Buah yang Mengandung Karbohidrat, Baik Tinggi dan Rendah

Buah yang mengandung karbohidrat sebenarnya sangat banyak. Mungkin sebelumnya Anda beranggapan bila karbo hanya berada pada makanan pokok. Namun sekarang Anda harus merubah pandangan tersebut karena nyatanya banyak buah yang memiliki kandungan karbo.

Buah yang mengandung karbohidrat

Lebih-lebih dalam beberapa kondisi yang mengharuskan pembatasan konsumsi karbo dalam tubuh. Adanya pembatasan ini bukan hanya makanan pokok saja, tetapi buah yang memiliki kandungan karbo tinggi. buah dengan kandungan karbo disebabkan oleh gula alami dalam buah.

Walaupun gula alami di dalam buah merupakan gula yang sehat serta baik dikonsumsi, namun tetap saja gula tersebut adalah bentuk lain dari karbo. Buah dengan kandungan karbo sebenarnya menjadi hal yang baik karena memiliki kandungan alami. Tetapi, asupan yang tinggi dalam buah harus memperoleh perhatian agar Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Buah yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

  • Ada berbagai macam buah yang memiliki kandungan karbo tinggi. Pertama, buah mangga. Semua orang pasti menyukai buah mangga. Mangga memiliki rasa yang manis serta menyegarkan. Buah ini juga menjadi pilihan favorit untuk banyak orang. Dalam satu buah mangga, tubuh Anda bisa memperoleh asupan karbo yang cukup banyak.
  • Kedua, pisang. Banyak orang yang menjadi penggemar dari buah pisang. Bila Anda merupakan salah satunya, Anda tidak boleh mengkonsumsi buah ini secara berlebihan. Pisang memiliki karbohidrat yang cukup tinggi kurang lebih 30 gram. Sehingga, saat Anda sedang melakukan diet karbo lebih baik jangan mengkonsumsinya berlebihan.
  • Ketiga, buah apel. Buah yang mengandung karbohidrat lainnya adalah apel. Di dalam satu porsi apel terdapat kurang lebih 25 gram karbo. Walaupun apel adalah buah yang memiliki kandungan zat gizi yang banyak, apel menjadi buah yang tinggi karbo dan lebih baik dihindari ketika Anda sedang menjalankan diet rendah karbo.
  • Keempat, buah karing. Buah kering biasanya memiliki proses yang akan meningkatkan kandungan gula di dalamnya dan membuatnya menjadi buah dengan kandungan karbo yang tinggi. Inilah yang membuatnya menjadi buah awet. Di dalam 100 gram buah kering terdapat 70 gram kandungan karbo.

Sehingga, bagi penderita diabetes, lebih baik berhati-hati ketika mengkonsumsi buah kering ini. apalagi penderita diabetes biasanya melakukan pembatasan karbo sebanyak 45 sampai 60 gram ketika makan. Inilah alasan mengapa konsumsi karbo harus diperhatikan dengan baik.

Baca juga: fungsi karbohidrat bagi tubuh

Buah yang Mengandung Karbohidrat Rendah

  • Buah dengan kandungan karbo rendah yang pertama adalah semangka. Pada umumnya, buah yang memiliki kandungan serat dan air tinggi mempunyai kadar karbo yang lebih rendah seperti semangka. Kandungan air dalam buah semangka mencapai 92%, ini membuat semangka menjadi buah rendah karbo. 100 gram semangka hanya mengandung 7 gram karbo.
  • Kedua, melon. Sangat mirip dengan semangka, buah melon memiliki kandungan karbo cukup rendah. bahkan di dalam 100 gram melon hanya mengandung 8 gram karbo saja. Selain itu melon juga rendah sodium, bebas kolesterol dan kaya dengan kandungan vitamin C dan A. Buah melon juga memiliki kandungan folat yang sangat baik bagi ibu hamil.
  • Ketiga, strawberry. Buah berry mempunyai kandungan karbo yang sangat sedikit. Di dalam 100 gram strawberry terdapat 7,7 gram karbo. Selain itu strawberry juga memiliki kandungan fitonutrien dan vitamin C sehingga membuatnya menjadi buah dengan sifat anti kanker, baik untuk jantung dan anti radang.
  • Keempat, buah nanas. Dalam 100 gram nanas hanya memiliki kandungan 11 gram karbo saja. Selain itu nanas juga menjadi sumber mineral, dan mangan untuk hormon, sistem saraf dan gula darah. Bahkan nanas memiliki kandungan bromelain, bromelain adalah enzim yang bisa mencerna protein sehingga sangat baik untuk ketika memakan daging.
  • Terakhir, jeruk. Jeruk kaya dengan kandungan air. Dalam satu buah jeruk memiliki kandungan 13 gram karbo. Selain minim karbo, jeruk juga menjadi sumber vitamin C, sumber serat, antioksidan dan folat yang sangat baik ketika Anda ingin mengatasi peradangan. Jeruk juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Di dalam kondisi normal, pada dasarnya tubuh akan membakar karbo untuk dijadikan sebagai energi. Ketika asupannya dikurangi, tubuh akan memproses ketosis yakni membakar lemak agar bisa memperoleh sumber energi. Saat lemak dibakar, berat badan berkurang. Sehingga, jika ingin melakukan diet karbo, Anda juga harus membatasi buah yang mengandung karbohidrat, membatasi bukan berarti tidak mengkonsumsi sama sekali.


Selain jalani pola hidup sehat Anda bisa cegah penyakit diabetes, stroke dan kolesterol dengan dr laser.

error: Content is protected !!