Makanan Yang Dihindari Penderita Asam Urat Agar Keadaan Membaik

Asam urat merupakan hasil metabolisme akhir dari purin yang ada dalam setiap tubuh makhluk hidup dan kadarnya tidak boleh melebihi batas normal. Seseorang bisa menjadi penderita asam urat apabila di dalam tubuhnya terjadi penumpukan kristal dari asam urat yang menyebabkan nyeri berlebih. Agar keadaan bisa membaik, makanan yang dihindari penderita asam urat adalah makanan tinggi purin.

Makanan Yang Dihindari Penderita Asam Urat

Makanan tinggi purin harus dibatasi konsumsinya oleh penderita asam urat menjadi 100-150 mg purin per hari agar pembengkakan sendi bisa diminimalisir. Dalam prakteknya, seseorang tidak benar-benar bisa menghindari makanan yang mengandung purin karena setiap makanan mengandung purin namun dengan kadar yang berbeda-beda.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita asam urat karena mengandung purin yang cukup tinggi.

1. Jeroan

Segala jenis jeroan baik itu babat, hati, jantung, otak, limpa, usus, dan paru mengandung purin sangat tinggi mencapai 100-1000 mg per 100 gram. Kandungan purin yang tinggi dalam jeroan harus dihindari oleh penderita asam urat karena bisa menyebabkan pembengkakan sendi. Apabila penderita asam urat tidak menghindari konsumsi jeroan, penumpukan kristal asam urat pada area persendian akan semakin meningkat.

2. Makanan Laut

Meskipun makanan laut enak, lezat, dan bergizi tinggi, penderita asam urat harus menghindari makanan ini agar pembengkakan sendi bisa diminimalisir. Hal ini dikarenakan makanan laut seperti kerang, sarden, dan ikan makarel mengandung purin sangat tinggi mencapai 100-1000 mg per 100 gram. Penderita asam urat tetap bisa mengkonsumsi makanan laut asalkan kandungan purin yang terkandung di dalamnya rendah.

3. Daging Bebek

Karena purin merupakan bagian dari protein, penderita asam urat harus menghindari makanan tinggi protein jika tidak ingin kadar asam urat dalam tubuhnya meningkat. Salah satu makanan yang dihindari penderita asam urat adalah daging bebek karena tergolong ke dalam makanan tinggi purin. Jika penderita asam urat mengkonsumsi daging bebek, ginjal akan kesulitan untuk mengeluarkan kelebihan asam urat di dalam tubuh.

4. Sayur Hijau

Bayam, asparagus, daun singkong, dan daun kangkung merupakan jenis sayur hijau yang mengandung purin sedang sekitar 90-100 mg/100 gram. Penderita asam urat sebaiknya membatasi konsumsi sayur hijau jenis ini agar tidak terjadi pembekakan dan nyeri sendi akibat penumpukan kristal asam urat dalam tubuh. Selain yang telah disebutkan sebelumnya, penderita asam urat juga sebaiknya membatasi konsumsi biji melinjo.

5. Daging

Sumber makanan berupa daging merah dan daging putih tertentu harus dihindari oleh penderita asam urat karena bisa menjadi penyebab asam urat. Jenis daging yang dimaksud antara lain daging sapi, kambing, kalkun, entok, dan kelinci. Alasannya adalah karena makanan tersebut mengandung purin dan lemak jenuh yang tinggi. Tidak hanya dalam bentuk daging segar, olahan daging seperti ham dan salimi juga mengandung tinggi purin.

6. Tape

Salah satu makanan fermentasi yang disukai oleh banyak orang karena memiliki rasa manis dan sedikit asam adalah tape. Meskipun enak, mengkonsumsi tape harus dihindari oleh penderita asam urat karena mengandung purin yang cukup tinggi meskipun tidak setinggi jeroan dan daging segar. Agar kondisi asam urat tidak memburuk, hindari makanan jenis ini baik itu tape singkong maupun tape ketan.

7. Olahan Kedelai

Tahu dan tempe memiliki kadar purin sedang berkisar 108-141 mg/100 gram dan harus dibatasi konsumsinya oleh penderita asam urat. Pembatasan ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan kristal asam urat dalam tubuh yang menyebabkan pembengkakan sendi. Jumlah maksimal yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah 50-70 gram atau 1-1 ½ potong tahu atau tempe per hari.

Demikianlah informasi mengenai makanan yang dihindari penderita asam urat agar penumpukan kristal asam urat pada area persendian bisa diminimalisir. Jeroan, daging, makanan laut, beberapa jenis sayuran hijau, tape, serta olahan kedelai memiliki purin yang cukup tinggi. Makanan tinggi purin harus dibatasi konsumsinya oleh penderita asam urat menjadi 100-150 mg purin per hari agar pembengkakan sendi bisa diminimalisir.

error: Content is protected !!
Tim Kami hadir untuk menjawab pertanyaan Anda perihal konsultasi dan pemesanan Jam Tangan Dr Laser.