Cara Agar Cepat Hamil Setelah KB Suntik Dihentikan

Banyak dari perempuan akan mengeluhkan karena kesulitan dapat hamil setelah usai melepas kb. Keluhan ini biasanya terjadi kepada mereka yang menggunakan KB hormonal seperti halnya KB suntik. Ada beberapa cara agar cepat hamil setelah KB suntik dan cara tersebut sangatlah mudah.

Cara Agar Cepat Hamil Setelah KB Suntik

Biasanya seorang ibu sulit hamil setelah melepas KB dikarenakan tubuh memerlukan waktu dalam pengembalian kesuburan. Kehamilan yang tidak kunjung tiba setelah melepas KB biasanya dipicu oleh hormon yang masih tersimpan di dalam lemak. Agar keseimbangan hormon dapat kembali normal sebaiknya jangan lebih dulu untuk pasrah. Berikut ini merupakan cara ampuh untuk mengatasinya :

1. Memberikan Jeda Waktu Usai Lepas KB

Apabila seorang ibu termasuk pengguna alat KB, seperti halnya pil dan juga hormon, maka program hamil akan tertunda untuk beberapa saat. Setelah penggunaan KB berhenti tubuh perempuan akan butuh beberapa periode menstruasi hingga proses ovulasi normal. Namun bukan berarti bahwa hal ini terjadi kepada setiap pasangan.

2. Mengetahui Masa Subur

Meskipun sering dalam melakukan hubungan intim, pasangan akan merasa kesulitan untuk hamil apabila melewatkan masa subur. Banyak cara untuk pasangan dalam mengetahui ovulasi, misalnya dengan  cara tes kesuburan. Alat ini bekerja yaitu dengan mengukur luteinizing hormone (LH) di dalam urin. LH akan muncul sekitar 36 sampai dengan 48 jam sebelum terjadinya ovulasi.

3. Posisi dan Waktu Yang Tepat Untuk Berhubungan

Tidak ada posisi yang dikatakan sangat tepat dan dipercaya berhasil untuk hamil. Namun ada beberapa ahli menyarankan posisi yang tepat adalah berbaring. Cara berbaring secara struktur bahwa vagina mengarah ke bawah sehingga posisi berbaring setelah berhubungan intim. Posisi ini akan memberikan waktu bagi sperma untuk dapat berenang menuju telur.

4. Seks Sebelum Ovulasi

Bahwasanya sperma mampu bertahan di dalam rahim dan pada saluran tuba falopi selama 2-3 hari. Namun sel telur hanya mampu bertahan 12-24 jam pada saat ovulasi. Berhubungan intim sebelum terjadinya ovulasi akan dapat meningkatkan kesempatan hamil yang lebih besar. Hal tersebut dikarenakan masih adanya sperma yang bertemu sel telur.

Untuk wanita yang memiliki siklus yang teratur yaitu sekitar 28 hari ini merupakan waktu yang sangat penting untuk diketahui dan jangan terlewatkan. Dengan begitu tidak perlu khawatir untuk kesulitan hamil sebab ada berbagai cara agar cepat hamil setelah KB suntik.

5. Hindari Stress

Ketika hormon dalam tubuh tidak seimbang maka akan membuat siklus menstruasi terganggu dan tak beraturan. Hal tersebut akan membuat seorang ibu mengalami kesulitan hamil sebab sulitnya menentukan waktu ovulasi yang tepat. Oleh sebab itu, perlunya menghindari stress dan tertekan dalam pikiran agar hormon yang berada dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.

6. Orgasme

Orgasme pada perempuan merupakan hal yang sangat penting dalam memperoleh kehamilan. Menurut penelitian, orgasme yang perempuan lakukan akan menyebabkan kontraksi yang diyakini dapat mendorong sperma masuk ke serviks. Oleh karena itu, apabila ingin segera hamil diusahakan seorang ibu perlu melakukan orgasme terlebih dahulu.

7. Makanan Sehat

Makanan yang sehat akan membantu dalam menjaga kesuburan. Seperti almond yang memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan. Makanan jenis ini sangat efektif untuk perlindungan DNA dalam telur serta sperma. Bukan hanya baik bagi seorang wanita almond juga sangat baik untuk membantu memproduksi sperma pada pria.

Cara diatas merupakan cara agar cepat hamil setelah KB suntik. Oleh karena itu, tidak  ada lagi yang perlu khawatir untuk tidak bisa hamil hanya karena usai melepas alat KB. Apabila cara diatas belum juga membantu maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada dokter kandungan agar diberi masukan yang tepat.

error: Content is protected !!