Perlu Diketahui Apa yang Dimaksud dengan Mitokondria

Meski hanya sel kecil namun mengenali apa yang dimaksud dengan mitokondria cukup menarik untuk diperbincangkan. Pengaruh apa yang akan dihadapi manusia ketika tidak ada mitokondria di dalam tubuh, sampai bagaimana ia melakukan kerjanya adalah pertanyaan-pertanyaan mendasar dari penjelasan kali ini.

apa yang dimaksud dengan mitokondria

Mitokondria merupakan satu dari sekian banyak organ sel dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi utama yaitu menghasilkan energi bagi tubuh. Mitokondria sama seperti peran dari organ lagi adalah membantu dan saling bekerja sama membuat manusia untuk tetap sehat dan hidup.

Meski hanya berbentuk sel kecil, tapi Anda perlu tahu bahwa fungsinya tidak boleh Anda abaikan. Manusia dibentuk oleh berbagai organ tubuh dan sel-sel yang memiliki kemampuan untuk memproduksi diri. Ukuran sel-sel ini juga sangat kecil bahkan untuk melihatnya membutuhkan alat bantuan yang hanya ada di lab-lab tertentu.

Di dalam sel terdapat susunan paling kecil lagi yang disebut dengan organel dan mitokondria adalah salah satu jenis dari organel tersebut. Untuk menyuplai energi yang dibutuhkan tubuh mitokondria sebagai organel membutuhkan asupan yaitu oksigen dan ketika kekurangan maka dapat menyebabkan mitokondria tidak bekerja dengan baik.

Mengenal Mitokondria sang Organel Kecil dalam Sel Manusia

Dari penjelasan di atas lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan mitokondria? Mitokondria juga disebut sebagai pembangkit tenaga pada sel karena dapat menghasilkan sebagian besar suplai ATP atau Adenosina Trifosfat yang dijadikan sebagai sumber energi kimia.

Pada tubuh manusia, jumlah mitokondria dalam setiap sel juga cukup bervariasi disesuaikan dengan organisme, jaringan, dan juga jenis selnya. Salah satu perbedaan jumlahnya yaitu pada sel darah merah tidak membutuhkan mitokondria, sedangkan pada sel hati ada banyak sekali jumlah mitokondria yaitu lebih dari 2.000 organel mitokondria.

Di dalam mitokondria yang sudah sangat kecil ukurannya ini juga terdapat bagian-bagiannya lagi dan akan menjalankan fungsi khususnya masing-masing. Bagian atau kompartemen tersebut terdiri atas membran luar, ruang antar membran, membran dalam, krista dan juga matriks.

Pada umumnya mitokondria memiliki ukuran diantara 0,75 sampai 3 mikrometer persegi, namun tetap pada penjelasan di atas bahwa ukuran ini sangat bervariasi. Mengenali apa yang dimaksud dengan mitokondria memang seperti tidak masuk akal karena tidak dapat dilihat secara langsung, namun tanpa mengetahuinya Anda akan muda menyepelekannya.

Struktur dari Sel Mitokondria Pada Tubuh Manusia

Mitokondria sendiri memiliki struktur yang dikenal dengan membran ganda karena membran dalamnya berlipat-lipat. Sehingga membuat permukaan pada mitokondria semakin luas. Mitokondria akan hadir pada sel yang membutuhkan banyak ATP karena memiliki tingkat aktivitas metabolisme cukup tinggi.

Struktur mitokondria sudah dijelaskan sedikit di bagian atas yaitu ada empat namun akan dijelaskan tiga dari empat karena matriks berada pada membran dalam seperti pada penjelasan di bawah ini.

  1. Membran Luar

Struktur yang pertama ini terdiri dari protein dan lipid. Dimana jumlah perbandungannya sama dan membran luar menyerupai membrane luar bakteri gram-negatif. Terdapat enzim yang mengambil peran dalam proses transport lipid ke matriks. Dari sini Anda mulai mengerti apa yang dimaksud dengan mitokondria.

  1. Membran Dalam

Jika dibandingkan dengan membran luar, maka membran dalam kurang permeable karena terdiri dari 20% lipid dan 80% protein. ATP yang dibentuk terjadi pada membran dalam ini. Banyak lipatan yang menonjol ke dalam matriks membuat luas permukaan meningkat tinggi dan inilah yang disebut dengan Krista.

Struktur dari krista ini akan membuat luas permukaan dari membran semakin meningkat sehingga kemampuan memproduksi ATM juga akan ikut meningkat dengan cukup tinggi. Kandungan pada membran dalam adalah protein yang memiliki keterlibatan dalam reaksi fosforilasi oksidatif.

  1. Ruang Antarmembran

Terakhir ada struktur yang disebut dengan ruang antar membran. Letak dari bagian struktur mitokondria satu ini berada di antara membran luar dan membran dalam itu makanya disebut dengan ruang antar membran.

Ruang antar membran memiliki fungsi yang penting karena merupakan menjadi tempat berlangsungnya reaksi-reaksi penting bagi sel. Adapun reaksi penting tersebut seperti siklus Krebs, reaksi oksidasi asam amino, dan juga reaksi beta-oksidasi asam lemak.

Kebutuhan mengetahui ilmu dalam organ tubuh manusia sudah ada sejak duduk di bangku sekolah. Namun dengan penjelasan ini Anda semakin tahu apa yang dimaksud dengan mitokondria tersebut.


Lihat juga alat terapi yang dapat merangsang mitokondria dengan jam terapi dr laser.

error: Content is protected !!