu buah jeruk dan diambil kulitnya. Pakai bagian dalam dari kulit jeruk tersebut digosokkan pada gigi. Isi vitamin C pada kulit jeruk sangat efisien buat melawan mikroorganisme serta melenyapkan plak. Tidak hanya itu kulit jeruk pula efektif buat memutihkan gigi serta melenyapkan bau mulut.

2. Baking Soda

Baking soda pastinya sudah tidak asing lagi bukan? Bahan membuat roti yang dapat mengembang ini nyatanya dapat diperuntukan sebagai bahan untuk bersihkan karang gigi. Metode melenyapkan plak pada gigi memakai baking soda adalah dengan siapkan 1 sendok baking soda, campur dengan sedikit air sehingga membentuk semacam pasta. Sehabis itu, ambil gosok gigi serta tambahkan baking soda tersebut bagaikan pasta gigi. Sikat secara menyeluruh pada gigi, lama- lama plak hendak rontok serta membuat gigi lebih bersih serta putih.

3. Mengunyah Daun Sirih

Mengunyah daun sirih memanglah tidak semua orang menyukainya. Tetapi daun sirih sangat menolong untuk membersihkan karang gigi serta hilangkan bau mulut yang tidak sedap. Untuk melakukannya, pertama ambil selembar daun sirih, dapatĀ  ditambahkan 1 batang cengkeh, haluskan tetapi tidak sangat halus kemudian kunyah.

4. Buah Apel

Cara bersihkan karang gigi secara alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan buah apel. Buah apel mempunyai manfaat yang lumayan bagus buat membersihkan karang gigi. Caranya cukup dengan mencuci bersih apel serta langsung memakannya. Dengan selalu konsumsi buah apel bisa membuat gigi lebih sehat serta bebas dari karang gigi. Tidak hanya itu, gigi juga akan jadi lebih kokoh.

5. Cengkeh Serta Air Lemon

Alternatif untuk membersihkan karang gigi selanjutnya dapat memakai cengkeh serta air lemon buat bersihkan karang gigi ataupun plak. Triknya ialah siapkan dekat 4-5 buah cengkeh, tumbuk hingga halus. Tambahkan satu sendok makan perasan air lemon, aduk hingga rata. Setelah itu oleskan pada gigi serta sikat gigi memakai gosok gigi biasa. Jalani secara teratur supaya karang gigi rontok.

6. Flossing

Rekomendasi cara bersihkan karang gigi secara alami yang terakhir adalah dengan Flossing. Flossing merupakan mensterilkan gigi dengan memakai benang. Tidak sembarang benang bisa digunakan, tetapi benang yang khusus untuk gigi. Dengan memakai benang maka plak yang terdapat di sela- sela gigi hendak bisa terjangkau dengan lebih gampang dihilangkan.

Nah itu dia cara bersihkan karang gigi secara alami yang bisa dicoba dengan cara yang mudah. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Selamat mencoba!

error: Content is protected !!