Mengenal Bahaya Merokok Bagi Kesehatan yang Harus Dihindari

Bahaya merokok bagi kesehatan bukan hal baru lagi untuk masyarakat di Indonesia. Bahkan sudah dilakukan banyak cara untuk menyampaikan keburukan yang dapat terjadi jika merokok apalagi sampai berlebihan. Membiasakan diri merokok ternyata memberikan efek yang sangat buruk bagi kesehatan fisik maupun psikologis.

Bahaya merokok bagi kesehatan

Bagi kebanyakan perokok aktif kegiatan merokok menjadi kegiatan menyenangkan. Terdapat kandungan yang memberikan efek ketagihan setiap merokok bagi para perokok. Tentu dalam satu batang rokok kandungan tersebut juga membahayakan bagi organ tubuh manusia. Bagi Anda yang sedang ingin berhenti dari merokok maka ini berita yang bagus.

Sudah ada banyak sekali penelitian yang mengungkapkan keburukan serta bahaya merokok bagi kesehatan. Orang sekitar yang menghirup asap rokok juga ikut terkena bahaya merokok tersebut. Maka dari itu menghindari tempat yang penuh dengan asap rokok sangat baik untuk dilakukan.

Salah satu penyakit paling parah yang dapat ditimbulkan dari merokok adalah kanker paru-paru. Semakin banyak batang rokok yang dihisap per harinya maka akan semakin tinggi juga resiko dari bahaya merokok bagi para perokok aktif. Gangguan fisik dan psikologis di bawah ini akan semakin membuka mata Anda untuk segera menjauhi rokok.

Gangguan Fisik yang Diakibatkan dari Merokok

Gangguan fisik berarti kesehatan yang ditimbulkan pada tubuh manusia. Itu berarti penyakit yang ditimbulkan akan kelihatan. Beberapa gangguan kesehatan fisik di bawah ini akan dirasakan oleh para perokok aktif.

  1. Kanker Paru-Paru

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bahaya merokok bagi kesehatan populer adalah kanker paru-paru. Hal ini tidak bisa Anda pungkiri karena jelas-jelas penelitian sudah mengungkapnya dengan sangat jelas. Anda juga tahu dengan pasti bahwa kanker paru-paru menjadi salah satu penyebab kematian paling utama bagi seorang perokok.

  1. Penyakit Jantung

Selain kanker paru-paru, ternyata merokok juga sebabkan terjadinya penyakit jantung. Masalah pada jantung yang disebabkan karena kebiasaan merokok ini termasuk aterosklerosis dan penyakit arteri perifer. Dimana aterosklerosis ini disebabkan oleh penumpukan plak di pembuluh darah.

Penumpukan plak tersebut akhirnya menghambat jalan yang menjadi aliran darah dan dapat berakibat sangat fatal. Sedangkan penyakit arteri perifer terjadi ketika adanya penyempitan pembuluh darah di kaki dan lengan. Ini juga menyebabkan gangguan aliran darah membuat jantung tidak berfungsi dengan baik.

  1. Kolesterol Jahat Tinggi

Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang jarang orang ketahui adalah kolesterol meningkat. Tanpa disadari ternyata kadar kolesterol baik (HDL) menurun dan sebaliknya kadar kolesterol jahat (LDL) meningkat. Oleh karena itu biasanya penimbunan lemak dalam tubuh terjadi akibat keseringan merokok.

Penimbunan lemak terjadi karena kadar kolesterol total dan trigliserida meningkat dalam tubuh. Tentu dengan keadaan seperti ini juga akan membangkitkan penyakit-penyakit lain dalam tubuh yang tingkat keparahannya cukup beragam.

Merokok Dapat Menyebabkan Terjadinya Gangguan Psikologis

Banyak penyakit yang dapat ditimbulkan dari merokok untuk kesehatan fisik dan ternyata merokok sebabkan gangguan psikologis juga loh. Salah satu gangguan psikologis yang terjadi pada seorang perokok aktif adalah rasa cemas dan gelisah berlebihan. Mungkin ini tidak akan disadari secara langsung bagi sebagian perokok aktif.

Bahkan Anda akan merasa gelisah dan cemas adalah hal wajar yang bisa terjadi kapan saja. Namun sebagian lagi menyadari bahwa rasa cemas dan gelisah yang timbul akibat dari bahaya merokok. Jangan sepelekan hal ini karena jika dibiarkan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan mental pada tubuh para perokok aktif.

Biasanya gangguan psikologis ini dirasakan ketika seseorang ingin berhenti atau menarik diri untuk tidak merokok. Biasanya kandungan nikotin yang sudah menumpuk di dalam tubuh akan membuat peningkatan hormon rasa cemas dan gelisah terus meningkat. Bahkan sebagian menyebutkan dampaknya semakin hari akan semakin parah dalam kurun waktu setahun.

Biasanya perokok yang menyadari hal ini juga menyebutkan bahwa obatnya adalah merokok. Memang ada kandungan dari rokok yang dapat membuat seseorang lebih bergairah lagi, itu mengapa ketika merasa cemas dan gelisah seseorang akan mengobatinya dengan merokok. Tapi ini tidak bisa Anda lakukan dalam jangka waktu yang panjang karena bahaya merokok bagi kesehatan pada tubuh akan segera menghampiri Anda.


Selain jalani pola hidup sehat dan rajin berolahraga Anda bisa cegah penyakit berbahaya dengan jam terapi dr laser.

error: Content is protected !!