Bahaya Berhubungan Saat Menstruasi Bagi Pria Yang Wajib Diketahui

Menurut survei yang pernah dilakukan, berhubungan saat menstruasi masih dinilai tabu oleh pasangan suami istri dengan alasan kebersihan dan kesehatan. Tidak hanya berbahaya bagi wanita, berhubungan saat menstruasi juga berbahaya dan bisa menimbulkan ketidaknyamanan khususnya bagi pria. Salah satu bahaya berhubungan saat menstruasi bagi pria yaitu meningkatnya resiko terkena penyakit menular seksual akibat darah kotor yang dikeluarkan.

Bahaya Berhubungan Saat Menstruasi Bagi Pria

Faktanya, berhubungan seksual saat sedang menstruasi tidak selalu membahayakan karena bisa mengurangi kram perut akibat kontraksi di otot rahim. Meskipun tidak selalu membahayakan, tetap saja berhubungan seksual saat sedang menstruasi harus dipertimbangkan dan dipikirkan kembali bahayanya apalagi risiko terkena infeksi meningkat. Berikut ini beberapa bahaya akibat berhubungan saat menstruasi khususnya bagi pria yang perlu diketahui.

1. Meningkatnya Risiko Infeksi

Saat sedang menstruasi, risiko penyebaran infeksi semakin meningkat dikarenakan mulut rahim akan terbuka sehingga proses penyebaran infeksi lebih mudah. Selain itu, saat sedang menstruasi vagina memiliki tingkat pH yang lebih tinggi dari darah sehingga mikroorganisme berbahaya mudah tumbuh. Meskipun dampak infeksi yang ditimbulkan lebih besar bagi wanita, tetap saja pria harus waspada terlebih alat kelamin merupakan organ yang sensitif.

Perlu diingat, darah menstruasi yang dikeluarkan saat sedang berhubungan seksual merupakan darah kotor akibat dinding vagina yang membengkak dan luruhnya lapisan dinding. Darah yang keluar inilah memicu terjadinya perkembangan bakteri dan menyebabkan infeksi pada sperma serta prostat. Oleh sebab itu, perlu dipikirkan kembali risiko ini jika pria tetap ingin melakukan hubungan seksual saat wanitanya sedang menstruasi.

2. Menyebabkan Iritasi

Selain infeksi, berhubungan saat sedang menstruasi juga dapat menyebabkan iritasi pada alat kelamin karena adanya darah kotor yang keluar akibat peluruhan dinding vagina. Darah kotor ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan peradangan karena darah kotor bisa menjadi iritas bagi orang-orang berkulit sensitif. Jika tidak diatasi, iritasi yang muncul justru dapat menyebabkan penyakit infeksi seksual serius yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Penyakit Menular Seksual

Ada beberapa penyakit menular seksual yang dapat menular melalui darah sehingga menimbulkan bahaya berhubungan saat menstruasi bagi pria. Jika tidak memakai kondom, penyakit menular yang bisa menyerang pria ketika berhubungan saat menstruasi diantaranya hepatitis, herpes, bahkan HIV. Selain melindungi tubuh dari penyakit menular seksual, penggunaan kondom juga dimaksudkan untuk meminimalisir risiko tertular penyakit dari virus, bakteri, dan jamur.

4. Mengurangi Kenyamanan Saat Berhubungan

Bagi pasangan suami istri, kenikmatan dan kenyamanan saat berhubungan tentu sangat diharapkan tidak hanya oleh wanita namun juga oleh pria. Jika tidak ingin merasa kecewa, ada baiknya untuk tidak berhubungan saat wanita sedang menstruasi karena darah menstruasi bersifat kesat bukan melicinkan. Hal inilah yang menyebabkan alat kelamin rentan mengalami luka akibat rasa kesat yang ditimbulkan oleh darah menstruasi.

Baca juga: tanda tanda menopause pada wanita

5. Menyebabkan Rasa Sakit

Rasa sakit yang ditimbulkan ketika melakukan hubungan seksual saat menstruasi berbeda-beda tergantung dari orang yang melakukannya. Meskipun rasa sakit akan lebih berdampak bagi wanita karena dinding rahim yang terkena dorongan menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Bagi pria, rasa sakit yang ditimbulkan lebih terasa karena darah menstruasi bersifat kesat sehingga rasa tidak nyaman dan perih akan dirasakan setelahnya.

Demikianlah informasi mengenai beberapa bahaya berhubungan saat menstruasi bagi pria yang wajib diketahui karena banyak risiko yang ditimbulkan. Tidak hanya berbahaya bagi wanita, berhubungan saat menstruasi juga berbahaya dan bisa menimbulkan ketidaknyamanan khususnya bagi pria. Meskipun tidak selalu membahayakan, tetap saja berhubungan seksual saat sedang menstruasi harus dipertimbangkan dan dipikirkan kembali bahayanya apalagi risiko terkena infeksi meningkat.

error: Content is protected !!